1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Prediksi Saham AI: 7 Saham yang Menjanjikan untuk Dibeli pada 2024
Diperbarui • 2024-02-19

Prediksi Saham AI: 7 Saham yang Menjanjikan untuk Dibeli pada 2024

AI Stock Prediction_ Potential 7 Stock to Buy in 2024.png

Menggunakan kecerdasan buatan (AI) dalam investasi telah membawa perubahan dalam trading saham. AI telah merevolusi analisis pasar keuangan, memudahkan pengambilan keputusan bagi investor, dan meningkatkan keakuratan prediksi. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari prediksi saham AI dan cara menganalisis saham-saham potensial untuk dibeli dengan ChatGPT.

AI dalam investasi

01.png

Minat terhadap kecerdasan buatan, menurut Google Trends

Pencarian internet untuk kata kunci “kecerdasan buatan” terus meningkat, dengan ChatGPT dari OpenAI mendapatkan momentum yang besar.

ChatGPT, yang dikembangkan oleh OpenAI, adalah model bahasa canggih yang telah sukses diterapkan di sektor perbankan, yang menangani data dalam jumlah besar, memproses informasi pelanggan, dan melakukan analisis.

Jaringan neural ini bisa membantu menilai risiko dan mengembangkan strategi keuangan dengan menganalisis data keuangan perusahaan dan memberikan rekomendasi. Penerapan ChatGPT di perusahaan broker, seperti Robinhood yang terkenal, menegaskan keefektifan metode ini. Para peneliti dari Korea Selatan juga telah melakukan studi yang mendukung keberhasilan penggunaan ChatGPT dalam membentuk strategi investasi.

Cara menggunakan AI untuk investasi dalam 3 langkah

Meninjau saham

Ketika Anda menggunakan ChatGPT untuk meminta analisis investasi tertentu, jawaban AI biasanya adalah sebagai berikut:

ChatGPT

Saya tidak memiliki akses data real-time dan tidak dapat memberikan prediksi yang tepat mengenai pergerakan harga jangka pendek, termasuk saham NVIDIA (NVDA). Anda disarankan untuk mengambil keputusan investasi berdasarkan analisis yang menyeluruh, mempertimbangkan tujuan investasi Anda, dan memahami risiko terkait.

Meski demikian, ada cara untuk menyiasati batasan AI tersebut.

Bayangkan Anda ingin mendapatkan ikhtisar tentang beberapa perusahaan dan industrinya, seperti Microsoft, Oracle, TSMC, Snowflake Inc., IBM, dan Baidu. Anda harus menyusun permintaan Anda dengan cara berikut ini:

02.png

03.png

Microsoft Corporation (MSFT):

  • Keunggulan: Microsoft adalah perusahaan teknologi terkemuka yang menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk perangkat lunak, layanan cloud, dan perangkat keras. Stabilitasnya didukung oleh kondisi keuangan yang kuat, pertumbuhan pendapatan yang konsisten, dan distribusi produk yang luas.
  • Risiko: Persaingan di industri teknologi sangat ketat, dan Microsoft menghadapi tantangan dari para pemain besar lainnya. Selain itu, valuasi sahamnya mungkin sensitif terhadap perubahan kondisi ekonomi makro.

Oracle Corporation (ORCL):

  • Keunggulan: Oracle sangat dikenal di pasar perangkat lunak korporat dan komputasi cloud. Perusahaan ini memiliki reputasi yang mapan untuk sistem manajemen basis data dan solusi perangkat lunak bisnis.
  • Risiko: Ranah teknologi sangat dinamis, dan Oracle harus menghadapi persaingan dari pemain lama dan pendatang baru. Perubahan ke layanan cloud juga bisa berdampak pada permintaan produk perangkat lunak tradisional Oracle.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC):

  • Keunggulan: TSMC merupakan pemain penting dalam industri manufaktur semikonduktor, yang melayani berbagai macam klien. Meningkatnya permintaan akan teknologi semikonduktor canggih menjadi pertanda baik bagi TSMC.
  • Risiko: Industri semikonduktor bersifat siklus dan sensitif terhadap kondisi ekonomi global. Faktor geopolitik dan gangguan rantai pasokan bisa memengaruhi bisnis TSMC.

Snowflake Inc. (SNOW):

  • Keunggulan: Snowflake adalah perusahaan yang bergerak di bidang penyimpanan data berbasis awan, dan platformnya dikenal karena skalabilitas dan fleksibilitasnya. Meningkatnya kebutuhan akan analisis data dan komputasi cloud memberikan peluang pertumbuhan bagi Snowflake.
  • Risiko: Snowflake bergerak di industri yang kompetitif, dan ekspektasi investor bisa mempengaruhi valuasinya. Kinerja keuangan perusahaan juga bergantung pada adopsi teknologi cloud secara luas.

International Business Machines Corporation (IBM):

  • Keunggulan: IBM adalah perusahaan teknologi dengan pengalaman ekstensif dan portofolio yang beragam, termasuk layanan cloud, kecerdasan buatan, dan layanan korporat. Perusahaan ini memiliki pengaruh yang kuat dalam layanan Teknologi Informasi.
  • Risiko: IBM menghadapi tantangan untuk beradaptasi dengan kondisi teknologi yang berubah dengan cepat. Pertumbuhan pendapatan perusahaan harus lebih konsisten dan bisa bersaing dengan pemain lama dan pendatang baru.

Baidu Inc (BIDU):

  • Keunggulan: Baidu adalah pemain penting dalam industri teknologi Tiongkok, terutama dalam layanan internet dan kecerdasan buatan. Perusahaan ini memegang posisi terdepan dalam pencarian online di Tiongkok.
  • Risiko: Baidu beroperasi di pasar yang diatur secara ketat dan sangat kompetitif. Perubahan kebijakan di Tiongkok, serta kondisi ekonomi global, bisa berdampak pada kinerja perusahaan. Selain itu, investasi Baidu dalam teknologi baru mungkin membutuhkan waktu sebelum bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Risiko Umum:

  • Kondisi Pasar dan Ekonomi: Semua perusahaan ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan tren pasar yang lebih luas.
  • Perubahan Teknologi: Perkembangan teknologi yang cepat bisa memengaruhi daya saing produk dan layanan yang ditawarkan semua perusahaan ini.
  • Masalah Kebijakan: Perusahaan yang beroperasi di berbagai negara tunduk pada perubahan kebijakan yang berdampak pada operasi dan kinerja keuangannya.
  • Persaingan: Setiap perusahaan menghadapi persaingan dalam industrinya, dan dinamika pasar bisa memengaruhi pangsa pasar dan keuntungannya.

Penting untuk dicatat bahwa investasi selalu mengandung risiko, dan berkonsultasi dengan penasihat keuangan serta melakukan analisis yang menyeluruh sangat disarankan sebelum membuat keputusan investasi. Selain itu, penting juga untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dari perusahaan dan industri agar bisa membuat pilihan investasi yang tepat.

Mengenali indikator utama

Kami juga menyarankan untuk menggunakan data laporan keuangan untuk analisis yang lebih detail. Langkah berikutnya adalah menentukan indikator utama yang menjadi fokus.

04.png

05.png

Saat mengambil keputusan investasi, penting untuk mempertimbangkan berbagai indikator keuangan untuk bisa memahami kondisi keuangan, potensi pertumbuhan, dan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Berikut adalah indikator-indikator utama yang perlu Anda perhatikan:

1. Pendapatan dan Pertumbuhan Pendapatan:

  • Lihatlah total pendapatan perusahaan dan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Pertumbuhan pendapatan yang konsisten biasanya merupakan pertanda positif.

2. Penghasilan dan Laba Per Saham (EPS):

  • Periksa laba bersih dan EPS perusahaan. Laba yang positif dan terus bertumbuh sangat penting untuk ketahanan jangka panjang.

3. Margin Laba:

  • Analisis margin laba kotor, laba usaha, dan laba bersih. Margin yang tinggi menandakan efisiensi dan keuntungan.

4. Tingkat Utang dan Rasio Utang-Ekuitas:

  • Kaji tingkat utang perusahaan dan kemampuannya mengelola utang. Rasio utang-ekuitas yang rendah biasanya lebih baik.

5. Arus Kas:

  • Evaluasi arus kas operasi. Arus kas yang positif sangat penting untuk operasi perusahaan sehari-hari dan investasi Anda.

6. Imbal Hasil Ekuitas (ROE) dan Imbal Hasil Aset (ROA):

  • ROE mengukur seberapa baik perusahaan menghasilkan imbal hasil bagi pemegang sahamnya, sementara ROA menunjukkan penggunaan aset yang efisien.

7. Hasil Dividen dan Rasio Pembayaran:

  • Jika Anda tertarik dengan saham yang membayar dividen, periksalah hasil dividen dan rasio pembayarannya. Dividen yang diberikan secara konsisten itu penting.

8. Nilai Buku:

  • Bandingkan nilai pasar saham dengan nilai bukunya. Ini bisa memberi gambaran apakah saham tersebut overvalued atau undervalued.

9. Rasio Harga-Penghasilan (P/E):

  • Pertimbangkan rasio P/E untuk menilai valuasi saham terhadap penghasilannya. P/E yang rendah menandakan valuasi perusahaan yang menjanjikan.

Menganalisis laporan keuangan

Anda juga bisa menggunakan data laporan keuangan untuk analisis yang lebih detail. Dengan akses ke data publik, seperti laporan keuangan perusahaan di platform TradingView, Anda bisa mengunggah informasi tersebut ke AI dan menganalisisnya dengan tepat.

Cari sebuah saham di platform, buka tab Keuangan, dan pilih Laporan untuk melihat laporan laba rugi. Salin data tersebut dan unggah ke ChatGPT.

Berdasarkan data yang diberikan, AI akan membuat ringkasan yang menampilkan poin-poin penting. Ai juga bisa menyusun informasi tersebut menjadi sebuah tabel.

06.png

07.png

Mendapatkan gambaran umum

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, AI memberikan ikhtisar aset. Simak contoh saham NVIDIA berikut:

8.png

Total Pendapatan:

  • Total pendapatan NVIDIA telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, mencapai $44,87 miliar pada periode terakhir yang dilaporkan (TTM).
  • Pertumbuhan tahunan sangat mengesankan, dengan peningkatan 205,51% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Laba Kotor:

  • Laba kotor telah mengikuti tren positif, mencapai $31,34 miliar (TTM).
  • Pertumbuhan tahunan dalam laba kotor sangat signifikan, dengan peningkatan 321,78%.

Pendapatan Operasional:

  • Pendapatan operasional mengalami pertumbuhan yang substansial, mencapai $20,61 miliar (TTM).
  • Tingkat pertumbuhan tahunan sangat luar biasa, dengan peningkatan 1633,28% dibandingkan tahun sebelumnya.

Laba Bersih:

  • Laba bersih telah menunjukkan pertumbuhan yang konsisten, mencapai $18,89 miliar (TTM).
  • Tingkat pertumbuhan tahunan sangat mengesankan, dengan peningkatan 1259,26% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Laba Per Saham (EPS):

  • Baik EPS dasar maupun dilusi telah menunjukkan pertumbuhan yang kuat, menunjukkan tren positif dalam keuntungan perusahaan.

EBITDA:

  • EBITDA mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai $22,16 miliar (TTM).
  • Tingkat pertumbuhan tahunan sangat besar, dengan peningkatan 971,40%.

Tingkat Utang:

  • Analisis ini tidak memberikan informasi spesifik mengenai tingkat utang. Anda disarankan untuk mempertimbangkan posisi utang perusahaan untuk penilaian keuangan yang komprehensif.

Biaya Operasional:

  • Total biaya operasional meningkat, mencapai $24,26 miliar (TTM). Ini termasuk biaya-biaya seperti penelitian, pengembangan, dan penjualan/pemasaran.

Singkatnya, NVIDIA menunjukkan kinerja keuangan yang kuat, ditandai dengan pertumbuhan pendapatan dan laba yang substansial. Fokus perusahaan pada teknologi inovatif dan posisi pasar yang kuat berkontribusi pada prospek keuangan yang positif. Namun, investor juga harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti tren industri, lanskap persaingan, dan potensi risiko yang terkait dengan pasar semikonduktor.

Perhatikan bahwa keputusan investasi harus dibuat berdasarkan analisis menyeluruh dari berbagai faktor, dan Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan sebelum melakukan investasi.

Seperti yang Anda lihat, ChatGPT menilai aset ini sangat menjanjikan untuk dijadikan investasi. Meski demikian, AI tetap tidak mengabaikan potensi risiko yang harus dipertimbangkan.

Prospek Pasar AI untuk 2024

Mari kita lihat tinjauan keuangan yang lebih detail dari para raksasa teknologi: Microsoft, Oracle, TSMC, Snowflake Inc, IBM, dan Baidu, menggunakan AI dalam laporan keuangan perusahaan, sesuai petunjuk di atas:

Microsoft

  1. Total Pendapatan: $56,52 miliar, tumbuh 12,76%.
  2. Laba Kotor: $40,22 miliar, tumbuh 15,99%.
  3. Pendapatan Operasional: $26,89 miliar, tumbuh 24,99%.
  4. Laba Bersih: $22,29 miliar, tumbuh 26,97%.
  5. Laba Per Saham (LPS): Pertumbuhan laba utama dan dilusi kuat.
  6. EBITDA: $30,82 miliar, tumbuh 26,77%.
  7. Biaya Operasional: $29,62 miliar.

Oracle

  1. Total Pendapatan: $51,63 miliar, tumbuh 8,17%.
  2. Laba Kotor: $33,84 miliar, tumbuh 13,73%.
  3. Pendapatan Operasional: $14,90 miliar, tumbuh 22,11%.
  4. Laba Bersih: $10,14 miliar, tumbuh 43,77%.
  5. Laba Per Saham (EPS): Pertumbuhan EPS positif.
  6. EBITDA: $21,07 miliar, tumbuh 14,55%.
  7. Biaya Operasional: $36,73 miliar.

TSMC

  1. Total Pendapatan: $38,17 miliar, turun 0,44%.
  2. Laba Kotor: $20,92 miliar, turun 10,55%.
  3. Pendapatan Operasional: $17,05 miliar, turun 12,86%.
  4. Laba Bersih: $15,52 miliar, turun 11,82%.
  5. Laba Per Saham (LPS): $0,07, turun 12,50%.
  6. EBITDA: $26,04 miliar, turun 1,87%.
  7. Biaya Operasional: $21,12 miliar, turun 5,49%.

Snowflake Inc.

  1. Total Pendapatan: $734,17 juta, pertumbuhan YoY +31,80%.
  2. Laba Kotor: $1,72 miliar, pertumbuhan YoY +38,89%.
  3. Pendapatan Operasional: -$260,62 juta, pertumbuhan YoY -26,50%.
  4. Laba Bersih: -$214,25 juta, pertumbuhan YoY -6,63%.
  5. Laba Per Saham (LPS): Dasar -$0,65, pertumbuhan YoY -3,65%.
  6. EBITDA: -$228,15 juta, pertumbuhan YoY -29,64%.
  7. Biaya Operasional: $994,8 juta.

IBM

  1. Total Pendapatan: $61,17 miliar, tumbuh 4,57%.
  2. Laba Kotor: $32,98 miliar, tumbuh 8,78%.
  3. Pendapatan Operasional: $8,93 miliar, tumbuh 48,35%.
  4. Laba Bersih: $6,92 miliar, pertumbuhan YoY tidak disebutkan.
  5. Laba Per Saham (EPS): Positif, pertumbuhan spesifik tidak disebutkan.
  6. EBITDA: $13,31 miliar, pertumbuhan tidak disebutkan.
  7. Biaya Operasional: $52,24 miliar.

Baidu

  1. Total Pendapatan: $18,80 miliar, tumbuh 0,11%.
  2. Laba Kotor: $9,66 miliar, tumbuh 5,53%.
  3. Pendapatan Operasional: $2,98 miliar, pertumbuhan YoY tidak disebutkan.
  4. Laba Bersih: $3,21 miliar, pertumbuhan YoY tidak disebutkan.
  5. Laba Per Saham (EPS): Positif, pertumbuhan spesifik tidak disebutkan.
  6. EBITDA: $4,02 miliar, pertumbuhan tidak disebutkan.
  7. Biaya Operasional: $15,82 miliar.

Pertimbangan umum untuk semua perusahaan:

  • Kondisi Pasar dan Ekonomi: Semua perusahaan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan tren pasar yang lebih luas.
  • Perubahan teknologi: Laju perkembangan teknologi yang cepat dapat memengaruhi daya saing produk dan layanannya.
  • Masalah kebijakan: Beroperasi di berbagai negara membuat perusahaan rentan terhadap perubahan kebijakan, yang memengaruhi operasi dan kinerja keuangannya.
  • Persaingan: Setiap perusahaan menghadapi persaingan dalam industrinya, dan dinamika pasar bisa memengaruhi pangsa pasar dan keuntungannya.

Kesimpulan

Saat ini, kami mempelajari cara AI memprediksi masa depan perusahaan berdasarkan data publik. Penting untuk diingat bahwa meskipun tinjauan instrumen keuangan menggunakan prediksi AI bisa membantu Anda mengembangkan strategi finansial, keputusan trading yang baik tetap membutuhkan analisis mandiri yang menyeluruh dan cermat mengenai kondisi pasar saat ini.

Tanya Jawab (FAQ)

Saham apa yang harus dipilih untuk tahun 2024?

Perhatikan perusahaan yang secara aktif berinvestasi dalam pengembangan AI. Produsen chip dan pengembang perangkat lunak akan secara langsung mendapatkan keuntungan dari meningkatnya permintaan AI.

Perusahaan yang menerapkan AI bisa menikmati peningkatan pendapatan melalui peningkatan efisiensi dan penjualan produk yang dioptimalkan untuk penggunaan AI, serta strategi penjualan dan pemasaran yang lebih baik.

Menurut pandangan kami, ada tiga perusahaan teratas sebagai berikut:

Microsoft: Perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan dukungan perangkat lunak untuk komputer pribadi. Microsoft juga merupakan pemimpin dalam komputasi awan, yang memungkinkan pembuatan dan pemeliharaan aplikasi perusahaan.

Taiwan Semiconductor (TSMC): Pabrik semikonduktor terbesar di dunia yang bergerak di bidang manufaktur semikonduktor kontrak untuk perusahaan teknologi besar, termasuk Microsoft dan NVIDIA.

NVIDIA: Pengembang chip terbesar di dunia tanpa kemampuan manufaktur. Chip NVIDIA digunakan dalam konsol game, kendaraan otonom dan tradisional, layanan cloud, dan pusat pemrosesan data.

Apa 3 saham AI teratas yang bisa dibeli sekarang?

Berdasarkan data keuangan yang disediakan, berikut ini adalah 3 perusahaan AI teratas untuk dijadikan investasi di antara Microsoft, Oracle, TSMC, Snowflake Inc, IBM, dan Baidu:

Microsoft (MSFT):

  • Microsoft menonjol dengan pertumbuhan yang kuat dan konsisten di berbagai metrik keuangan, termasuk total pendapatan, laba kotor, pendapatan operasional, dan laba bersih. Portofolio perusahaan yang terdiversifikasi dengan baik dan kinerja yang konsisten membuatnya menjadi pesaing yang kuat.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC):

  • TSMC menunjukkan stabilitas yang luar biasa. Sebagai pemain penting dalam industri semikonduktor, posisi strategis TSMC dan tren keuangan yang positif menempatkannya pada posisi yang menguntungkan.

Baidu Inc (BIDU):

  • Baidu mengamankan posisi di tiga besar dengan pertumbuhan laba bersih yang solid, terutama pada Q1 dan Q2 2023. Menjadi pemain penting dalam industri teknologi China menambah daya tariknya.

Berapa harga saham AI untuk 2025?

Pada dasarnya, memprediksi harga saham tertentu untuk perusahaan AI pada tahun 2025 tidaklah pasti karena faktor-faktor yang memengaruhi pasar saham, termasuk kondisi ekonomi, kemajuan teknologi, peraturan, dan kinerja perusahaan secara individu. Sektor AI diperkirakan akan terus tumbuh, didorong oleh penerapannya di industri secara luas.

Perusahaan-perusahaan yang terdepan dalam inovasi AI akan mengalami peningkatan permintaan atas penawaran. Kemajuan teknologi seperti pembelajaran mesin dan robotika akan membentuk kembali lanskap persaingan, yang menguntungkan perusahaan-perusahaan yang berada di garis depan inovasi. Beradaptasi dengan kerangka kerja peraturan yang terus berkembang, terutama dalam privasi data dan etika AI, sangat penting untuk ketahanan operasional. Memantau peristiwa global dan kondisi ekonomi serta tetap mengikuti kinerja masing-masing perusahaan merupakan faktor penting dalam investasi saham AI.

Akankah 2024 menjadi tahun yang baik untuk pasar saham?

Kinerja pasar saham pada tahun 2024 akan bergantung pada berbagai faktor yang kompleks. Kondisi ekonomi, pendapatan perusahaan, suku bunga, peristiwa geopolitik, kemajuan teknologi, sentimen investor, dan peristiwa global yang tidak terduga berkontribusi pada dinamika pasar. Kondisi keuangan, keuntungan perusahaan, dan stabilitas global kemungkinan besar akan menjadi faktor penentu yang penting.

Namun, memprediksi hasil pasar tetap tidak pasti, menekankan pentingnya diversifikasi, menganalisis saham-saham potensial untuk dibeli, mengambil keputusan yang tepat, dan mempertimbangkan toleransi risiko bagi para investor yang menghadapi lanskap pasar saham yang dinamis.

  • 987

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera