1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Bunga majemuk dalam trading: cara menggunakannya untuk meningkatkan deposit Anda
Diperbarui • 2024-05-14

Bunga majemuk dalam trading: cara menggunakannya untuk meningkatkan deposit Anda

Compound Interest.png

Pendahuluan

Orang sering menganggap trading seperti lari cepat. Namun, pada umumnya, trading lebih mirip lomba lari maraton, dan kemenangan bergantung pada kesabaran, strategi, dan daya tahan Anda.

Beberapa orang melakukan trading yang kacau dan mencoba “mengalahkan pasar”. Jika beruntung, mereka terkadang bisa menghasilkan puluhan ribu dolar dalam sehari. Sementara itu, orang lain bekerja keras untuk mengevaluasi setiap trading dan secara bertahap membangun modal mereka. Perbedaan sudut pandang ini membedakan trader yang sukses dengan “penjudi”.

Saat seorang trader bertindak sesuai strategi, seorang penjudi mencoba menghasilkan “uang dengan serakah”, tetapi akhirnya kehilangan waktu dan tidak memiliki apa-apa lagi.

Artikel ini akan membahas strategi trading yang akan membantu Anda memenangkan lomba lari maraton ini dan mengubah pemahaman Anda tentang trading di pasar keuangan.

Pengertian bunga majemuk dalam trading

Banyak trader dan investor hebat menghasilkan banyak uang melalui bunga majemuk. Strategi ini membuat Anda menginvestasikan kembali profit dari trading sebelumnya untuk meningkatkan volume trading berikutnya. Tidak seperti bunga pada umumnya, ketika keuntungan hanya dihitung dari modal awal, bunga majemuk menghitung keuntungan dari modal ditambah akumulasi keuntungan (atau dikurangi akumulasi kerugian). Jadi, setiap transaksi melibatkan sejumlah margin yang tersedia, yang jumlahnya meningkat seiring dengan pertumbuhan saldo akun dan menurun ketika saldo berkurang.

Sekarang, perhatikan contoh berikut: seorang trader melakukan deposit $500, dengan rasio risk-reward 1:2, kerugian maksimum satu trading 3% dari saldo, dan tingkat kemenangan 50%.

Dengan strategi ini, trader menerima hasil investasi 6% untuk setiap trading yang menang, atau menanggung 3% untuk trading yang kalah. Asimetri antara jumlah kemenangan dan kekalahan ini sangat penting: 2x kemenangan lebih besar dari 1x kekalahan.

Jadi, bagaimana cara kerja bunga majemuk dalam praktiknya?

Berikut adalah rumus yang dapat digunakan untuk mempermudah penghitungan:

E=D×((1+Pwin)×(1−Lloss))N×WinRate

  • E – saldo akhir;
  • D – deposit awal;
  • Pwin – persentase profit per trading yang sukses;
  • Lloss – persentase kerugian per trading yang gagal;
  • N – jumlah trading;
  • WinRate – persentase menang dari jumlah total trading (sebagai pecahan dari 1, misalnya, 0,5 berarti 50%).

Jika seorang trader melakukan trading yang sukses, deposit $500 akan bertambah 6% atau $30, membuat jumlah saldo menjadi $530. Sebaliknya, jika trading gagal, deposit akan berkurang 3% atau $15, membuat total saldo menjadi $485.

Kita akan memahami hebatnya manfaat bunga majemuk jika memperhitungkan beberapa trading. Dengan setiap kemenangan, modal tumbuh 6%. Perhatikan bahwa dampak kerugian harus diminimalkan dengan persentase kerugian yang lebih rendah dan keuntungan dari trading sebelumnya.

MDP-2279.png

Dengan menggunakan rumus di atas, kita dapat dengan mudah menghitung kenaikan deposit dengan menggunakan parameter yang telah kami sebutkan.

E=500×((1+0,06)×(1−0,03))200×0,5

E=8.067,33

Formula ini sangat mudah dan sederhana, siapa pun dapat menggunakannya untuk membangun strategi trading. Jika Anda menerapkan strategi ini, Anda akan segera melihat deposit Anda berkembang dan dapat mencapai tujuan akhir Anda.

Satu tahun memiliki rata-rata 250 hari trading, tetapi karena tidak ada yang trading setiap hari, artinya Anda hanya memiliki sekitar 200 hari trading. Kami telah menghitung pertumbuhan modal menggunakan rumus di atas dan menemukan bahwa pada hari trading ke-200, saldo akan menjadi $8.067,33, yang jauh lebih tinggi daripada deposit awal $500. Artinya, deposit akan tumbuh sebesar 1.513% dalam hanya setahun trading!

Anda dapat melihat peluang yang diberikan oleh bunga majemuk dalam trading, bahkan dengan tingkat kemenangan moderat 50%. Jika kita mempertimbangkan trading yang lebih efisien, hasilnya akan lebih baik lagi. Anggaplah tingkat kemenangan adalah 60%. Setelah satu tahun yang sama dengan 200 hari trading, saldo akan berjumlah $14.069. Artinya, deposit tersebut dapat tumbuh sebesar 2.713% dalam setahun!

Bagaimana jika kita terus melakukan trading selama lebih dari setahun? Jika kita tetap mempertahankan tingkat kemenangan 50% dan menggunakan $8067.33 sebagai modal awal, saldo setelah 200 hari trading akan mencapai $130.163.

Efek bunga majemuk semakin luar biasa seiring berjalannya waktu. Bahkan dengan tingkat kemenangan moderat 50%, jika trader cukup disiplin untuk mendapatkan profit 6% dan hanya mengalami kerugian 3%, modal trader akan terus bertambah. Penting dicatat bahwa strategi ini mengharuskan Anda untuk konsisten dalam menerapkan rencana trading dan manajemen risiko.

Jadi, kami memiliki bukti bahwa trading memberikan hasil yang lebih baik jika didasarkan pada strategi yang baik.

Namun, terlepas dari potensi yang signifikan, trader juga harus waspada terhadap risiko. Serangkaian kerugian dapat dengan cepat menguras habis modal jika trader mengabaikan batas kerugian 3% yang direncanakan. Di sinilah disiplin dan strategi trading yang matang sangat penting.

Kesimpulan

Singkatnya, strategi dan kesabaran sangat membantu untuk menang dalam trading. Dan bunga majemuk adalah cara yang ampuh bagi para trader yang ingin meningkatkan pendapatan mereka secara berkala dan memperlakukan trading sebagai tindakan investasi. Jika trader mengelola risiko dengan hati-hati dan berpegang pada strategi dengan win rate yang baik, trader dapat meningkatkan jumlah deposit yang kecil sekali pun secara signifikan.

Jika trader mengambil langkah-langkah kecil dan bijaksana setiap hari dan tidak serakah untuk menghasilkan uang dalam waktu singkat, sangat mungkin untuk mencapai hasil yang memuaskan dan menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Seperti yang pernah dikatakan Warren Buffett, “Pasar saham adalah sarana untuk mentransfer uang dari orang yang tidak sabar kepada orang yang sabar”

Tanya Jawab (FAQ)

Bagaimana Anda memanfaatkan bunga majemuk?

Banyak orang menarik semua profit yang mereka hasilkan, dan mereka mengevaluasi tingkat profit hanya dalam waktu singkat. Namun, jika Anda memilih untuk menginvestasikan kembali profit tersebut, Anda akan dapat meningkatkan volume posisi Anda. Dengan strategi bijak yang mengimbangi jumlah kerugian dengan keuntungan, Anda akan dapat menghasilkan lebih banyak profit.

Apakah bunga majemuk dapat digunakan di pasar saham?

Ya, pasar saham juga menawarkan peluang untuk profit dari bunga majemuk dan menghasilkan lebih banyak lagi profit seiring waktu. Memang, saham memiliki risiko lebih tinggi, tetapi imbal hasilnya juga lebih besar. Jika Anda menerapkan strategi investasi yang bijak dan menggunakan bunga majemuk di pasar saham, Anda bisa mendapatkan hasil tahunan hingga 10% atau bahkan 15%.

Apa hebatnya manfaat bunga majemuk?

Bunga majemuk membuat uang Anda bekerja untuk Anda, bukan Anda yang bekerja untuk uang. Bunga majemuk membantu Anda membangun kekayaan bahkan tanpa modal awal yang besar. Ini adalah sesuatu yang diimpikan banyak orang tetapi melewatkan kesempatan ini.

Apa contoh dari penggunaan bunga majemuk di pasar saham?

Ketika berinvestasi dalam saham, Anda mendapatkan dividen. Orang biasanya menarik dividen tersebut. Namun, jika Anda menginvestasikannya kembali pada saham yang telah terbukti menguntungkan, Anda dapat memperbesar efeknya dan menghasilkan lebih banyak uang seiring waktu.

  • 764

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera