1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Investasi Alternatif Terbaik pada Tahun 2024
Diperbarui • 2024-03-05

Investasi Alternatif Terbaik pada Tahun 2024

01.png

Materi ini bukan merupakan ajakan untuk trading, saran atau rekomendasi trading, dan hanya dimaksudkan untuk tujuan informasi.

Apakah investasi alternatif itu?

Investasi alternatif melampaui aset tradisional seperti saham dan obligasi. Aset-aset ini mencakup beberapa hal seperti ekuitas swasta, dana lindung nilai, real estat, dan mata uang kripto. Berbeda dengan investasi tradisional, aset alternatif tidak mudah diubah menjadi uang tunai dan tidak banyak peraturan, sehingga tidak terlalu mudah diprediksi oleh investor.

Di masa lalu, hanya investor kaya dan institusi saja yang menguasai bidang ini. Kini, para investor setiap hari ikut bergabung, mencari kombinasi investasi untuk mengurangi risiko, terutama saat terjadi gejolak ekonomi.

Dunia investasi alternatif berkembang pesat. Misalnya, pada tahun 2023, Blackstone mengelola aset alternatif senilai lebih dari $1 triliun. Hal ini menandakan meningkatnya minat terhadap investasi yang lebih berisiko dan berjangka panjang.

Mengapa berinvestasi di aset alternatif?

Berinvestasi di aset alternatif semakin populer karena investor ingin mendiversifikasi portofolionya, mengejar potensi keuntungan yang lebih tinggi, dan menjaga dari ketidakpastian pasar. Keunggulan utamanya terletak pada diversifikasi, karena aset-aset ini tidak memiliki keterikatan dengan saham dan obligasi tradisional, sehingga memberikan perlindungan terhadap fluktuasi pasar saham.

Diversifikasi ini membantu mengurangi risiko portofolio secara keseluruhan dan melindungi investor dari penurunan pasar. Keunggulan lainnya adalah potensi keuntungan yang lebih tinggi, karena investasi pada perusahaan swasta atau sektor khusus bisa menghasilkan keuntungan besar dalam kondisi yang menguntungkan.

Selain itu, investasi alternatif bertindak sebagai penyangga terhadap volatilitas pasar dan inflasi karena korelasinya yang rendah dengan aset tradisional. Hal ini membuat mereka kebal terhadap perubahan pasar jangka pendek, dan beberapa sektor lain, seperti real estat atau komoditas, bahkan dapat memperoleh nilai dengan kenaikan harga, melawan inflasi.

Meskipun demikian, ’penting untuk menyadari risiko yang ada, termasuk likuiditas yang lebih rendah, struktur yang rumit, biaya yang lebih tinggi, dan kurangnya pengawasan peraturan dibandingkan investasi tradisional.

Berbagai jenis investasi alternatif

02.png

Investasi alternatif mencakup berbagai klasifikasi aset dengan karakteristik berbeda. Dalam ringkasan ini, kita’ akan membahas tujuh jenis investasi alternatif utama dan menjelaskan apa yang membuat masing-masing jenis tersebut unik.

Ekuitas Swasta adalah kategori yang mencakup investasi di perusahaan yang tidak terdaftar di pasar saham. Hal ini termasuk berinvestasi dalam bisnis baru (modal ventura), membantu pertumbuhan bisnis yang sudah ada (modal pertumbuhan), dan membeli seluruh perusahaan.

Utang Swasta berbeda dengan utang biasa yang ditradingkan di pasar saham. Ini melibatkan investasi pada instrumen utang untuk perusahaan yang’ bukan bank. Misalnya, perusahaan energi terbarukan mungkin menerbitkan obligasi swasta untuk mengumpulkan dana untuk pertumbuhannya.

Dana Lindung Nilai adalah dana khusus yang menggunakan strategi berbeda untuk menghasilkan keuntungan tinggi. Dana ini biasanya hanya tersedia bagi individu kaya dan investor institusi besar. Mereka mungkin menggunakan berbagai strategi, seperti membeli dan menjual saham dengan cepat, bergantung pada pergerakan pasar, atau menggunakan pendekatan matematika yang rumit.

Real Estat adalah jenis investasi umum dan penting yang melibatkan investasi pada properti seperti gedung perkantoran atau komplek perumahan. Real estat dapat memberikan pendapatan tetap dari pembayaran sewa dan juga berpotensi meningkatkan nilainya seiring waktu.

Komoditas melibatkan trading sumber daya alam seperti produk pertanian, minyak, gas alam, dan logam. Secara historis, komoditas telah berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan dipengaruhi oleh dinamika penawaran dan permintaan.

Benda koleksi mencakup investasi pada benda-benda unik seperti anggur langka, mobil antik, karya seni, dan memorabilia olahraga. Berinvestasi di benda koleksi memerlukan pengetahuan tentang bidang tertentu dan memiliki risiko seperti tingginya biaya untuk memperoleh benda tersebut dan potensi kerugian jika tidak dirawat dengan baik.

Produk Terstruktur adalah produk keuangan yang melibatkan pasar pendapatan tetap dan derivatif. Contohnya termasuk kredit gagal bayar dan kewajiban hutang yang dijaminkan.

Cara Memilih Investasi Alternatif di Tahun 2024?

03.png

Saat mencari investasi alternatif terbaik, penting untuk menggunakan perpaduan strategi dan mengambil langkah proaktif. Namun, memahami pasar swasta bisa menjadi sebuah tantangan. Untuk mengatasinya, kami menyarankan Anda berpartisipasi aktif dalam acara, forum, dan diskusi industri. Jika Anda’ ingin mendalami bidang tertentu seperti perdagangan seni, ’sangat penting untuk menjadi ahli atau mencari saran. Pertimbangkan untuk menghadiri pameran seni, pameran, dan lelang untuk mendapatkan pengalaman langsung.

Dalam investasi alternatif lain seperti real estat, ekuitas swasta, dan dana lindung nilai, analisis data memainkan peran penting. Mengumpulkan dan menganalisis data, seperti kinerja startup dan putaran pendanaan, sangat penting bagi perusahaan modal ventura yang mencari perusahaan menjanjikan.

Bagi mereka yang baru mengenal investasi alternatif, meminta saran dari orang yang berpengalaman mungkin berguna. Konsultasikan dengan penasihat keuangan atau perusahaan yang berspesialisasi dalam pasar ini untuk mendapatkan panduan yang bermanfaat.

Keunggulan dari aset investasi alternatif

Investasi alternatif semakin populer pada tahun 2024 karena keunggulan diversifikasinya. Tidak seperti saham dan obligasi biasa, aset alternatif berbeda dan mungkin menawarkan keuntungan lebih tinggi. Ekuitas swasta memungkinkan investor memperoleh keuntungan dari pertumbuhan perusahaan swasta, sementara real estat bisa menghasilkan pendapatan sewa dan apresiasi modal.

Selain itu, investasi alternatif dapat memberikan manfaat pajak untuk akumulasi kekayaan jangka panjang. Investasi alternatif juga menawarkan peluang unik seperti seni, benda koleksi, atau mata uang kripto, memberikan kepuasan pribadi dan potensi finansial. Real estat dan komoditas dalam investasi ini dapat berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi, menjaga nilai seiring dengan kenaikan biaya hidup.

Aspek menarik lainnya adalah investasi berdampak. Pendekatan ini memungkinkan investor untuk menyelaraskan portofolio mereka dengan nilai-nilai etika yang mengutamakan dampak sosial dan lingkungan yang positif di samping imbal hasil finansial. Selain itu, investor juga memperoleh keuntungan yang stabil dari investasi infrastruktur penting seperti jalan raya dan bandara.

Namun, penting’ untuk diingat bahwa keuntungan ini juga memiliki risiko. Investasi alternatif sering kali memerlukan biaya lebih tinggi, risiko lebih besar, dan likuiditas yang lebih rendah daripada aset tradisional.

Kekurangan dari aset investasi alternatif

Saat melihat berbagai investasi pada tahun 2024, penting untuk mengetahui kelemahannya. Investasi ini mungkin sulit untuk dijual dengan cepat, dan biayanya lebih tinggi daripada investasi biasa. Contohnya seperti benda koleksi, mungkin memerlukan penyimpanan khusus, sehingga menambah biaya. Sistem ini juga bisa menjadi rumit, sehingga membingungkan persyaratan pajak dan pelaporan.

Selain itu, investasi alternatif mungkin menghadapi masalah terkait peraturan dan transparansi. ’Kurangnya pengawasan; oleh karena itu, jenis aset ini mungkin lebih rentan terhadap aktivitas penipuan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan diversifikasi, penelitian menyeluruh, dan mendapatkan saran dari pakar keuangan.

Cara berinvestasi di aset alternatif

Berinvestasi di aset alternatif memerlukan pertimbangan yang cermat dan perencanaan strategis. Berikut ini adalah 7 langkah yang dapat membuat prosesnya berjalan lebih baik.

  1. Tentukan Tujuan Investasi dan Toleransi Risiko:

    Berinvestasi di aset alternatif dimulai dengan memahami tujuan investasi dan toleransi risiko Anda dengan jelas. Langkah mendasar ini penting untuk menyelaraskan pilihan investasi dengan tujuan keuangan.

  2. Lakukan Penelitian Mendalam dan Uji Tuntas:

    Setelah menentukan tujuan dan toleransi risiko, langkah selanjutnya melibatkan penelitian komprehensif. Kumpulkan informasi tentang berbagai alternatif investasi dan risiko spesifik yang terkait dengan setiap jenisnya.

  3. Carilah Saran Profesional:

    Mengingat kompleksitas aset alternatif, saran profesional sangatlah penting. Penasihat keuangan atau profesional investasi bisa memberikan wawasan bernilai mengenai tren pasar, penilaian aset, dan strategi portofolio yang efektif.

  4. Pahami Persyaratan Akreditasi:

    Akreditasi mungkin diperlukan untuk investasi alternatif tertentu, terutama dana lindung nilai atau investasi ekuitas swasta. Memahami persyaratan hukum merupakan bagian tak terpisahkan dari proses ini.

  5. Lakukan investasi:

    Langkah penting berikutnya adalah melakukan investasi, yang mencakup investasi langsung pada aset fisik, pembelian dana saham, atau menggunakan platform investasi online.

  6. Terapkan Manajemen dan Tinjauan Berkelanjutan:

    Pengelolaan yang berkelanjutan dan peninjauan investasi secara berkala juga sama pentingnya. Investasi alternatif umumnya memerlukan informasi tentang tren pasar dan penyesuaian strategi sesuai kebutuhan.

  7. Kembangkan Strategi Keluar:

    Yang terakhir, memiliki strategi keluar (exit strategy) sangatlah penting, mengingat likuiditas investasi alternatif yang sering kali lebih rendah. Rencanakan kapan dan bagaimana keluar dari aset, dengan mempertimbangkan kondisi pasar dan waktu investasi.

Apa aset alternatif terbaik untuk diinvestasikan?

Investasi alternatif menawarkan beberapa pilihan menarik bagi investor. Berdasarkan tren dan analisis terkini, berikut adalah alternatif investasi terbaik untuk dipertimbangkan.

1. Mata uang kripto seperti Bitcoin dan Ethereum terus menarik perhatian karena potensi keuntungannya yang tinggi, meskipun keduanya dikenal memiliki volatilitas yang tinggi. Teknologi blockchain yang mendasarinya menyediakan transaksi yang aman dan transparan, menjadikannya pilihan investasi yang unik.

Sebagai contoh investasi alternatif yang paling terkenal, mempelajari Bitcoin secara mendetail adalah hal yang logis.

04.png

Prospek Bitcoin’ pada tahun 2024 adalah positif, dengan adanya peristiwa halving dan potensi persetujuan ETF Bitcoin AS yang diharapkan akan meningkatkan harganya menjadi sekitar $160,000.

Mata uang kripto terpopuler kedua adalah Ethereum.

05.png

Pembaruan teknologi yang diharapkan, seperti pembaruan Dencun, bisa meningkatkan kemampuan bertumbuh dan menurunkan biaya transaksi, sehingga berpotensi meningkatkan aktivitas ekonomi. Analis memperkirakan harga Ethereum’ berkisar antara $5,000 dan $15,000, didorong oleh faktor-faktor seperti mekanisme pembakaran sejumlah token ETH dan potensi persetujuan dari ETF Ethereum spot.

2. Lahan pertanian adalah investasi alternatif yang berkembang, memberikan pertumbuhan yang stabil dan berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Platform online memudahkan investor mengakses lahan pertanian tanpa pengelolaan langsung.

3. Berinvestasi di benda koleksi, seperti perangko dan koin langka, menawarkan kesenangan pribadi dan peluang finansial. Nilainya ditentukan oleh kelangkaan, kondisi, signifikansi sejarah, dan permintaan kolektor.

4. Komoditas seperti logam mulia dan sumber daya energi mendiversifikasi portofolio dan melakukan lindung nilai terhadap inflasi. Harga minyak mentah Brent dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global, ketegangan geopolitik, dan strategi produksi OPEC+. Analis memperkirakan harga akan berfluktuasi antara $70 dan $93 per barel.

06.png

5. Hak gadai pajak melibatkan pembelian hak gadai atas real estat untuk pajak yang belum dibayar, yang berpotensi menawarkan imbal hasil tinggi dan peluang untuk membeli real estat. Namun, hal ini memerlukan penelitian yang cermat dan pemahaman terhadap hukum setempat.

Masing-masing alternatif investasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya. Meskipun menawarkan keuntungan tinggi dan diversifikasi portofolio, seringkali biayanya lebih tinggi dan tidak memiliki likuiditas seperti saham dan obligasi tradisional.

Tanya Jawab (FAQ)

Bagaimana masa depan investasi alternatif?

Di masa depan, kita akan melihat adanya pergeseran ke arah diversifikasi, yang menekankan pada aset-aset yang tidak terdaftar seperti ekuitas swasta, dana properti, modal ventura, dan infrastruktur. Hal ini merupakan respons terhadap menyusutnya pasar IPO, dengan fokus utama pada investasi alternatif yang stabil seperti utang real estat komersial. Meskipun menantang, properti residensial tetap menjadi pilihan investasi jangka panjang.

Apa investasi alternatif yang paling populer?

Seni adalah investasi alternatif terkemuka, bernilai $579,52 miliar, didorong oleh terbatasnya ketersediaan dan meningkatnya permintaan. Platform yang menawarkan kepemilikan secara parsial membuat karya seni lebih mudah diakses. Real estat juga tetap populer, mewakili bagian yang signifikan dari rata-rata aset jutawan’.

Investasi apa yang paling aman dan menguntungkan?

Dalam iklim ekonomi saat ini, disarankan untuk memadukan investasi yang berisiko rendah dan tinggi secara seimbang. Pilihan yang aman mencakup rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi dan obligasi negara untuk keamanan dengan imbal hasil yang rendah. Investor yang berorientasi pada pertumbuhan dapat mempertimbangkan saham-saham yang membayar dividen dan saham-saham pilihan, menyeimbangkan risiko dan keuntungan untuk peluang pertumbuhan jangka panjang.

Kesimpulan

Di bidang keuangan, investasi alternatif seperti mata uang digital dan ekuitas swasta menunjukkan pergeseran cara orang berinvestasi, sehingga menawarkan peluang baru. Seiring dengan semakin populernya berbagai pilihan investasi yang menantang konsep tradisional dan mengharuskan investor untuk memahami dan mengelola risiko. Inilah’ saatnya bersikap fleksibel dan pentingnya membuat keputusan tepat berdasarkan informasi dalam menghadapi tantangan peluang finansial saat ini’.

  • 443

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera