1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Bitcoin Halving 2024
Diperbarui • 2024-03-13

Bitcoin Halving 2024

MDP-1794 _Bitcoin Halving 2024_ What to Know_, FBS Blog.png

Materi ini bukan merupakan ajakan, saran, atau rekomendasi trading dan hanya dimaksudkan untuk tujuan informasi.

Pada tanggal 24 April tahun ini, Bitcoin halving berikutnya akan dilakukan. Anda akan mengetahui tentang apa itu halving, mengapa hal itu terjadi, dampaknya terhadap pasar mata uang digital, dan banyak lagi penjelasan lainnya.

Baca artikel ini yang ditulis oleh analis FBS untuk mengetahui lebih lanjut tentang prosesnya dan bersiaplah untuk Bitcoin halving 2024 yang akan datang.

Apa yang dimaksud dengan Bitcoin halving?

Bitcoin halving adalah peristiwa penting yang terjadi kira-kira setiap empat tahun sekali atau setelah 210.000 blok tercapai. Proses ini mengakibatkan pengurangan 50% dari imbalan (reward) penambangan. Bitcoin halving dirancang untuk memperlambat laju penambahan Bitcoin baru.

Hal ini akan terus berlanjut hingga total koin yang tersedia mencapai batas 21 juta koin, sekitar tahun 2140. Dengan kira-kira 19,5 juta Bitcoin yang beredar pada Oktober 2023, penerapan batasan ini menegaskan sifat kelangkaan dan deflasi Bitcoin, yang pada akhirnya mengubah insentif penambang menjadi biaya transaksi untuk menjaga keamanan jaringan.

Apa yang menyebabkan terjadinya Bitcoin halving?

Bitcoin Halving adalah fitur utama dari protokol Bitcoin yang dirancang untuk mengontrol pasokan dan mensimulasikan kelangkaan, mirip dengan logam mulia. Tujuan utama dari proses ini meliputi:

  • Pembatasan pasokan. Pendekatan ini memastikan penurunan ketersediaan Bitcoin secara bertahap, seiring dengan tercapainya batas maksimum21 juta coin, sehingga semakin lama semakin langka.
  • Melawan inflasi. Mengurangi jumlah Bitcoin baru yang masuk ke dalam peredaran merupakan langkah deflasi yang menjaga nilai terhadap inflasi mata uang fiat.
  • Meningkatkan keamanan jaringan. Seiring dengan berkurangnya imbalan dari penambangan, biaya transaksi menjadi lebih penting, memberikan insentif yang berkelanjutan bagi para penambang untuk menjaga keamanan jaringan.
  • Peningkatan nilai jangka panjang. Halving BTC cenderung akan meningkatkan minat pasar, yang menyebabkan potensi lonjakan harga karena antisipasi berkurangnya pasokan.

Sebagai hasilnya, halving membuat Bitcoin semakin langka, memberikan insentif untuk menjaga keamanan jaringan, dan mendorong kenaikan nilainya.

Bagaimana cara kerja Bitcoin halving?

Bitcoin halving mengurangi imbalan penambangan untuk transaksi Bitcoin, memperlambat laju penciptaan dan peredaran Bitcoin baru. Peristiwa ini dijadwalkan terjadi setiap 210.000 blok, kira-kira setiap empat tahun sekali, dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga halving ke-32 pada sekitar tahun 2140.

Halving merupakan bagian tak terpisahkan dari desain Bitcoin karena menyediakan pasokan yang terkendali dan mencontoh penyimpanan nilai yang bersifat langka seperti logam mulia.

Apa yang terjadi selama halving Bitcoin terakhir?

MDP-2224_ID.png

Harga BTC selama halving dan 365 hari kemudian

Bitcoin halving terakhir terjadi pada tanggal 11 Mei 2020. Ini merupakan titik balik yang signifikan untuk mata uang kripto, mengurangi hasil penambangan dari 12,5 menjadi 6,25 Bitcoin per blok. Perubahan dalam dinamika pasokan ini menciptakan tren bullish yang mendorong nilai BTC naik dari $6.877,62 pada 11 April 2020, satu bulan sebelum halving, menjadi $8.821 pada saat terjadinya peristiwa tersebut. Meskipun terjadi sedikit volatilitas, harga Bitcoin terus meningkat selama setahun ke depan, mencapai $49.504 pada 11 Mei 2021.

Kenaikan harga pasca-halving ini konsisten dengan tren yang diamati setelah halving tahun 2012 dan 2016, ketika periode pertumbuhan yang paling signifikan terjadi setelah peristiwa tersebut.

Meskipun terjadi penurunan nilai yang cukup besar selama 12-17 bulan setelah setiap halving, harga menjadi stabil di atas level sebelum halving, menegaskan dampak positif dari peristiwa halving terhadap nilai jangka panjang Bitcoin.

Trading dengan Bitcoin halving

6.png

Halving 2012, 2016, dan 2020 dan tren bullish 12 bulan berikutnya

Lonjakan harga biasanya terjadi enam hingga dua belas bulan setelah halving terjadi, memungkinkan trader membangun strategi untuk mendapatkan keuntungan jangka menengah dan panjang, bukan keuntungan seketika.

Strategi Trading yang efektif untuk Bitcoin Halving meliputi:

  • Menahan jangka panjang (HODLing). Tren historis menunjukkan bahwa menahan BTC selama halving dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar, karena nilai Bitcoin cenderung meningkat seiring dengan berkurangnya pasokan.
  • Menggunakan analisis teknis. Ini membantu menentukan waktu terbaik untuk membeli dan menjual aset. Indikator dan pola utama dapat memberi peringatan akan meningkatnya volatilitas yang terkait dengan halving.
  • Diversifikasi Portofolio. Pendekatan ini berfungsi sebagai lindung nilai (hedge) terhadap ketidakpastian pasar. Diversifikasi investasi di berbagai mata uang kripto dan kelas aset lainnya mengurangi risiko volatilitas harga yang dipicu oleh halving.
  • Trading berdasarkan informasi. Mengikuti perkembangan tren pasar dan indikator ekonomi global sangatlah penting. Sentimen investor, kebijakan terbaru, dan perkembangan ekonomi dapat berdampak signifikan pada nilai pasar BTC.

Dapat dikatakan bahwa perpaduan strategi antara pemahaman historis, analisis pasar, menyadari peristiwa terkini sangat penting untuk menghadapi Bitcoin halving. Pendekatan ini memungkinkan trader untuk mengatasi volatilitas pasar dan mengoptimalkan potensi keuntungan dari BTC halving.

Kapan Bitcoin halving yang berikutnya?

MDP-2279 (5).pngJadwal Bitcoin halving sebelumnya dan yang akan datang

Halving Bitcoin 2024 akan terjadi sekitar bulan April 2024. Peristiwa ini akan bertepatan ketika blockchain mencapai 740.000 blok. Halving 2024 akan menjadi momen penting dalam evolusi mata uang digital, yang menekankan pendekatan sistematis untuk mengelola pasokannya.

Setelah mengalami tiga kali halving yang penting pada tahun 2012, 2016, dan 2020, Bitcoin menunjukkan strategi pasokan yang terencana dengan baik. Pencapaian ini membuktikan mekanisme suplai Bitcoin yang inovatif dan menjelaskan kerumitan tingkat penemuan blok (discovery rate) yang dapat berdampak pada waktu halving di masa depan. Dinamika ini menunjukkan mengapa Bitcoin tetap menarik dan banyak dipelajari di bidang keuangan, sekaligus menunjukkan peran khususnya dalam lanskap ekonomi yang lebih luas.

Bitcoin halving: peristiwa penting

5.png

Perubahan harga BTC setelah halving

Bitcoin Halving, yang terjadi sekitar empat tahun sekali atau setelah mencapai 210.000 blok, merupakan peristiwa penting dengan dampak yang luas bagi ekosistem mata uang kripto. Dampak langsungnya pada penambangan, bersama dengan dampak jangka panjangnya pada harga dan cara pandang orang terhadap Bitcoin, menjadikannya sebagai momen penting dalam sejarah mata uang digital. Memahami seluk-beluk teknis dan dampak historis dari peristiwa halving ini sangat penting untuk memahami mengapa peristiwa ini dianggap bullish untuk Bitcoin.

Secara historis, peristiwa halving telah dikaitkan dengan tren bullish yang signifikan pada harga Bitcoin. Tren ini dapat dikaitkan dengan prinsip dasar ekonomi, yaitu penawaran dan permintaan. Ketika hasil penambangan untuk blok baru dikurangi setengahnya, kecepatan produksi Bitcoin baru akan berkurang. Akibatnya, dengan tingkat pertumbuhan pasokan yang berkurang dan dengan asumsi permintaan yang konstan atau meningkat, harga Bitcoin kemungkinan besar akan mengalami kenaikan. Pola ini telah diamati setelah peristiwa halving sebelumnya, yang mengindikasikan korelasi yang konsisten antara halving dan pergerakan harga yang positif.

Halving memiliki arti penting bagi nilai jangka panjang Bitcoin karena beberapa alasan kuat. Pertama, ini menegaskan sifat kelangkaan Bitcoin yang melekat pada Bitcoin. Dengan pasokan yang terbatas hanya 21 juta koin, setiap peristiwa halving membawa Bitcoin lebih dekat ke pasokan maksimumnya, dan meningkatkan kelangkaan dan potensi nilai per koinnya.

Selain itu, halving menegaskan sifat deflasi Bitcoin, sangat kontras dengan mata uang fiat yang rentan terhadap inflasi akibat pencetakan uang tanpa batas oleh pemerintah dan bank sentral. Pasokan Bitcoin yang dapat diprediksi dan tingkat penerbitan koin baru yang semakin berkurang menjadikannya sebagai lindung nilai yang menarik terhadap inflasi dan penyimpan nilai jangka panjang yang dapat diandalkan.

Kesimpulan

Bitcoin halving 2024 adalah peristiwa yang telah lama ditunggu-tunggu dan mencerminkan pendekatan unik mata uang kripto dalam mengelola pasokan dan menegaskan kelangkaannya. Dengan menyediakan strategi pengurangan pasokan yang dapat diprediksi dan terkendali, mekanisme halving membedakan Bitcoin dari mata uang fiat, memastikan nilai dan daya tarik jangka panjangnya.

Menjelang halving tahun 2024, komunitas mata uang kripto memantau dengan seksama potensi dampaknya terhadap harga Bitcoin, ekosistem penambangan, dan dinamika pasar secara keseluruhan.

Peristiwa halving sangat penting untuk meningkatkan harga Bitcoin dan persepsi pasar, dan kelangkaan yang disebabkan oleh peristiwa ini telah memicu tren bullish untuk bulan-bulan berikutnya. Bagi investor dan trader, memahami dampak dari halving sangat penting untuk menyusun strategi dan menghadapi pasar mata uang kripto.

Pantau perkembangan peristiwa terkait BTC bersama FBS dan siapkan diri Anda untuk mendapatkan keuntungan selama halving 2024 mendatang. Pelajari lebih lanjut tentang trading Bitcoin dan kripto lainnya menggunakan berita dan materi edukasi gratis yang disediakan oleh FBS.

Tanya Jawab (FAQ)

Kapan Bitcoin akan mengalami halving pada tahun 2024?

Bitcoin Halving 2024 diperkirakan akan terjadi pada bulan April. Halving pada tahun 2024 akan mengurangi jumlah imbalan blok bagi para penambang hingga setengahnya, yang menyebabkan penurunan tingkat penciptaan Bitcoin baru.

Apakah harga BTC akan naik setelah halving?

Secara historis halving 2024 dapat memicu lonjakan harga, seperti yang terjadi setelah peristiwa halving sebelumnya. Namun, penting untuk dicatat bahwa hasil masa lalu bukan merupakan indikasi hasil masa depan, dan harga Bitcoin dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Kapan tepatnya Bitcoin akan mengalami halving?

Bitcoin halving 2024 kali ini diperkirakan akan terjadi pada tanggal 24 April. Akibatnya, pasokan Bitcoin baru yang masuk ke dalam peredaran akan berkurang, yang berpotensi menyebabkan penurunan penjualan dari para penambang. Bitcoin halving telah dikaitkan dengan peningkatan kelangkaan dan kenaikan harga Bitcoin selanjutnya, karena berkurangnya pasokan sering kali menyebabkan peningkatan permintaan.

Peristiwa halving adalah bagian penting dari kebijakan ekonomi Bitcoin, yang dirancang untuk secara bertahap mengurangi tingkat penciptaan Bitcoin baru, yang pada akhirnya mencapai pasokan maksimum 21 juta Bitcoin.

Apakah halving bagus untuk mata uang kripto?

Secara umum, Bitcoin halving dilihat sebagai peristiwa positif untuk mata uang kripto, mengingat hal ini mengurangi tingkat penciptaan Bitcoin baru, yang menyebabkan peningkatan kelangkaan. Hal ini berpotensi meningkatkan permintaan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai Bitcoin. Faktor positif lain dari bitcoin halving meliputi: dapat diprediksi, keberlanjutan jangka panjang, meningkatkan minat pasar, mendorong industri penambangan menjadi lebih sehat dan berkelanjutan.

  • 661

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera