1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Trading Kripto Otomatis: Panduan Utama
Diperbarui • 2023-11-17

Trading Kripto Otomatis: Panduan Utama

cover.png

Trading mata uang kripto pertama kali dimulai pada awal tahun 2010-an dan semakin populer sejak saat itu. Saat ini, pasar kripto memiliki ribuan mata uang kripto yang beredar dan sekitar 300 juta pengguna mata uang kripto di seluruh dunia. Trading kripto sekarang dianggap sebagai salah satu cara paling menguntungkan untuk menghasilkan uang sebagai trader. Jadi, tidak mengherankan jika ada begitu banyak trader yang ingin memanfaatkan pergerakan harga jangka pendek di dalam pasar kripto.

Namun, tidak semua orang memiliki waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan trading kripto secara terus-menerus. Untungnya, di sinilah trading kripto otomatis dapat membantu. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian trading kripto otomatis, cara kerjanya, kelebihan dan kekurangan otomatisasi, dan cara menggunakan trading otomatis untuk memaksimalkan profit Anda.

Apa itu trading kripto otomatis?

Trading kripto otomatis adalah gaya trading yang melibatkan penggunaan software khusus (bot trading) untuk secara otomatis membeli dan menjual mata uang kripto ketika kondisi tertentu terpenuhi. Bot trading mata uang kripto memungkinkan trader memanfaatkan pergerakan harga tanpa harus memantau pasar sendiri.

Saat Anda trading tanpa menggunakan program otomatis, Anda memiliki banyak tugas yang harus dilakukan: mengamati grafik, menganalisis data, menggunakan berbagai alat dan indikator untuk menemukan peluang terbaik untuk memasuki pasar, menghitung potensi risiko, memasang order beli atau jual, dll. Semua ini dapat sangat melelahkan untuk dilakukan pada saat yang bersamaan, dan tidak jarang trader dari semua tingkat pengalaman kehilangan fokus dan melewatkan informasi penting yang dapat menyukseskan atau menggagalkan suatu trade.

Namun, bot trading kripto terbebas dari masalah ini. Alat ini dapat secara otomatis (dan lebih cepat) mengumpulkan dan menganalisis data yang diperlukan, dan membuka dan menutup trade jika persyaratan yang dimasukkan sebelumnya terpenuhi. Software trading otomatis dapat membantu trader menghemat banyak waktu, tenaga, dan profit dengan biaya yang relatif murah.

Bagaimana cara kerja trading kripto otomatis?

Software trading kripto otomatis didasarkan pada algoritme. Algoritma berisi sekumpulan instruksi dan aturan yang ditujukan untuk memecahkan suatu masalah. Dengan mempertimbangkan bahwa trading melibatkan menunggu kondisi tertentu terjadi, seluruh proses dapat diotomatisasi dengan membuat algoritme yang dapat menganalisis pasar dan melakukan trading ketika kondisi pasar saat ini sesuai dengan aturan algoritmik.

Ada banyak variasi dan jenis program trading otomatis. Pertama, Anda dapat menggunakan Expert Advisor (EA). Perangkat lunak ini menganalisis pasar sesuai dengan pengaturan yang Anda tetapkan dan akan memberi Anda sinyal trading. Misalnya, EA dapat memantau osilator RSI dan mengirimi Anda sinyal beli setiap kali ia mencapai zona “oversold” (jenuh jual). Hal lain yang dapat Anda gunakan adalah bot yang dapat melakukan trading saat Anda sibuk dengan hal lain. Bot mencari peluang trading, membuka dan menutup trade, dan mengelola risiko.

Bot trading adalah aplikasi eksternal dan tidak dibangun ke dalam platform bursa secara default. Ada beberapa cara untuk mengintegrasikan software trading otomatis ke dalam platform, tetapi jika menyangkut bot trading kripto, yang paling umum adalah trading Application Programming Interfaces (API) dan platform trading terdesentralisasi.

  • Trading API melibatkan penggunaan software khusus (API) sebagai perantara antara bot trading dan platform bursa. API memungkinkan aplikasi yang berbeda untuk berinteraksi satu sama lain. Dalam hal trading, API menghubungkan akun trader dengan bot trading kripto, yang memungkinkan alat ini menganalisis pasar dan membuat order trade atas nama Anda.
  • Platform trading terdesentralisasi memungkinkan trader kripto untuk trading secara langsung tanpa harus menggunakan pihak ketiga, menyediakan cara paling aman untuk mengintegrasikan software trading kripto otomatis. Platform trading terdesentralisasi didasarkan pada teknologi blockchain yang menyimpan apa yang disebut kontrak pintar. Kontrak pintar adalah program yang berisi instruksi untuk membuat order trade. Setelah semua persyaratan yang ditentukan dalam kontrak pintar terpenuhi, blockchain akan memproses dan melakukan transaksi. Tidak adanya pihak ketiga dalam proses tersebut menjadikan bot trading, yang memanfaatkan teknologi ini, lebih aman untuk digunakan dan melindungi akun trading dari intervensi yang tidak sah.

Apa sebenarnya yang dapat dilakukan bot trading?

Terlepas dari cara suatu software trading otomatis diintegrasikan ke dalam platform trading, bot trading menangani serangkaian proses yang sama:

  • analisis data pasar: untuk melakukan trade yang sukses, trader perlu menganalisis data pasar, dan bot trading juga dapat menangani langkah ini. Ia mengekstraksi informasi yang diperlukan jauh lebih cepat daripada yang dapat dilakukan manusia secara manual, dan kemudian menggunakan data yang telah diproses dan indikator analisis teknis untuk memprediksi pergerakan pasar mendatang dan menemukan titik masuk potensial;
  • alokasi risiko: hal lain yang dapat dilakukan oleh bot trading adalah mengidentifikasi cara untuk mendistribusikan kembali modal di antara berbagai investasi dan trade yang terbuka sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pemegang akun crypto;
  • eksekusi trade: setelah program mengidentifikasi titik masuk dan keluar yang potensial, program dapat membuat order beli atau jual di pasar. Sebagian besar bot trading fokus untuk membeli saat harga rendah dan menjual saat harga tinggi dalam kisaran harga yang telah ditentukan, tetapi Anda juga dapat menggunakan bot yang memanfaatkan perubahan harga antara dua bursa yang berbeda (disebut bot arbitrase).

Kelebihan trading kripto otomatis

Tidak butuh waktu lama bagi bot trading otomatis untuk mengambil alih pasar mata uang kripto dan menjadi lebih populer daripada trading manual. Faktanya, bahkan banyak trader non-kripto telah mengikuti tren ini dan mulai menggunakan bot trading untuk memaksimalkan profit dari trade mereka. Selain itu, ada banyak alasan lain mengapa trading otomatis mendapat begitu banyak perhatian positif dari para trader, dan kita akan melihatnya sekarang.

Efisiensi

Seperti yang telah kami sebutkan, trading adalah aktivitas yang membutuhkan banyak tindakan. Bot trading dapat melakukan banyak aktivitas yang terkait dengan trading, mulai dari mengumpulkan data tentang kondisi pasar saat ini hingga menghitung potensi arah pergerakan harga dan mengeksekusi trade. Bot trading juga menyelesaikan tugas ini jauh lebih cepat daripada manusia, yang berarti ia dapat mengeksekusi trade lebih cepat dan tanpa penundaan.

Tidak seperti manusia, bot trading tidak akan lelah dan dapat bekerja 24/7. Risiko terjadinya kesalahan dalam perhitungan juga hampir tidak ada (kecuali jika data yang dimasukkan ke dalam software salah).

Menghilangkan emosi

Emosi adalah reaksi neurofisiologis kompleks yang dialami manusia selama hidupnya. Emosi itu alami dan dibutuhkan karena membantu kita memproses dunia sekitar dan membuat keputusan berdasarkan apa yang kita rasakan. Namun, dalam trading, emosi sering kali menghambat proses alih-alih membantu. Banyak trader terikat pada trade mereka, terus-menerus berharap bahwa pasar pada akhirnya akan bergerak ke arah yang mereka inginkan. Namun, keterikatan emosional ini cenderung lebih merugikan daripada menguntungkan, menyebabkan trader kehilangan peluang trading yang baik atau bahkan kehilangan uang.

Untungnya, emosi (atau tepatnya ketiadaan emosi) juga merupakan salah satu perbedaan utama antara manusia dan mesin. Bot trading tidak terikat pada posisi terbuka. Bot secara praktis mengikuti seperangkat aturan dan instruksi yang telah ditetapkan, dan begitu pasar bergerak melewati titik tertentu, ia akan menutup trade tanpa ragu, yang sering dialami oleh trader manusia.

Diversifikasi

Jika Anda ingin meminimalkan risiko untuk portofolio trading atau investasi, Anda dapat mencoba dan mendiversifikasinya dengan menginvestasikan uang Anda di berbagai aset berbeda pada waktu yang bersamaan. Ini memungkinkan Anda melindungi modal jika salah satu investasi atau trade terbuka Anda tidak berhasil. Namun, sulit untuk mengikuti satu pasar, apalagi beberapa pasar, jadi banyak trader dan investor tidak memanfaatkan kesempatan ini.

Ini adalah hal lain yang dapat dibantu oleh bot trading. Bot dapat memantau beberapa akun trading dan menerapkan strategi yang berbeda ke pasar yang berbeda. Ketika satu posisi mulai merugi, bot dapat dengan cepat mendeteksinya dan mengalokasikan kembali uang ke trade yang berbeda atau membuka trade baru. Trading otomatis memungkinkan Anda memanfaatkan peluang trading di berbagai pasar tanpa harus menanggung stres karena mencoba menangani beberapa trade pada saat yang bersamaan.

1287-02.png

Kekurangan trading kripto otomatis

Tentu saja, tidak ada yang 100% sempurna, jadi masih ada beberapa kelemahan yang harus dipertimbangkan trader sebelum menggunakan software trading kripto otomatis.

Biaya penggunaan

Bot trading tidaklah gratis, dan meskipun keuntungan jangka panjang akan menutupi biaya penggunaan, Anda tetap harus mengingatnya saat membuat rencana trading Anda. Terlebih lagi, beberapa trader lebih suka membangun sistem mereka sendiri dari awal, yang mungkin lebih aman tetapi membutuhkan lebih banyak uang untuk menyiapkannya, melebihi semua profit yang mungkin dihasilkan sistem ini kepada Anda. Pengeluaran tambahan, seperti biaya server pribadi virtual untuk memastikan trading 24/7 yang lancar dan tanpa gangguan, juga harus diperhitungkan.

Tidak fleksibel

Bot trading dibuat untuk mengikuti serangkaian instruksi yang telah ditentukan, yang membuatnya tidak berguna di pasar yang sangat fluktuatif di mana harga bergerak terlalu cepat dan tidak dapat diprediksi oleh program. Dalam kasus ini, lebih baik beralih ke trading manual dan menggunakan strategi berbasis psikologi untuk memanfaatkan volatilitas pasar.

Gangguan operasional

Sistem trading otomatis dapat bekerja 24/7. Namun, sistem ini tidak terbebas dari gangguan koneksi Internet atau pemadaman listrik. Anda sebagai trader harus siaga jika peristiwa ini terjadi, jadi Anda dapat segera memperbaiki kesalahan apa pun yang mungkin dialami bot Anda.

Trading kripto otomatis: strategi

Ada beragam strategi trading yang dapat Anda terapkan pada sistem trading kripto otomatis Anda. Namun, sebelum menerapkan strategi, Anda perlu melakukan backtest (uji historis). Backtest menunjukkan kuat tidaknya suatu strategi dengan menggunakan data historis untuk mengujinya. Jika pada akhir backtest, strategi tersebut berhasil menghasilkan lebih banyak profit daripada kerugian, Anda dapat menggunakannya secara riil di pasar.

Adapun strategi apa yang digunakan saat menggunakan sistem trading kripto otomatis, berikut adalah beberapa yang paling populer yang dapat digunakan dalam trading Anda:

  • Trading grid. Trading grid mengacu pada strategi trading bot yang melibatkan pemilihan beberapa tingkat harga untuk mengeksekusi order trade. Begitu harga menyentuh salah satu level harga, bot secara otomatis membuat trade. Setiap order beli memiliki order jual yang terkait, yang dibuat beberapa level lebih tinggi, yang menyerupai suatu kisi (grid). Strategi ini cukup mudah dan menunjukkan hasil yang baik di pasar dengan volatilitas harga normal.
  • Trading arbitrase. Bot trading arbitrase memantau dua bursa yang berbeda dan memanfaatkan perbedaan harga di antara keduanya. Strategi ini melibatkan trade yang sangat sering dan cepat (terkadang hanya berlangsung sepersekian detik) dan umumnya dianggap berisiko rendah, meskipun masih ada bahaya slippage, yang terjadi ketika trade dieksekusi pada harga yang berbeda dari harga yang diminta karena volatilitas pasar.
  • Trading momentum. Strategi trading ini berfokus pada trading dalam tren pasar saat ini. Bot trading mengumpulkan data tentang volume mata uang kripto yang diperdagangkan, volatilitas pasar, dan rentang waktu tren, serta mengidentifikasi kekuatan dan arahnya. Kemudian, jika data menunjukkan bahwa tren belum kehilangan momentum dan masih bergerak ke arah yang sama, bot akan membuat trade baru hingga momentumnya hilang.
  • Trading mean reversion. Strategi Mean Reversion, atau pengembalian rata-rata, didasarkan pada gagasan bahwa harga aset akan selalu kembali ke tren stabil yang mendasarinya setelah suatu periode volatilitas pasar atau fluktuasi harga yang signifikan. Strategi ini bertujuan untuk memanfaatkan perubahan harga aset yang ekstrim dan berjangka panjang dengan asumsi bahwa harga itu akan kembali ke tren sebelumnya. Bot trading dapat menghitung tren ini dan merencanakan trade Anda di sekitarnya, sambil mempertimbangkan bagaimana pergerakan pasar saat ini dapat memengaruhi rata-rata tren yang mendasarinya.

Mengetahui strategi-strategi ini dapat membantu Anda memahami lebih baik bagaimana sistem trading otomatis bekerja dan apa yang benar-benar dapat dilakukan oleh sistem ini.

Kesimpulan

Terlepas dari beberapa kekurangannya, trading kripto otomatis adalah alternatif yang bagus dibandingkan dengan trading manual. Bot trading sangat efisien dan andal, dan dapat membantu Anda mencapai hasil yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya dan memaksimalkan profit trading Anda.

Jika Anda ingin mengotomatiskan trading kripto dengan FBS, Anda dapat menggunakan MetaTrader 5. MT5 menawarkan EA serta mendukung bot trading. Selain itu, Anda dapat mengatur VPS Anda sendiri. Ini adalah alat khusus yang memungkinkan Anda tetap online tanpa gangguan, bahkan jika Anda tidak memiliki koneksi Internet yang stabil. VPS adalah suatu keharusan untuk trading otomatis karena dapat terhubung dengan lancar ke platform dan mengirim sinyal dengan cepat untuk memastikan trade yang sukses.

  • 1639

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera