1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Cara Trading dengan ChatGPT. Kiat dan Trik Trading AI
Diperbarui • 2023-07-20

Cara Trading dengan ChatGPT. Kiat dan Trik Trading AI

cover.jpg

Kecerdasan buatan dan trading – pasangan yang sempurna

Dunia trading telah mengalami transformasi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan teknologi baru, trader kini dapat menganalisis tren pasar dan membuat keputusan yang tepat dengan lebih mudah dan cepat. Salah satu teknologi utama yang telah merevolusi trading adalah Kecerdasaran Buatan (AI). Ini telah memungkinkan trader memproses data dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien, yang menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan peningkatan profitabilitas.

Manfaat trading dengan AI meliputi peningkatan efisiensi dan kecepatan, akses ke informasi pasar secara real time, prediksi yang lebih akurat, dan minimalisasi kesalahan manusia:

  • AI dapat memproses data secara real time dalam jumlah besar, memberikan informasi dan wawasan pasar terkini kepada trader. Dengan demikian, trader dapat membuat keputusan yang tepat dengan cepat, mengurangi jeda waktu antara pergerakan pasar dan keputusan trading.
  • Dengan menggunakan data yang disediakan AI, trader dapat mengidentifikasi tren dan pola yang mungkin akan terlewatkan.
  • Kemampuan chatbot untuk memproses dan menganalisis data dalam jumlah besar membuatnya mampu menghasilkan prediksi dan wawasan pergerakan pasar yang akurat. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk menyesuaikan strategi trading Anda.
  • Chatbot AI dapat membantu trader mengurangi kesalahan dengan memberikan rekomendasi yang objektif dan berbasis data. Selain itu, chatbot AI juga dapat menganalisis dan belajar dari keputusan trading masa lalu, memberikan rekomendasi yang lebih akurat dan andal dari waktu ke waktu.

Chatbot AI dalam trading sehari-hari

Jadi, bagaimana cara kerja chatbot AI dalam situasi sehari-hari? Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan ChatGPT untuk trading:

Pengenalan pola

Trader dapat menggunakan ChatGPT untuk mengidentifikasi pola dan tren pasar dengan menganalisis data historis. Ini dapat membantu trader membuat keputusan trading yang lebih tepat dan meningkatkan profitabilitas.

Manajemen risiko

ChatGPT dapat memberi trader wawasan tentang potensi risiko dan peluang yang ada di pasar. Trader dapat menggunakan informasi ini untuk mengelola risiko dengan lebih efektif dan menyesuaikan strateginya.

Analisis berita

ChatGPT dapat menganalisis artikel berita dan konten medsos untuk mengidentifikasi sentimen dan potensi peristiwa yang dapat menggerakkan pasar. Trader dapat memanfaatkan informasi ini untuk mengikuti perkembangan pasar dan melakukan trading tepat waktu.

Optimalisasi portofolio

ChatGPT dapat membantu trader mengoptimalkan protofolionya dengan mengidentifikasi peluang investasi yang paling menjanjikan dan meminimalkan paparan risiko. Trader dapat menggunakan informasi ini untuk membuat portofolio yang lebih terdiversifikasi dan menguntungkan.

Otomatisasi trading

ChatGPT dapat diintegrasikan dengan platform trading untuk mengotomatiskan trade berdasarkan data dan analisis pasar real-time. Hal ini dapat membantu trader memanfaatkan peluang pasar dengan lebih cepat dan efisien.

1903-02.jpg

Menggunakan chatbot AI untuk trading: panduan lengkap

1. Memilih chatbot yang tepat

Langkah pertama dalam menggunakan AI untuk trading adalah memilih chatbot yang tepat. Trader harus mencari chatbot yang dirancang khusus untuk trading dengan rekam jejak yang terbukti berhasil.

Banyak chatbot yang tersedia khusus untuk trading, dan chatbot yang tepat untuk trading akan tergantung pada kebutuhan dan strategi trading spesifik Anda.

Faktor utama yang harus dipertimbangkan:

  • Kegunaan. Chatbot harus memiliki kegunaan yang dibutuhkan untuk strategi trading Anda, seperti data pasar real time, trading otomatis, dan notifikasi khusus.
  • Kemudahan penggunaan. Chatbot harus mudah digunakan dan dinavigasi, dengan antarmuka sederhana yang memungkinkan Anda mengakses informasi yang diperlukan dengan cepat.
  • Kustomisasi. Chatbot harus memungkinkan kustomisasi agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi trading pribadi Anda.
  • Integrasi. Chatbot harus dapat diintegrasikan dengan platform trading atau bursa yang digunakan sehingga Anda dapat mengeksekusi trading langsung dari chatbot.
  • Keandalan. Chatbot harus dapat diandalkan dan mampu menangani lalu lintas dan data dalam jumlah besar.

Pilihan chatbot yang populer:

  • TradeSanta. Chatbot ini dirancang untuk trading otomatis di bursa mata uang kripto dan memungkinkan kustomisasi strategi trading.
  • 3commas. Chatbot ini menawarkan trading otomatis, notifikasi khusus, dan beragam alat dan indikator trading.
  • Haasbot. Chatbot ini menawarkan trading otomatis dan alat backtest serta memungkinkan kustomisasi strategi trading.
  • Zignaly. Chatbot ini menawarkan trading otomatis, notifikasi khusus, dan berbagai alat dan indikator trading, serta terintegrasi dengan berbagai bursa mata uang kripto.

Pada akhirnya, chatbot yang tepat untuk trading akan tergantung pada kebutuhan dan strategi trading spesifik Anda sehingga penting untuk meneliti dan memilih chatbot yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Melatih chatbot agar sesuai dengan kebutuhan trading

Setelah memilih chatbot, trader harus melatihnya agar sesuai dengan kebutuhan trading spesifiknya. Latihan ini dapat mencakup memberikan informasi kepada chatbot tentang preferensi trading, toleransi risiko, dan tujuan investasi.

3. Menyiapkan chatbot untuk trading

Selanjutnya, trader harus menyiapkan chatbot untuk trading dengan menghubungkannya ke akun trading yang bersangkutan dan mengonfigurasinya untuk menerima data dan analisis pasar.

4. Berinteraksi dengan chatbot dan menerima wawasan trading

Selanjutnya, trader dapat berinteraksi dengan chatbot dengan mengajukan pertanyaan dan menerima wawasan trading. ChatGPT dapat memberi trader data pasar real time, analisis, dan rekomendasi berdasarkan riwayat dan preferensi trading trader.

5. Menggabungkan rekomendasi chatbot dengan strategi trading

Terakhir, trader harus menggabungkan rekomendasi chatbot dengan strategi trading-nya sendiri. ChatGPT dapat memberi trader wawasan yang berharga tentang pergerakan pasar, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan strategi trading dan membuat keputusan trading yang lebih tepat.

Risiko dan keterbatasan menggunakan chatbot AI dalam trading

Ketergantungan teknologi yang berlebihan

Salah satu risiko terbesar menggunakan chatbot AI dalam trading adalah ketergantungan yang berlebihan pada teknologi. Meskipun dapat memberikan wawasan berharga tentang pergerakan pasar, trader tidak boleh bergantung hanya pada chatbot dalam membuat keputusan trading.

Masalah dan gangguan teknis

Risiko lain menggunakan chatbot AI dalam trading adalah masalah dan gangguan teknis. Chatbot dapat mengalami masalah atau gangguan teknis, yang memengaruhi akurasi dan keandalannya.

Keterbatasan ketersediaan data yang akurat

Ketersediaan data yang akurat adalah keterbatasan lainnya saat menggunakan AI dalam trading. Chatbot mengandalkan data untuk menghasilkan wawasan dan rekomendasi, dan ketersediaan data yang akurat dapat menjadi tantangan di beberapa pasar.

Masalah privasi dan keamanan

Terakhir, masalah privasi dan keamanan terkait penggunaan chatbot AI dalam trading. Trader harus memastikan akun trading dan informasi pribadinya aman saat menggunakan chatbot.

Bagaimana analis FBS menggunakan chatbot AI?

Analis FBS, sama seperti klien FBS, berkembang setiap hari dan berusaha meningkatkan keterampilan dan hasil trading yang dimilikinya. Berikut adalah tiga wawasan yang dapat membuat perbedaan nyata saat Anda trading.

1. Buat strategi trading

Misalkan Anda memiliki dua indikator yang ingin digunakan, tetapi Anda ingin mengetahui cara menggabungkannya ke dalam strategi trading. ChatGPT dapat memecahkan masalah ini.

Berikut adalah dialognya:

Analis FBS: Hai, chat! Tolong berikan contoh strategi trading yang menggabungkan MA periode 200 hari dan RSI.

ChatGPT: Tentu, berikut adalah contoh strategi trading yang menggabungkan moving average (MA) periode 200 hari dan Indeks Kekuatan Relatif (RSI):

Identifikasi tren menggunakan MA periode 200 hari. Tren akan bullish jika harga di atas MA periode 200 hari. Tren dianggap bearish jika harga di bawah MA periode 200 hari.

Gunakan RSI untuk mengonfirmasi kondisi jenuh beli atau jenuh jual. Angka RSI di atas 70 mengindikasikan kondisi jenuh beli, sedangkan angka RSI di bawah 30 mengindikasikan kondisi jenuh jual.

Cari sinyal bullish ketika tren bullish, dan RSI jenuh jual. Sinyal bullish dihasilkan ketika harga melintasi MA periode 200 hari dan RSI di bawah 30, yang mengindikasikan potensi pembalikan tren.

Cari sinyal bearish ketika tren bearish, dan RSI jenuh beli. Sinyal bearish dihasilkan ketika harga melintas di bawah MA periode 200 hari dan RSI di atas 70, yang mengindikasikan potensi pembalikan tren.

Gunakan order stop-loss untuk membatasi kerugian jika trade tidak menguntungkan Anda.

Gunakan target profit untuk take profit jika trade menguntungkan.

Analis FBS: Di mana saya harus menempatkan stop loss jika menggunakan strategi ini?

ChatGPT: Penempatan stop loss saat menggunakan strategi ini tergantung pada toleransi risiko Anda, volatilitas pasar, dan tujuan trading. Umumnya, stop loss ditempatkan di bawah titik terendah ayunan saat ini dalam trade bullish dan di atas titik tertinggi ayunan saat ini dalam trade bearish. Hal ini akan membantu membatasi kerugian jika pasar bergerak melawan posisi Anda.

Dalam strategi ini, jika ingin membuka posisi beli setelah sinyal bullish muncul, Anda dapat menempatkan stop loss di bawah titik terendah swing saat ini atau di bawah MA periode 200 hari, tergantung mana yang lebih rendah di antara keduanya. Jika ingin membuka posisi jual setelah sinyal bearish muncul, Anda dapat menempatkan stop loss di atas titik swing tertinggi saat ini atau di atas MA-200, tergantung mana yang lebih tinggi di antara keduanya.

Menarik, bukan? Setelah 30 detik, ChatGPT menyajikan strategi trading dengan indikator favorit Anda dan menyarankan penempatan order stop loss yang paling ideal. Anda dapat menambahkan dua atau tiga indikator lain, rasio risiko-imbalan, dan data lainnya agar AI memberikan jawaban yang lebih terperinci.

2. Buat bot trading

Setelah membuat dan menguji strategi trading, kita perlu mengotomatiskannya dan membuat bot trading pertama kita. Anda dapat membuat bot trading untuk MT4 atau MT5 menggunakan bahasa MQL4 atau MQL5. Paparkan strategi Anda sejelas mungkin dan pilih bahasa pemrograman. Dalam contoh kita, kita akan menggunakan strategi dari paragraf sebelumnya.

2 (3).png

Setelah ChatGPT membuat kode untuk bot kita, sangat penting untuk menguji kode tersebut sebelum digunakan dalam akun riil. Namun, bukankah ini alat yang bagus untuk masuk ke ceruk EA tanpa pengetahuan pemrograman?

3. Ajukan banyak pertanyaan

Kami menyarankan Anda untuk memperlakukan ChatGPT sebagai teman yang berpengalaman dengan pengetahuan trading paling luas di dunia. Mengajukan pertanyaan kepada ChatGPT akan menghemat waktu dan memungkinkan Anda mendapatkan jawaban terperinci dalam waktu sesingkat mungkin sehingga meningkatkan kecepatan dan level pembelajaran Anda.

Misalnya, kapan waktu yang tepat untuk trading XAUUSD? Tanyakan kepada bot, dan Anda akan mendapatkan jawaban yang bagus:

3.png

Ingat bahwa jawaban yang diberikan bahkan dapat lebih akurat jika, misalnya, Anda menyertakan gaya trading Anda. Silakan coba, dan bagikan hasil yang Anda peroleh di kolom komentar!

Kesimpulan

AI adalah alat yang sangat bagus yang dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi dan akurasi trading. Ia dapat menyajikan data pasar, analisis, dan rekomendasi secara real time, yang mengarah pada hasil trading yang lebih baik dan peningkatan profitabilitas.

Namun, terdapat sejumlah risiko dan keterbatasan terkait dengan penggunaan chatbot dalam trading, seperti ketergantungan teknologi yang berlebihan, masalah teknis, keterbatasan data yang akurat, dan persoalan privasi dan keamanan.

  • 4249

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera