1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Cara Mendominasi Trading Anda pada Tahun 2023
Diperbarui • 2023-05-11

Cara Mendominasi Trading Anda pada Tahun 2023

cover.jpg

Hukum dasar trading sangat sederhana: Mereka yang tidak menang akan kalah. Dalam trading tidak ada ikatan apa pun. Jika Anda tidak termasuk trader yang berhasil mendapatkan profit dari trade, Anda sudah kalah. Itu sebabnya mengapa sangat penting untuk selalu berada di puncak permainan Anda dan berkonsentrasi untuk keluar sebagai pemenang.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan sepuluh kiat untuk mendominasi trading dan mempelajari keterampilan yang perlu Anda asah untuk mencapai hasil terbaik.

Kiat untuk mendominasi trading

Menjadi trader yang sukses tidaklah mudah. Anda harus bekerja keras jika ingin menghasilkan uang yang banyak dan mulai hidup dari trading. Berikut ini kami susun daftar kiat yang dapat membantu Anda membangun pengalaman dan mengembangkan keterampilan untuk menjadi yang terbaik dalam trading.

1541-03.jpg

Berinvestasi dalam pendidikan Anda

Sebelum memulai trading dengan sungguh-sungguh, Anda harus mempelajari cara kerja pasar keuangan. Trading bukanlah perjudian; diperlukan banyak perencanaan, penelitian, dan analisis jika Anda ingin menghasilkan profit. Sangatlah penting untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi pergerakan pasar dan cara memanfaatkan pengetahuan ini untuk keuntungan Anda. Untuk melakukan hal itu, Anda harus mempelajari analisis teknis, strategi manajemen risiko, peralatan, indikator, pola grafik, dan informasi terbaru yang akan membantu Anda membuat keputusan trading yang objektif dan cerdas.

FBS menawarkan beragam bahan edukasi untuk trader dari setiap tingkat kemahiran, jadi pastikan Anda mempelajarinya untuk mendapatkan edukasi terbaik tentang trading dan pasar keuangan secara keseluruhan.

Buat rencana trading

Rencana trading adalah unsur penting bagi setiap trader, baik ia pemula maupun pro. Ini mencakup serangkaian aturan yang harus diikuti trader saat trading, menguraikan pemilihan waktu dan ukuran trade, titik masuk dan keluar, tindakan manajemen risiko, serta perincian penting lainnya dari trade mereka. Sebagian trader beranggapan bahwa rencana trading tidak diperlukan, tetapi cepat atau lambat mereka akan menyadari bahwa mustahil untuk fokus dan mengendalikan emosi tanpa rencana yang memandu mereka mencapai tujuan.

Sempurnakan strategi satu per satu

Seperti kata pepatah terkenal, “Orang yang menguasai segala hal sebenarnya tidak menguasai apapun (A jack of all trades is a master of none).” Jika membagi perhatian ke sejumlah trading strategi yang berbeda, Anda berisiko tidak akan mampu memperbaiki satu pun. Dengan berfokus pada satu strategi, Anda akan belajar lebih banyak tentang pasar dan cara mencapai tujuan Anda, tindakan mana yang berhasil dan mana yang gagal. Jika sudah mencapai titik ketika Anda mampu menghasilkan profit yang layak dan stabil dari strategi tersebut, Anda dapat mencoba masuk ke strategi lain dan belajar cara-cara baru menghasilkan uang dari trading.

Misalnya, dengan volatilitas tinggi yang memengaruhi mayoritas pasar keuangan, lebih masuk akal untuk bertahan pada trading spekulatif daripada investasi jangka panjang karena harga dapat berubah dengan mudah akibat masalah geopolitik saat ini.

Jangan menduga-duga arah pasar

Meskipun menggunakan alat dan indikator trading dapat memberi Anda informasi tentang tren saat ini, mencoba memprediksi arah pasar dari sumber luar dapat menjadi bumerang, khususnya jika menyangkut trade Anda yang ada sekarang. Misalnya, jika membaca laporan berita yang mengatakan harga saham yang telah Anda beli akan naik, Anda mungkin enggan untuk menjualnya meskipun harga sudah mulai turun. Mencoba menjustifikasi pilihan Anda dengan mencari sumber yang mendukung pendapat Anda adalah tindakan berbahaya. Hal itu dapat mengaburkan penilaian Anda dan membuat Anda terikat secara emosional dengan trade, yang dapat mencegah Anda dari membuat keputusan yang rasional.

Jangan lewatkan peluang trading

Latihan membuat sempurna, dan trading secara aktif ketika memiliki peluang yang baik penting untuk mengasah keterampilan Anda dan menguasai seni trading. Banyak trader baru cenderung secara sadar melewatkan peluang trading karena kurang percaya diri atau menunggu peluang trading yang sempurna, yang mungkin tidak akan pernah datang. Anda tidak akan pernah tahu hasil sebuah trade jika tidak mencobanya. Rugi sekali pun dapat menjadi pelajaran yang berharga dan membantu Anda menghindari kesalahan serupa dalam trade yang lebih penting pada masa mendatang.

Keluar dari trade Anda pada saat yang tepat

Hal lainnya yang harus Anda lakukan untuk mendominasi trading adalah keluar dari trade Anda pada saat yang tepat. Hal ini sering kali lebih mudah diucapkan daripada dikerjakan, khususnya ketika Anda yakin harga berpeluang untuk terus bergerak ke arah yang diinginkan. Namun, pola pikir ini cukup berbahaya karena harga dapat berbalik tiba-tiba, menyebabkan Anda kehilangan seluruh potensi profit.

Hal serupa dapat terjadi bahkan ketika harga bergerak melawan Anda dan Anda mengharapkannya akan berbalik alih-alih memotong kerugian Anda. Hal ini mungkin tidak akan pernah terjadi, dan semakin lama Anda menunggu, akan semakin banyak uang Anda yang hilang. Keluar dengan profit yang sedikit atau tanpa profit sama sekali jauh lebih baik daripada kehilangan semua uang yang Anda investasikan dalam trade atau bahkan lebih dari itu.

Taksir seluruh risiko trade yang akan datang

Ketika trading, selalu ada risiko terjadi kesalahan. Oleh karena itu, sebelum membuka posisi, Anda harus menaksir semua kemungkinan risiko keuangan yang mungkin ditimbulkannya. Hal ini memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih matang terkait ukuran trade dan berapa banyak uang yang siap Anda investasikan. Banyak trader berpengalaman menyarankan untuk tidak menempatkan uang melebihi besarnya kerugian yang siap Anda terima dalam satu trade. Jadi, jika masih baru, Anda dapat memulai dengan modal berisiko rendah dan secara perlahan meningkatkan jumlahnya seiring dengan bertambahnya pengalaman.

Berlatih dengan akun simulasi

Banyak broker, termasuk FBS, menawarkan pilihan kepada trader untuk terlebih dahulu menguji keterampilan mereka dan menyesuaikan diri dengan kecepatan trading di dunia nyata dengan menggunakan akun demo. Akun demo adalah akun trading virtual yang memungkinkan trader menggunakan dana virtual dan data pasar real-time untuk menyimulasikan pengalaman trading yang sesungguhnya.

Meskipun sudah mempelajari semua teori trading, menjalankan sendiri teori itu mungkin akan sangat sukar pada awalnya. Itu sebabnya mengapa akun demo penting. Akun demo memungkinkan Anda untuk membiasakan diri dengan fluktuasi harga, membaca pola grafik, menempatkan order, dan menggunakan alat yang diperlukan untuk mempermudah trading. Mengawali perjalanan trading dengan akun demo membantu Anda untuk lebih percaya diri dan memahami cara kerja pasar serta mempersiapkan diri untuk trading dengan uang sendiri.

Bangun pola pikir yang benar

Trading dapat menjadi sangat menegangkan, yang mungkin akan sangat berpengaruh terhadap cara Anda membuat keputusan. Ketika stres, Anda cenderung bertindak berdasarkan naluri tanpa memikirkan tindakan berikutnya dengan sungguh-sungguh, dan ini bukan pertanda baik untuk hasil trading Anda. Membuat keputusan yang tergesa-gesa dan memiliki ikatan emosional dengan trade dapat menyebabkan kerugian yang seharusnya dapat dihindari dengan mudah.

Itu sebabnya mengapa memiliki pola pikir yang benar sangat penting dalam trading. Tetap positif dan membuang emosi negatif, seperti rasa takut dan khawatir dari pikiran dapat membantu Anda menghindari membuat keputusan dengan gegabah, melihat gambaran pasar yang lebih besar, serta menemukan jalan keluar dari situasi yang paling sulit sekali pun.

Tetap disiplin

Disiplin adalah salah satu aspek terpenting dari trading profesional. Disiplin membantu Anda untuk tetap fokus pada trade dan mengikuti strategi trading Anda tanpa terganggu. Trader yang tidak mampu tetap disiplin akan kesulitan untuk mendapatkan profit yang stabil dari trading karena ini adalah pekerjaan yang sangat metodis. Mempelajari cara mengendalikan emosi dan mengatasi dorongan untuk menyimpang dari strategi yang sudah dibangun sangat penting jika ingin menjadi trader sukses dan mendominasi pasar trading.

1541-02.jpg

Keterampilan yang Anda butuhkan untuk mendominasi trading

Sekarang setelah mengetahui dasar-dasar apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi trader yang lebih baik, mari kita lihat keterampilan yang dapat membantu Anda menjadi trader yang lebih baik dan mendominasi trading.

Riset dan analisis

Melakukan riset terhadap kondisi pasar saat ini dan kemampuan untuk menganalisis informasi yang tersedia untuk membuat keputusan trading adalah salah satu keterampilan paling penting dalam trading profesional. Trader sukses tahu alat apa yang harus digunakan untuk mendapatkan data yang berguna, sumber apa yang dapat dipercaya, serta informasi mana yang relevan dengan trade mereka.

Keterampilan meneliti dan analitis sangat penting karena membantu trader mengembangkan strategi dan rencana trading mereka, serta memutuskan pendekatan yang akan dipakai dalam situasi yang berbeda. Keterampilan ini membantu trader mengidentifikasi peluang trading sekaligus memberi mereka informasi tentang titik keluar yang tersedia serta potensi risiko, yang diperlukan untuk merencanakan trade yang sukses.

Beradaptasi dengan pasar yang berubah

Memiliki strategi trading andal yang membantu Anda dalam banyak trade adalah suatu hal yang baik. Namun, pasar keuangan rentan terhadap perubahan dan fluktuasi terus-menerus. Mengetahui cara menyesuaikan strategi dan rencana trading Anda dengan perubahan ini dengan cepat dan tanpa ragu adalah sebuah keterampilan yang bermanfaat, khususnya jika perubahan terjadi pada saat trading sedang berlangsung. Misalnya, pada tahun 2023 pasar mengalami periode volatilitas dan ketidakpastian yang tinggi sehingga sulit untuk memprediksi pergerakan harga. Anda harus selalu waspada terhadap potensi sinyal yang memberi tahu bahwa pasar akan berubah, dan untuk itu pastikan untuk memantau indikator trading dan grafik harga agar dapat bersiap mengubah strategi Anda.

Menghadapi kerugian

Trading selalu menyenangkan ketika Anda memperoleh kemenangan beruntun. Namun, dalam trading, seperti halnya industri lainnya, ada saatnya ketika kerugian tak dapat dihindari. Ketika hal itu terjadi, banyak trader yang patah semangat dan meninggalkan dunia trading.

Trader berpengalaman tahu bahwa Anda tidak dapat selalu menjadi pemenang, tetapi Anda juga tidak akan selalu menjadi pecundang. Bahkan setelah serangkaian trade yang gagal, masih mungkin untuk menemukan lebih banyak peluang menang dan menghasilkan lebih banyak uang daripada kerugian Anda. Hal yang penting adalah belajar cara melepaskan emosi negatif akibat trade yang merugi dan memulai kembali dengan semangat dan tekad yang baru.

Belajar dari kesalahan trading

Sebagian trade yang gagal berada di luar kendali Anda, yang lain dapat dicegah jika Anda bertindak dengan cara berbeda. Kesalahan dapat saja terjadi, tetapi hal itu tidak selalu buruk. Ia membantu Anda tumbuh dan memahami letak kekeliruan Anda. Namun, penting untuk belajar dari kesalahan tersebut, yang mungkin sukar untuk dilakukan oleh trader yang kesulitan menghadapi kesalahannya. Namun, trading adalah aktivitas yang memerlukan perbaikan terus-menerus, dan mengetahui cara belajar dari kesalahan serta mengoreksinya adalah salah satu keterampilan terpenting untuk Anda miliki untuk menjadi trader sukses.

Kesimpulan

Menjadi trader sukses tidaklah mudah. Diperlukan dedikasi, kesabaran, disiplin, dan perbaikan terus-menerus. Namun, jika Anda mengikuti kiat-kiat dari artikel ini dan memoles keterampilan yang dimiliki, Anda berpeluang besar untuk menjadi profesional sejati dan belajar mendominasi trading Anda.

  • 1020

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera