1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Perusahaan Paling Bernilai di Dunia Tahun 2023
Diperbarui • 2023-07-26

Perusahaan Paling Bernilai di Dunia Tahun 2023

cover.png

Dalam situasi ekonomi global yang terus berkembang, beberapa perusahaan terus mendominasi dan menonjol karena kinerja dan nilai pasar mereka yang luar biasa. Mari jelajahi perusahaan-perusahaan paling bernilai di dunia tahun 2023 dan dampaknya terhadap dunia keuangan. Artikel ini menyoroti 10 perusahaan paling bernilai di dunia, memberikan wawasan tentang kekayaan bersih, kapitalisasi pasar, dan kontribusi mereka terhadap ekonomi global.

Para Raksasa Industri

  1. Apple Inc. (APPLE)

    Apple Inc., yang terkenal dengan produk revolusioner dan teknologi terobosannya, menduduki posisi puncak dalam daftar perusahaan paling bernilai di dunia. Dengan kekayaan bersih lebih dari $62,158 miliar dan kapitalisasi pasar sekitar $2,941 triliun, Apple terus memikat konsumen dengan iPhone, iPad, Mac, dan banyak lagi produk ikonik lain. Untuk mempelajari potensi trading saham APPLE, kunjungi halamannya di FBS.com.

  2. Microsoft Corp. (MICROSOFT)

    Microsoft Corp. adalah nama yang sudah tidak asing lagi di industri teknologi. Microsoft terus mendominasi pasar dengan kekayaan bersih sekitar $194,683 miliar dan kapitalisasi pasar sekitar $2,559 triliun. Kesuksesan perusahaan ini dapat dikaitkan dengan berbagai macam perangkat lunak, perangkat keras, dan layanannya. Untuk menambahkan saham MICROSOFT ke portofolio Anda, kunjungi halaman ini.

  3. Saudi Aramco (2222.SR)

    Saudi Aramco, perusahaan minyak dan gas bumi multinasional Arab Saudi, menempati posisi penting di antara perusahaan-perusahaan paling bernilai di dunia. Dengan kekayaan bersih sekitar $161,1 miliar dan kapitalisasi pasar sebesar $2,093 triliun, Saudi Aramco benar-benar merupakan perusahaan kelas berat di industri ini.

  4. Alphabet Inc. (GOOGLE)

    Perusahaan induk Google, Alphabet Inc., telah memantapkan dirinya sebagai raksasa teknologi dengan kekayaan bersih sebesar $260,894 miliar dan kapitalisasi pasar sekitar $1,569 triliun. Klik di sini untuk trading saham Google yang memiliki nilai dan pengaruh signifikan di pasar.

  5. Amazon.com Inc. (AMAZON)

    Amazon.com Inc., lokapasar (marketplace) online terbesar di dunia, telah mengubah industri ritel dan mencapai kekayaan bersih sekitar $154,526 miliar dan kapitalisasi pasar lebih dari $1,335 triliun. Amazon.com Inc. telah membangun kekayaan dan dominasi pasar yang cukup besar dan berniat untuk menjadi lebih kuat karena dampak virus corona dan naiknya popularitas layanan online. Cobalah saham AMAZON yang populer sekarang.

  6. NVIDIA Corp. (NVIDIA)

    Produsen teknologi unit pemrosesan grafis (GPU) dan kecerdasan buatan (AI) terkemuka, NVIDIA Corp, mengalami pertumbuhan yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, kekayaan bersihnya adalah $24,520 miliar, dan kapitalisasi pasarnya sekitar $1,081 triliun. Inovasi gaming, pusat data, dan kendaraan otomatis NVIDIA telah memberikan kontribusi terhadap nilainya yang substansial. Jelajahi peluang trading dengan saham NVIDIA di sini.

  7. Tesla Inc. (TESLA)

    Tesla Inc., produsen pelopor kendaraan listrik, telah mendisrupsi industri otomotif dengan teknologi mutakhir dan visi yang berkelanjutan. Dengan kekayaan bersih sekitar $48,828 miliar dan kapitalisasi pasar lebih dari $838,68 miliar, Tesla Inc. adalah perusahaan yang perlu diperhatikan. Miliki saham TESLA sebelum Elon Musk membuat harganya kembali bergejolak.

  8. Berkshire Hathaway Inc. (BRK.A)

    Berkshire Hathaway Inc., yang dipimpin oleh investor legendaris Warren Buffett, adalah konglomerat dengan beragam bisnis yang mencakup asuransi, kereta api, utilitas, dan barang-barang konsumen. Kepemilikan saham Berkshire Hathaway yang beragam berkontribusi pada nilainya yang substansial, dengan kekayaan bersih sebesar $513,077 miliar dan kapitalisasi pasar lebih dari $736,60 miliar. Kapitalisasi pasarnya telah meningkat 7,05% dalam satu tahun.

  9. Meta Platforms Inc. (FACEBOOK)

    Meta Platforms Inc., yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, telah merevolusi cara orang terhubung dan berinteraksi di seluruh dunia. Meta tetap menjadi perusahaan yang bernilai dan berpengaruh dengan kekayaan bersih sebesar $124,795 miliar dan kapitalisasi pasar sekitar $730,07 miliar. Penasaran ingin trading? Cobalah di sini.

  10. Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. Ltd. (TSMС)

    Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. Ltd. (TSMC) memegang posisi penting dalam industri semikonduktor. Sebagai produsen utama chip canggih untuk berbagai perangkat elektronik, TSMC memiliki kekayaan bersih sebesar $101,756 miliar dan kapitalisasi pasar lebih dari $534,87 miliar, yang mencerminkan pentingnya TSMC dalam rantai pasokan teknologi global.

Ini adalah nilai kekayaan bersih dan kapitalisasi pasar perusahaan aktual per Maret 2023.

Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Pendapatan

Selain kapitalisasi pasar, perusahaan-perusahaan sering kali diberi peringkat berdasarkan pendapatan, yang memberikan gambaran sekilas tentang kemampuan finansial mereka. Mari kita jelajahi beberapa contoh perusahaan terbesar di dunia saat ini berdasarkan pendapatan, yang menunjukkan kesuksesan finansial yang mengesankan dan mengukuhkan posisi mereka sebagai pemain global utama. Harap diperhatikan bahwa pendapatan tahunan yang diberikan di bawah ini adalah nilai aktual per Juni 2023.

  1. SBI: State Bank of India (SBI), bank terbesar di India, juga merupakan pemain penting dalam hal pendapatan. Dengan operasi perbankan yang menyeluruh dan berbagai layanan keuangan, SBI secara konsisten memberikan kontribusi terhadap kinerja keuangan yang luar biasa. Pendapatan tahunan bank sebesar $667,5 miliar menunjukkan dampak yang signifikan, mengukuhkan posisinya sebagai salah satu perusahaan dengan pendapatan tertinggi di dunia.
  2. Walmart: Sebagai raksasa ritel, Walmart secara konsisten berada di antara perusahaan-perusahaan terbesar di dunia berdasarkan pendapatan. Dengan pendapatan tahunan lebih dari $611,3 miliar, operasi Walmart yang menyeluruh dan penawaran produknya yang beragam berkontribusi pada kinerja keuangan yang luar biasa.
  3. Amazon.com Inc.: Amazon.com Inc. terus mengalami pertumbuhan pendapatan yang semakin cepat sebagai raksasa e-commerce terkemuka dengan beragam produk dan layanan. Pendapatan tahunan Amazon melampaui $514 miliar, menjadikannya salah satu perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia.

2291-02.png

Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Karyawan

Indikator lain dari ukuran dan pengaruh perusahaan adalah jumlah karyawannya, yang mencerminkan dampaknya terhadap penciptaan lapangan kerja dan ekonomi global. Mari kita telusuri beberapa contoh perusahaan dengan jumlah tenaga kerja yang signifikan.

  1. TriMas Corporation: Sebagai produsen global yang terdiversifikasi, TriMas Corporation memiliki tenaga kerja yang cukup besar, menyediakan kesempatan kerja bagi 3,5 juta orang. Dengan operasi yang menjangkau berbagai industri, TriMas berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan sektor manufaktur.
  2. Walmart: Dengan jumlah karyawan sekitar 2,3 juta di seluruh dunia, Walmart bukan hanya memiliki pendapatan raksasa, tetapi juga menyediakan lapangan kerja yang substansial, menawarkan peluang kerja di seluruh jaringan ritelnya yang luas.
  3. State Grid Corporation of China: State Grid Corporation, salah satu perusahaan utilitas terbesar di dunia, memiliki tenaga kerja yang sangat besar, mempekerjakan lebih dari 1,7 juta orang. Jumlah karyawan yang signifikan ini menyoroti peran perusahaan dalam menyediakan layanan transmisi dan distribusi listrik, yang berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan pembangunan infrastruktur.

Perusahaan Terbesar Dunia di Setiap Benua

Perusahaan-perusahaan yang mendominasi benuanya dalam hal kapitalisasi pasar dan pengaruh menunjukkan kekuatan bisnis regional. Setiap benua memiliki penguasanya sendiri.

Amerika

Apple Inc., dengan presensi dan kapitalisasi pasarnya yang kuat, mengukuhkan diri sebagai kekuatan dominan dalam industri teknologi di benua Amerika.

Eropa

LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, konglomerat barang mewah, adalah perusahaan terbesar di Eropa dengan kapitalisasi pasar sebesar $482 miliar. Dengan merek-merek terkenal seperti Louis Vuitton, Christian Dior, dan Moët & Chandon, LVMH mengukuhkan pengaruhnya di pasar Eropa.

Asia

Saudi Aramco, raksasa minyak dan gas Arab Saudi, berdiri sebagai pemain penting di Asia. Dengan cadangan minyak yang luas dan operasi di beberapa negara Asia, Saudi Aramco berkontribusi pada situasi energi dan pembangunan ekonomi di benua ini. Perusahaan besar kedua di benua ini adalah Taiwan Semiconductor Manufacturing Co.

Afrika

Naspers, perusahaan internet dan multimedia terkemuka di Afrika, dengan kapitalisasi pasar sebesar $81 miliar dan pendapatan bersih yang mengesankan sebesar $12 miliar. Naspers tetap menjadi kekuatan dominan yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi di benua Afrika.

Australia

BHP Group, sebuah perusahaan sumber daya, memiliki portofolio yang beragam di bidang pertambangan, logam, dan operasi perminyakan serta memainkan peran penting dalam mendorong sektor sumber daya Australia dan berkontribusi terhadap kemakmuran ekonomi negara ini. Kapitalisasi pasar perusahaan sebesar $228,56 miliar dan operasi yang luas membuatnya menjadi kekuatan utama dalam kancah bisnis Australia.

Apa itu Kapitalisasi Pasar dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kapitalisasi pasar adalah metrik utama yang digunakan untuk menentukan nilai dan ukuran perusahaan publik. Ini dihitung dengan mengalikan harga saham perusahaan saat ini dengan total saham yang beredar. Memahami kapitalisasi pasar sangat penting bagi investor dan trader.

Kekayaan bersih adalah nilai aset yang dimiliki seseorang atau perusahaan, dikurangi dengan liabilitas yang dimilikinya. Ini adalah ukuran utama untuk menilai kondisi perusahaan dan memberikan gambaran cepat tentang status keuangannya saat ini.

Mari kita perjelas cara kapitalisasi pasar dan kekayaan bersih dihitung:

Kekayaan bersih = total aset − total liabilitas

Kapitalisasi pasar = harga saham × jumlah saham yang diterbitkan

Kesimpulan

Perusahaan-perusahaan paling bernilai di dunia membentuk ekonomi global dan mendorong inovasi di berbagai sektor. Perusahaan-perusahaan yang disebutkan dalam artikel ini, termasuk Apple, Microsoft, Amazon, dan lainnya, secara konsisten menunjukkan kemampuan mereka untuk menciptakan kekayaan yang signifikan dan memberikan peluang trading yang menguntungkan. Mengawasi perusahaan-perusahaan ini dan memahami kapitalisasi pasar mereka dapat bermanfaat bagi para trader yang ingin membuat keputusan yang tepat dalam dunia keuangan yang dinamis.

Jangan lupa untuk membaca halaman masing-masing perusahaan untuk informasi lebih lanjut mengenai trading saham perusahaan, seperti Microsoft, Apple, Amazon, Google, Tesla, dan NVIDIA. Anda juga mungkin tertarik dengan indeks NASDAQ yang melacak kinerja perusahaan-perusahaan paling inovatif di dunia, termasuk Apple, Google, Intel, dan Tesla. Kemudian, Anda dapat mempraktikkan ide trading Anda dengan FBS.

  • 1037

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera