1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Cara Trading Logam Mulia
Diperbarui • 2023-05-16

Cara Trading Logam Mulia

CREATIVE-818_Precious_Metals_1200x675_cover.png

Saham tumbuh karena peningkatan profit perusahaan. Kripto bergerak terutama disebabkan oleh perubahan keseimbangan antara penawaran-permintaan. Mata uang bergerak saat negara-negara menyelesaikan beberapa masalah dan menciptakan masalah lainnya. Di antara aset-aset ini, ada logam yang terpengaruh oleh semua itu, ditambah beberapa faktor lain. Artikel baru kami ini akan membahas tentang trading logam mulia, pro, kontra, tip, dan triknya!

Dalam beberapa menit ke depan, kami akan mengungkap faktor-faktor fundamental yang memengaruhi harga logam mulia. Anda akan belajar kapan harus membeli emas, dan mengapa terkadang perak lebih baik. Apa perbedaan antara ketidakpastian ekonomi dan resesi serta apakah kenaikan suku bunga memengaruhi emas secara negatif? Semua jawabannya ada di sini!

Poin-poin Utama

  1. Logam mulia adalah komoditas langka dan bernilai tinggi yang digunakan dalam perhiasan, manufaktur, dan investasi. Logam ini meliputi emas, perak, platinum, dan paladium.
  2. Logam dasar, juga dikenal sebagai logam industri, biasanya digunakan sebagai bahan baku dalam produksi berbagai barang dan produk. Logam ini kurang berharga dan tidak selangka logam mulia.
  3. Harga logam mulia bergantung pada penawaran dan permintaan, termasuk ketidakpastian ekonomi, hasil industri, dan peristiwa ekonomi makro.
  4. Emas adalah salah satu aset paling populer dan berharga di dunia, dan memiliki korelasi negatif dengan dolar AS.
  5. Platinum dan paladium sama-sama penting untuk industri manufaktur mobil dan cenderung turun seiring dengan menurunnya permintaan global untuk mobil.

Apa saja jenis-jenis logam?

Secara umum, logam dapat dibagi menjadi dua kategori: logam mulia dan logam dasar. Logam-logam ini berbeda dalam berbagai faktor, termasuk daya tahan terhadap korosi, kelangkaan, dan kasus penggunaan. Di antara logam mulia, ada emas, perak, platinum, dan paladium. Logam dasar meliputi tembaga, seng, timbal, nikel, dan lainnya.

Apa itu logam mulia?

Logam mulia adalah unsur langka yang terbentuk secara alami, yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena kelangkaannya serta sifat fisik dan kimianya yang unik. Logam jenis ini termasuk emas, perak, platinum, dan paladium, dan banyak digunakan sebagai investasi, mata uang, dan di berbagai industri karena stabilitas dan nilainya yang tinggi.

Logam mulia tidak teroksidasi dan tidak terkena korosi, terlihat berkilau, dan sejak lama banyak digunakan sebagai uang. Bersama FBS, Anda dapat memperdagangkan setiap logam mulia yang populer.

Apa itu logam dasar?

Logam dasar, juga dikenal sebagai logam industri, biasanya digunakan sebagai bahan baku dalam produksi berbagai barang dan produk. Logam ini termasuk tembaga, aluminium, nikel, timah, dan seng, nilainya kurang berharga dan kurang langka jika dibandingkan dengan logam mulia.

Logam industri banyak digunakan karena harganya yang rendah dan banyak tersedia. Namun, logam ini tetap dapat memengaruhi perekonomian negara. Misalnya, Indonesia memiliki 22% cadangan nikel dunia, membuat negara ini jauh lebih kuat secara ekonomi daripada sebelum ditemukannya nikel di sana.

Apa saja logam mulia yang dapat diperdagangkan?

Dengan FBS, Anda dapat memperdagangkan keempat logam dari daftar ini. Selain itu, tersedia lebih banyak pasangan trading untuk semua kebutuhan sehingga Anda dapat menemukan logam mulia yang cocok untuk diperdagangkan kapan saja.

Emas

Siapa yang tidak suka trading emas? Sejauh ini, emas adalah salah satu aset paling populer di dunia, dan salah satu yang paling bernilai, dengan kapitalisasi lebih dari $12 triliun. Biasanya, emas dan USD memiliki korelasi negatif. Artinya harga logam ini bergerak turun saat dolar AS naik, dan sebaliknya. Dahulu pernah digunakan sebagai mata uang, sekarang emas dapat ditemukan dalam cip untuk jutaan perangkat.

Anda dapat memilih dari berbagai pasangan emas di FBS, dari XAUUSD yang klasik (emas vs. dolar AS) hingga alternatifnya seperti XAUEUR, XAUGBP, atau XAUAUD.

Perak

Ini adalah logam putih yang memiliki banyak kegunaan di berbagai industri, seperti elektronik, perhiasan, dan koin. Perak banyak diperdagangkan di berbagai bursa dan populer di kalangan investor karena harganya relatif rendah dan memiliki volatilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas.

Nilai perak sering dianggap terlalu rendah (undervalued) karena tumbuh lebih lambat dari emas. Faktor-faktor seperti permintaan industri dan peristiwa ekonomi makro dapat memengaruhi harganya.

Platinum

Platinum adalah logam langka dan berharga yang digunakan dalam berbagai penerapan, termasuk perhiasan dan konverter katalitik, yang mencapai 50% dari permintaan dan membantu perusahaan mengurangi asap beracun di udara. Ini adalah salah satu logam paling langka di dunia dan sering diperdagangkan dengan harga lebih tinggi daripada logam mulia lainnya.

Paladium

Paladium digunakan terutama di industri otomotif dan elektronik. Logam putih keperakan yang berkilau ini berasal dari tambang yang berlokasi di Amerika Serikat, Rusia, Afrika Selatan, dan Kanada. Paladium 30 kali lebih langka daripada emas, dan banyak digunakan dalam produksi energi hijau.

Biasanya, harga paladium paling terpengaruh oleh industri otomotif karena, bersama dengan platinum, logam ini digunakan dalam konverter katalitik.

Apa yang memengaruhi harga logam mulia?

Singkatnya, harga setiap aset bergantung pada penawaran dan permintaan. Jika ada negara yang menemukan deposit platinum yang sangat besar, harganya mungkin turun karena pasar mulai memperhitungkan kenaikan pasokan. Di sisi lain, resesi global dapat menurunkan permintaan mobil dan konverter katalitik sehingga menekan harga platinum dan paladium. Berikut beberapa faktor lain yang mendorong harga:

Ketidakpastian ekonomi

Untuk lebih memahami dinamika harga logam pada masa krisis, sebaiknya Anda mengetahui bahwa USD bergerak melawan emas. Saat USD naik, emas akan turun, dan sebaliknya. Perak adalah versi emas yang lebih volatil.

{81CE2C72-958C-4191-AAB8-B09708EDD3A0}.png.jpg

Korelasi dari emas dan Suku Bunga Antar Bank (Fed Fund Rate)

Platinum dan paladium sama-sama penting untuk produsen mobil, oleh karena itu, keduanya cenderung turun seiring dengan menurunnya permintaan global untuk mobil.

Hasil industri

Ini merupakan hasil produksi (output) dari perusahaan industri dan mencakup sektor-sektor seperti pertambangan, manufaktur, listrik, gas, uap, dan AC. Sederhananya, semakin banyak hasil industri, semakin baik.

Produksi yang lebih besar tidak selalu berarti permintaan barang yang lebih besar. Namun, ketika kedua hal ini digabungkan, harga hampir selalu naik. Meski demikian, hasil yang lebih besar (karena produksi yang lebih murah) dapat membanjiri pasar, membuat sisi permintaan melemah, dan mendorong harga turun. Emas tidak terpengaruh oleh perubahan hasil industri karena emas terutama digunakan sebagai instrumen penyimpan nilai (store of value). Tidak banyak emas yang digunakan untuk membuat cip.

Paladium dan platinum berada di bawah pengaruh yang lebih berat karena keduanya terutama digunakan untuk produksi barang.

Kekuatan dolar

Mengapa USD melambung? Karena ketika Fed menaikkan suku bunga, uang menjadi lebih mahal. Sederhananya, suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan imbal hasil simpanan dan bunga pinjaman. Dengan demikian, banyak orang dan perusahaan memperlambat pengeluaran dan mencoba menghemat lebih banyak uang untuk masa depan. Perekonomian melambat, dan mata uang menjadi lebih mahal, meningkat terhadap mata uang lainnya. Semua itu menciptakan tekanan harga pada emas, menjadikannya lebih rendah saat Fed melawan inflasi.

Berikut adalah cara kerjanya:

  1.  Imbal hasil obligasi AS naik → permintaan USD naik → USD naik.
  2. Ketika USD naik, emas (XAU) turun (ini berasal dari masa Standar Emas dan bertahan bahkan sampai sekarang).
  3. Pasokan emas tidak meningkat secepat permintaan. Selain itu, inflasi tidak mencapai nol, membuat USD melemah seiring berjalannya waktu.
  4.  Jadi, meski emas turun selama bertahun-tahun, nilainya akan tetap naik dalam jangka panjang.

Sedangkan untuk logam lain, situasinya agak berbeda. Platinum dan paladium tidak terlalu terpengaruh oleh USD, jadi pergerakannya didorong oleh faktor lain.

Suku bunga

Berikut adalah satu contoh agar Anda dapat memahaminya dengan cepat. Tanggal 2 November 2022: Bank Sentral AS menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin, menciptakan pergerakan tren naik yang besar untuk USD. Emas turun 4.000 poin selama beberapa jam berikutnya.

Ketika Fed mengetatkan ekonomi (hawkish), hal ini mendorong USD naik, membuat emas melemah. Perak biasanya mengalami kenaikan yang cukup lama ketika Fed mempertahankan suku bunga mendekati nol, membuatnya agak mirip dengan emas.

{0EE18F1D-C013-4523-8C4D-C5CDD02FF0D1}.png.jpg

Korelasi perak dan suku bunga antar bank (Fed Fund Rate)

Meski paladium dan platinum tidak terlalu terpengaruh oleh hal ini, tetapi fluktuasi ekonomi secara keseluruhan masih berdampak pada kedua logam ini.

Pelonggaran kuantitatif

Istilah “Pelonggaran kuantitatif” sering dijuluki dengan nama lain yang lebih sederhana, yaitu “Pencetakan uang”. Fed menciptakan lebih banyak uang di pasar sehingga memudahkan perusahaan untuk mendapatkan modal. Sebaliknya, kebijakan moneter ini mempercepat inflasi.

Logam mulia melonjak ketika permintaan untuk logam ini meningkat. Selain itu, logam mulia cenderung menyukai inflasi dan naik ketika harga-harga naik. Emas dan perak adalah penggemar inflasi sejati, sedangkan platinum dan paladium lebih merupakan jenis logam mulia untuk produksi industri. Pelonggaran kuantitatif memiliki dampak bullish pada semua pasar berisiko, termasuk saham, mata uang kripto, dan logam.

{71747DB0-2DBA-4E0F-953E-BE81A59CB301}.png.jpg

Pasokan uang M0 AS. Emas naik 41% saat mesin pencetak uang mulai bekerja pada tahun 2023.

Rangkuman trading logam mulia

Kami telah memberi tahu Anda hampir semua yang perlu diketahui tentang trading logam mulia. Sekarang, Anda tahu faktor-faktor yang mempengaruhi harga logam mulia termasuk ketidakpastian ekonomi, hasil industri, pergerakan USD, suku bunga, dan kebijakan pelonggaran moneter (dovish).

Logam mulia menawarkan peluang trading yang unik bagi mereka yang mencari jenis pergerakan harga tertentu. Dengan memahami alasan di balik naik-turunnya logam, trader dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang pergerakan instrumen ini pada masa mendatang.

Ubah pengetahuan menjadi kesuksesan bersama FBS dengan membuat akun dan memperdagangkan setiap logam mulia dari artikel ini. Anda bahkan dapat memilih pasangan emas dan perak alternatif seperti XAUGBP (Emas-pound Inggris) dan XAGEUR (Perak-euro). Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda, terima kasih!

  • 1147

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera