1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Cara Membuat Rencana Trading Mata Uang Kripto
Diperbarui • 2023-06-23

Cara Membuat Rencana Trading Mata Uang Kripto

cover.png

Setiap hari, semakin banyak trader yang terjun ke trading mata uang kripto. Hal ini tidak mengherankan, mengingat pasar mata uang kripto telah berkembang pesat selama lebih dari satu dekade. Para trader melihat besarnya potensi penghasilan dalam mata uang kripto, itulah sebabnya pasar ini sangat populer saat ini.

Namun, selama bertahun-tahun, mata uang kripto telah dikenal sebagai salah satu instrumen keuangan paling berisiko untuk dijadikan investasi. Banyak trader yang kehilangan dana mereka di pasar kripto. Namun, meskipun kerugian mereka dapat dikaitkan dengan volatilitas bawaan dari mata uang kripto, perlu diketahui bahwa banyak trader yang kurang mempersiapkan diri untuk trading mata uang kripto atau tidak mematuhi rencana trading mereka.

Rencana trading adalah unsur penting dari kesuksesan seorang trader. Tanpanya, mustahil untuk mencapai profitabilitas jangka panjang. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari alasan pentingnya rencana trading dalam mata uang kripto dan cara membuat rencana trading Anda.

Memahami pentingnya rencana trading mata uang kripto

Sebelum mempelajari pentingnya rencana trading dalam trading mata uang kripto, mari kita definisikan terlebih dulu apa itu rencana trading. Rencana trading adalah serangkaian aturan yang disusun trader untuk memaksimalkan profitabilitas trading. Rencana trading memuat informasi penting tentang trading pada masa mendatang, seperti waktu, volume, target profit, dsb. Setiap trader membuat rencana trading yang khas sesuai dengan tujuan keuangan, sumber daya, gaya yang dipilih, dan tingkat kemahiran yang dimilikinya.

Dalam trading mata uang kripto, memiliki rencana trading sering kali menjadi satu-satunya hal yang dapat melindungi Anda dari kerugian besar. Meskipun mata uang kripto dapat membuat trader tergoda dengan potensi imbalannya yang tinggi, instrumen keuangan ini sangat volatil sehingga trading tanpa rencana yang matang dapat menimbulkan konsekuensi yang fatal.

Membuat rencana trading juga dapat membantu Anda mengembangkan dan mematuhi aturan trading, yang penting khususnya di pasar yang bertekanan tinggi, seperti pasar mata uang kripto. Rencana trading dapat memandu Anda ketika kehilangan arah atau terlalu emosional untuk membuat keputusan rasional, serta memungkinkan Anda melacak dan menganalisis trade sebelumnya untuk rujukan pada masa mendatang.

Setelah Anda mengetahui alasan rencana trading mata uang itu penting, kini waktunya untuk mempelajari cara membuat rencana tersebut.

1991-01.png

Langkah 1: menentukan tujuan dan sasaran trading Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat rencana trading mata uang kripto adalah menentukan tujuan Anda. Langkah ini mungkin terlihat berlebihan bagi sebagian trader, tetapi trader yang belum berpengalaman sering kali melewatinya karena ingin mendapatkan uang secepat mungkin. Namun, tanpa tujuan yang jelas, sulit untuk menentukan waktu yang tepat untuk menutup trade, yang menyebabkan trader kehilangan peluang yang baik untuk menutup trade.

Jadi, sebelum mulai membuat rencana trading, pikirkan apa yang ingin Anda dapatkan dari trading. Apakah Anda ingin fokus pada trading jangka panjang dengan imbal hasil yang lebih tinggi? Atau, apakah Anda ingin trading setiap hari dengan hasil yang rendah, tetapi hasilnya lebih sering? Apakah Anda lebih menyukai instrumen keuangan berisiko rendah, atau siap untuk menanggung risiko yang lebih tinggi? Berapa ekspektasi profit mingguan, bulanan, dan tahunan Anda?

Semua pertanyaan ini memerlukan pertimbangan yang matang karena seluruh rencana trading bergantung pada jawaban Anda.

Langkah 2: menggunakan analisis fundamental dan teknis

Trading hanya mungkin dilakukan dengan menganalisis pasar untuk mencari potensi peluang trading. Ada banyak sumber, alat, dan indikator yang dapat membantu Anda mendapatkan informasi penting tentang kondisi pasar saat ini. Tidak perlu menggunakan semuanya secara bersamaan, tetapi Anda harus mengetahui prinsip-prinsip umum analisis fundamental dan teknis.

Analisis fundamental meneliti faktor-faktor yang memengaruhi pergerakan pasar. Terkait trading kripto, faktor-faktor tersebut mencakup metrik blockchain, jumlah kripto yang di-stake, tingkat hash, dsb. Dengan menganalisis informasi ini, Anda dapat menentukan nilai sebuah mata uang kripto, mengetahui mata uang sedang undervalued atau overvalued, dan memutuskan untuk memperdagangkannya atau tidak.

Analisis teknis meneliti pergerakan harga saat ini melalui grafik harga dan membandingkannya dengan data historis pasar. Salah satu prinsip dasar analisis teknis adalah bahwa sejarah selalu berulang. Jadi, berdasarkan akumulasi catatan pergerakan harga sebelumnya, Anda dapat membuat perkiraan pergerakan harga.

Terdapat beragam indikator berdasarkan analisis teknis yang mengukur berbagai parameter: indikator volume, indikator tren, indikator momentum, indikator support/resistance, dsb. Anda harus mengetahui cara menggunakan berbagai indikator ini untuk mengumpulkan data yang komprehensif untuk rencana trading Anda.

Langkah 3: memilih mata uang kripto yang akan diperdagangkan dan menentukan ukuran posisi

Setelah memahami cara menggunakan analisis fundamental dan teknis, Anda dapat memilih mata uang kripto yang ingin diperdagangkan. Ada dua hal pokok yang perlu Anda pertimbangkan dalam trading mata uang kripto:

  1. Tren pasar. Preferensi Anda terkait arah pergerakan harga akan menentukan aset yang harus Anda perdagangkan. Apakah Anda lebih suka menjadi bull atau bear? Selain itu, jangan lupakan tentang kekuatan tren. Saat membuat rencana trading, Anda perlu mempertimbangkan kekuatan trennya, akan berlanjut atau berbalik.
  2. Volatilitas. Mata uang kripto terkenal dengan volatilitasnya. Mempelajari volatilitas mata uang kripto dapat membantu Anda lebih memahami peluang keberhasilan saat Anda memperdagangkannya.

Setelah membuat keputusan, Anda harus menentukan ukuran trade. Salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan oleh para trader pemula adalah menggunakan seluruh dana mereka ke dalam satu transaksi. Itu sebabnya sangat penting untuk memutuskan ukuran posisi sejak awal. Dengan cara ini, Anda akan lebih mampu menahan diri untuk tidak membuka posisi yang besar dan meningkatkan risiko.

Langkah 4: menetapkan titik masuk dan keluar

Langkah logis berikutnya adalah menghitung titik masuk dan keluar untuk trade mata uang kripto Anda. Di sinilah keterampilan analisis teknis Anda akan sangat berguna karena Anda harus mengamati grafik harga untuk menemukan peluang. Namun, sebelum memutuskan untuk membuka trade, Anda harus memastikan titik keluarnya lebih dulu. Tanpa memikirkan potensi titik keluar, akan sulit untuk mengetahui waktu yang tepat untuk berhenti.

Jika Anda melihat potensi pembukaan, cari level untuk menempatkan target profit. Anda dapat memilih level harga yang diakhiri dengan angka bulat (seperti $90) atau dinaikkan dengan persentase bulat (seperti 10%). Hal terpenting untuk diingat adalah agar tetap rasional. Jika titik keluarnya terlalu tinggi, Anda berisiko tidak akan pernah mencapainya dan kehilangan peluang bagus lainnya.

Untuk titik masuk, Anda harus mencari sinyal masuk pada grafik. Jika sudah menemukan sinyal masuk dan melihat potensi titik keluar, Anda dapat membuka posisi. Namun, jangan memberikan batasan atau aturan terlalu banyak pada titik masuk karena dapat membuat Anda kehilangan peluang trading yang bagus.

Langkah 5: menyusun strategi manajemen risiko

Secara umum, bagian terpenting dari sebuah rencana trading adalah menyusun strategi manajemen risiko. Mengingat sifat mata uang kripto yang volatil, memiliki rencana manajemen risiko yang menyeluruh sering kali menjadi kunci keberhasilan.

Dalam manajemen risiko, Anda harus memutuskan lebih dulu modal trading Anda. Seberapa banyak kerugian dana yang siap Anda tanggung? Biasanya, disarankan untuk tidak mempertaruhkan lebih dari 5% modal Anda dalam satu trade, khususnya dalam trading kripto.

Selanjutnya adalah menempatkan order stop-loss. Order ini dapat menutup posisi Anda jika harga mencapai level tertentu. Dengan demikian, meskipun tidak mendapatkan profit dari trading, Anda juga tidak akan kehilangan banyak karena order stop-loss membatasi jumlah potensi kerugian. Menggunakan order take-profit atau limit order saat merencanakan titik keluar juga dapat membantu Anda karena order ini secara otomatis akan menutup trade Anda.

Langkah 6: menjalankan dan memantau rencana trading Anda

Setelah menyelesaikan persiapan awal, tiba saatnya untuk menjalankan rencana trading Anda. Untuk permulaan, sebaiknya uji rencana Anda pada trade kecil untuk melihat kesuksesannya dalam situasi trading nyata. Jika tidak ada masalah, Anda dapat menggunakannya untuk trade yang lebih besar.

Dalam rencana trading, sangat penting untuk mengikuti aturan yang telah Anda buat untuk diri sendiri. Trading mata uang kripto itu penuh tekanan, dan sering kali sulit untuk tetap tenang ketika berhadapan dengan pasar yang volatil. Dalam situasi seperti ini, rencana trading dapat mengarahkan dan membantu Anda untuk tetap fokus pada tujuan. Namun, hal itu hanya dapat terjadi jika Anda mengikutinya tanpa membiarkan emosi mengalihkan perhatian Anda.

Hal lain yang perlu diingat adalah meskipun sudah membuka order trade untuk menutup posisi secara otomatis, Anda tetap harus memantau trade dan rencana trading Anda. Trading kripto bersifat volatil, dan lonjakan harga dapat sangat ekstrem serta melewati order Anda tanpa memicunya. Oleh karena itu, pantau terus trade Anda untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Langkah 7: mengevaluasi dan menyesuaikan rencana jika diperlukan

Tidak ada yang 100% sempurna di dunia ini. Wajar jika terdapat kekurangan pada awal rencana trading Anda. Anda selalu dapat menyesuaikan atau membuangnya dan membuat rencana baru. Pilihan ada di tangan Anda, dan satu-satunya yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan rencana trading Anda menghasilkan profit. Membuat catatan trading merupakan cara terbaik untuk menganalisis efisiensi rencana Anda. Selama Anda berusaha untuk meningkatkan dan terus mengembangkan keterampilan, Anda berpeluang besar untuk menjadi trader yang sukses.

Kesimpulan: manfaat rencana trading mata uang kripto yang komprehensif

Trading mata uang kripto dapat menghasilkan profit yang besar, tetapi juga dapat membuat Anda terlilit utang jika tidak berhati-hati dalam trading. Memiliki rencana trading mata uang kripto dapat membantu Anda meningkatkan keterampilan trading, mempelajari cara membuat keputusan yang tepat, menjaga trading tetap teratur dan profit tetap stabil, serta mengajari Anda cara menghadapi pergerakan pasar yang tak terduga. Jangan menunda membuat rencana trading jika Anda ingin memaksimalkan setiap peluang trading yang datang.

  • 746

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera