1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Pengetahuan Umum adalah Jebakan Trading
Diperbarui • 2023-03-13

Pengetahuan Umum adalah Jebakan Trading

cover.png

Bukan rahasia lagi bahwa trading dapat berisiko tetapi juga dapat menguntungkan. Banyak trader amatir terjun ke dalam trading tanpa rencana atau strategi yang tepat sehingga mereka kehilangan uang dalam jumlah besar. Namun, kesalahan mereka yang lebih besar adalah memercayai pengetahuan umum begitu saja dan menganggapnya cukup untuk menjalankan trading yang menguntungkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa yang dimaksud dengan pengetahuan umum dalam trading, bagaimana hal itu dapat merugikan trader, jebakan yang paling sering dihadapi trader, dan kiat untuk menghindari jebakan dalam trading.

Poin-poin Utama

  • Pengetahuan umum meliputi informasi dasar yang diperoleh trader amatir dari berbagai sumber pembelajaran, seperti strategi yang sudah ada, pola, alat, perangkat lunak, dan sebagainya.
  • Pengetahuan umum dapat menjadi jebakan jika trader memercayainya begitu saja tanpa menganalisis kondisi pasar dan menerapkan manajemen risiko.
  • Jebakan yang paling umum dalam trading meliputi terlalu banyak menganalisis kondisi pasar, trading tanpa rencana yang jelas, trading secara berlebihan, menggunakan semua uang dalam satu trade, dan manajemen risiko yang buruk.
  • Trader dapat menghindari jebakan tersebut dengan lebih memperhatikan kondisi pasar saat ini, memiliki rencana manajemen risiko yang terperinci, tidak hanya mengandalkan perkiraan sendiri, dan fleksibel dalam hal strategi trading.

Apa Itu Pengetahuan Umum?

Secara sederhana, semua informasi yang dipelajari trader baru sebelum memulai trading dianggap sebagai pengetahuan umum. Ini meliputi berbagai strategi, pola, indikator, serta kiat-kiat lainnya yang biasanya diambil dari berbagai kursus dan panduan untuk pemula.

Tidak dapat dipungkiri bahwa informasi seperti itu penting. Namun, trader amatir sering kali menganggap pengetahuan umum sebagai fakta tak terbantahkan tanpa menyadari bahwa tidak ada yang pasti dalam trading, dan berbagai pola serta strategi yang mereka andalkan untuk memprediksi pergerakan harga mendatang tidak menjamin pasar akan bergerak sesuai prediksi. Berikutnya, kita akan membahas mengapa hal itu dapat terjadi.

Bagaimana Pengetahuan Umum Dapat Menjadi Jebakan Trading?

Ada beberapa alasan mengapa pengetahuan umum dapat menjadi jebakan trading.

Biasanya, pengetahuan umum bersandar pada pemikiran bahwa pergerakan pasar dapat diprediksi. Namun, dalam kenyataannya tidaklah demikian. Masalahnya, pengetahuan umum terutama digunakan oleh trader individu yang memiliki dana trading yang sangat terbatas. Jadi, keputusan trading mereka tidak banyak memengaruhi pergerakan pasar. Sebaliknya, yang benar-benar memengaruhi pasar adalah keputusan institusi keuangan besar yang memiliki modal sangat besar untuk trading. Merekalah yang sebenarnya mengendalikan pergerakan harga aset, dan pengetahuan umum tidak dapat membantu Anda memprediksi dengan tepat pergerakan harga selanjutnya.

Alasan lainnya adalah bahwa trading pada dasarnya merupakan persaingan antara pembeli dan penjual, yang mencoba memperoleh keuntungan dari kondisi pasar yang sama. Jika satu pihak menang, pihak lainnya akan kalah. Mereka menggunakan strategi dan alat yang sama, mengamati pola yang sama, tetapi pengetahuan umum ini membantu satu pihak dan menjebak pihak lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa keberhasilan seorang trader tidak dapat dikaitkan dengan kemampuan mereka untuk menerapkan pengetahuan umum dalam praktik. Sebaliknya, keberhasilan tergantung pada faktor dan perilaku lain yang banyak diabaikan oleh para trader saat membuat keputusan.

trading_trap_1200x675_1_cover.png

Kesalahan Umum dan Jebakan dalam Trading

Terlalu Banyak Menganalisis

Ketika pemula mulai belajar tentang trading, mereka sering tidak tahu dari mana harus memulai. Mereka melihat informasi tentang berbagai software atau sistem trading dan mencoba membaurkan semuanya ke dalam strategi trading mereka.

Hal yang tidak mereka sadari adalah bahwa masing-masing alat cocok untuk gaya trading tertentu. Menggunakan semua software trading sekaligus dapat menjadi sangat membingungkan dan melelahkan sehingga menyulitkan trader untuk mengembangkan strategi yang baik. Setiap alat juga dapat memberikan hasil yang berbeda, yang pada akhirnya membuat trader semakin bingung dan menyebabkan kerugian pada masa depan.

Kurangnya perencanaan atau disiplin

Memiliki rencana trading dapat membantu pemula untuk mempertahankan strategi serta memahami tujuan dan kemampuan keuangan mereka. Trading dengan coba-coba dan tanpa persiapan sangat tidak disarankan dan dapat menyebabkan kerugian besar ketika trader menghadapi pergerakan pasar yang tidak terduga. Selain itu, trading tanpa rencana yang jelas membuat trader lebih rentan terhadap emosi dan pola pikir berjudi.

Trading Berlebihan

Alasan utama banyak trader gagal memperoleh profit yang stabil adalah karena mereka cenderung terlalu banyak trading sejak awal. Trading berlebihan adalah masalah serius yang dapat menyebabkan trader mengakumulasi biaya spread dan komisi dalam jumlah besar, serta menghabiskan uang mereka dengan lebih cepat. Alih-alih trading berlebihan, trader perlu trading perlahan dan mengambil pendekatan yang lebih terencana sebelum kehilangan uang mereka.

Manajemen risiko yang buruk

Beberapa trader tidak dapat menerima kenyataan bahwa mereka mengalami kerugian sehingga tidak membuat rencana dengan baik. Padahal, mengalami kerugian adalah bagian tak terelakkan dari trading, dan mengabaikan kemungkinan tersebut adalah sebuah pemikiran yang buruk. Jika Anda merasa mempersiapkan strategi manajemen risiko tampak terlalu sulit, Anda sebaiknya tidak mempertaruhkan uang yang melebihi kemampuan Anda seandainya terjadi kerugian dalam trading.

Tidak mengontrol uang

Trading dengan uang riil dapat membuat trader yang paling bijaksana sekali pun kehilangan fokus. Ketika uang riil sudah terlibat, trader mudah tergoda untuk langsung bertindak dan menggunakan semua uang yang dimilikinya. Padahal, trading memerlukan rencana yang matang dan keterampilan yang baik. Tidak membatasi jumlah uang yang Anda gunakan untuk trading pada akhirnya akan membawa bencana.

Kiat Menghindari Jebakan Trading

Berikut adalah beberapa kiat tentang cara menghindari kesalahan dan jebakan trading:

  • Bersiap menghadapi kemungkinan terburuk. Meskipun sudah yakin dengan strategi yang disusun, pastikan Anda memiliki jalan keluar jika pasar tidak bergerak sesuai perkiraan.
  • Jangan mengandalkan prediksi Anda. Bahkan indikator terpopuler sekali pun tidak dapat dipercayai sepenuhnya. Jadi, amati pergerakan harga dengan cermat untuk mengambil tindakan cepat seandainya prediksi Anda terbukti salah.
  • Buat rencana trading. Rencana trading dapat membantu Anda menjaga agar keuangan tetap terkendali, serta menghindari pengaruh emosi atau membuat keputusan tergesa-gesa.
  • Bersikaplah terbuka. Jika pergerakan pasar menyimpang dari perkiraan, jangan keras kepala. Sesuaikan strategi dengan tepat untuk menyelamatkan uang Anda.
  • Jangan panik. Lebih baik bertahan pada satu strategi daripada beralih dari satu keputusan ke keputusan lainnya. Ubahlah rencana hanya jika Anda benar-benar yakin hal itu diperlukan, dan tetap fokus.

Kesimpulan

Pengetahuan umum dapat membantu trader amatir memahami dasar-dasar trading, tetapi tidaklah bijaksana untuk bertumpu sepenuhnya pada apa yang Anda pelajari dari kursus pemula. Pastikan untuk memperhatikan bagaimana pasar sebenarnya bergerak alih-alih hanya mengikuti prediksi Anda, miliki strategi manajemen risiko yang baik, dan Anda akan dapat menghindari jebakan dan kesalahan trading yang paling umum.

  • 647

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera