1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Psikologi Trader: Apa yang Harus Dilakukan Jika Profit Tidak Tumbuh Secara Teratur?
Diperbarui • 2023-08-16

Psikologi Trader: Apa yang Harus Dilakukan Jika Profit Tidak Tumbuh Secara Teratur?

cover.png

Stabilitas mental seorang trader adalah faktor penting dalam proses pengambilan keputusan dan pertumbuhan profit. Artikel ini membahas pengertian psikologi trading, masalah mental trading yang paling umum, dan saran untuk mengatasinya serta pola pikir sebagai trader sukses.

Psikologi trading

Psikologi trading adalah kombinasi dari reaksi trader terhadap semua peristiwa pasar dan faktor lain yang memengaruhi trading. Kondisi psikologis seorang trader menentukan keputusan trading dan perkembangan karier trading secara luas. Dalam praktiknya, bukan kecerdasan tinggi yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan, tetapi faktor psikologis seperti kesabaran, ketekunan, disiplin, dan kondisi pikiran yang sehat.

Para trader dapat menghadapi situasi yang sama dengan cara yang berbeda. Misalnya, ketika harga saham turun tajam, sebagian orang mulai panik dan menjual asetnya, sementara yang lain lebih memilih untuk membeli saham ini dengan harga rendah karena yakin bahwa harganya akan naik lagi. Dengan demikian, ada beberapa tipe psikologis trader:

  • Trader impulsif bertindak tanpa rencana yang matang. Ia mengambil keputusan dengan cepat, dan mengabaikan konsekuensi sehingga menjadi korban trading secara emosional dengan potensi kerugian yang signifikan.
  • Trader yang cermat menganalisis situasi pasar dan kondisi keuangannya secara komprehensif sebelum masuk ke dalam trading. Trader semacam ini biasanya memiliki emosi yang stabil dan memiliki rencana manajemen diri yang baik. Namun, terkadang trader ini kurang berani mengambil risiko, yang mungkin menguntungkan.
  • Trader praktis adalah para trader yang berani mengambil risiko serta berhati-hati. Mereka tahu semua tentang manajemen risiko dan bertindak dengan percaya diri dalam trading.

Anda mungkin mengenali diri sendiri dalam salah satu tipe psikologis trader dan dapat sedikit mencerminkan hubungan antara tipe ini dan hasil trading Anda.

Tidak diragukan lagi, psikologi trading adalah elemen penting. Hasil yang stabil dapat dicapai dengan mengendalikan tindakan trader, yang mencegah profit yang tidak menentu dan kerugian. Namun, tidak semua trader dapat mengendalikan emosi dan tetap bersikap positif. Jadi, selanjutnya, mari kita bahas tentang masalah psikologis yang membahayakan trading dan menghalangi Anda mendapatkan hasil yang stabil.

Alasan profit tidak tumbuh secara teratur, atau masalah psikologis dalam trading

CREATIVE-2342_1200x675_illustration2 (1).png

Setiap trader berbeda, tetapi masalah psikologisnya sama karena kita semua adalah manusia dengan struktur tubuh dan sistem saraf yang sama. Kita semua hidup dalam masyarakat dan mematuhi peraturannya. Itulah mengapa kami dapat menyoroti masalah mental yang paling umum dalam trading dan menjawab mengapa profit tidak tumbuh secara teratur.

Penguatan acak

Terkadang trader yang tidak berpengalaman berulang kali berhasil, sementara trader berpengalaman mengalami kegagalan berturut-turut. Meskipun situasi seperti itu bergantung pada peluang, para trader amatir ini mulai percaya pada keahlian mereka, atau sebaliknya, jatuh ke dalam perangkap penguatan acak.

Penguatan acak (random reinforcement) adalah fenomena psikologis merusak yang banyak terjadi di kalangan trader. Penguatan acak menciptakan kesalahpahaman trader tentang kemampuannya sehingga mengaburkan pikiran dan menimbulkan rasa percaya diri yang berlebihan, atau sebaliknya, kurangnya rasa percaya diri yang ekstrem. Masalahnya, para pemula mungkin memutuskan bahwa mereka menemukan cara mudah untuk menghasilkan profit, sementara para profesional mungkin meragukan keterampilan, rencana trading, dan pengetahuan trading mereka secara umum.

Rasa takut ketinggalan (FOMO)

Kami yakin setiap trader pasti pernah mendengar FOMO. Rasa takut ketinggalan trading yang menguntungkan adalah masalah psikologis umum yang memengaruhi trader di seluruh dunia. Trader menjadi terobsesi untuk memaksimalkan profit akibat mengikuti influencer trading dari media sosial, berita, dan naluri kawanan, yang mengarah ke trading impulsif. Trading karena FOMO mengabaikan unsur rasionalitas dan logika yang sehat. Trader melupakan strategi trading, rencana manajemen risiko, dan disiplin dalam mengejar kekayaan yang menggiurkan. Trading yang kacau ini menyebabkan kerugian dan kegagalan yang tak terhindarkan.

Trading balas dendam

Jenis trading ini cukup berbahaya dan memperburuk kondisi keuangan trader. Bayangkan seorang trader mengalami minggu yang menguntungkan, dengan hasil yang stabil. Namun, pada akhir minggu, dia tiba-tiba kehilangan semua yang diperolehnya dan kerugiannya semakin besar. Reaksi yang akan dirasakannya adalah rasa balas dendam. Anehnya, balas dendam ini ditujukan pada pasar. Jadi, trader berusaha untuk mendapatkan kembali dananya sesegera mungkin dan menjadi emosional dalam trading, biasanya melakukan sejumlah kesalahan yang sangat buruk.

Kurangnya disiplin

Trader yang disiplin dapat menentukan titik masuk dan keluar pasar. Sangatlah penting untuk membuka dan menutup posisi tepat waktu. Menutup posisi bahkan lebih rumit lagi. Untuk keluar dari pasar dengan profit yang memuaskan, Anda tidak boleh berdiam diri atau mengikuti rencana yang mungkin bermasalah.

Kurangnya disiplin menyebabkan emosi yang tidak terkendali. Misalnya, jika harga bergerak dalam tren naik, trader yang tidak disiplin cenderung menutup posisi terlalu dini saat pergerakan tren turun pertama terjadi. Ini bukan strategi yang baik karena lebih baik menunggu tanda-tanda pembalikan pasar yang dapat diandalkan sebelum mengambil profit.

Akibatnya, berkurangnya profit secara terus-menerus dalam trading menyebabkan drawdown signifikan yang sulit untuk dipulihkan.

Trading perjudian

Walau trading adalah tentang perencanaan, disiplin yang ketat, dan pembelajaran yang konstan, beberapa trader memperlakukannya seperti perjudian. Para trader dengan pola pikir perjudian tidak mempertimbangkan mekanisme trading dalam membangun strategi yang tepat. Mereka beroperasi secara tidak sistematis berdasarkan putaran nasib yang didorong oleh adrenalin dan kegembiraan untuk menang. Psikologi perjudian banyak terjadi di kalangan trader pemula dan profesional yang ingin menjadi kaya tanpa usaha.

Psikologi perjudian membuat trader bertindak impulsif, tanpa rencana yang matang, yang mengarah pada kerugian yang tak terhindarkan dan guncangan emosional.

Naluri kawanan

Naluri kawanan (herd instinct) adalah masalah yang signifikan dalam bidang psikologi. Dalam trading, naluri kawanan didasarkan pada rasa takut gagal. Jadi, para trader sering kali mengandalkan keputusan orang banyak, bukan pada analisis pasar yang menyeluruh. Perilaku ketergantungan ini mengakibatkan trading impulsif, tindakan gegabah, dan kerugian.

Untuk menjadi trader yang sukses, Anda harus selalu menjaga kondisi psikologis Anda. Prinsip sederhana ini harus menjadi panduan dalam perjalanan trading Anda.

CREATIVE-2342_1200x675_cover (1).png

Saran mencapai pola pikir sukses dalam trading dan cara meningkatkan profit Anda

Seperti yang sudah Anda ketahui, sisi psikologis dari rutinitas trading adalah hal yang fundamental dan tak terelakkan. Namun, bagaimana cara tetap optimis selama proses pengambilan keputusan sulit yang dipengaruhi oleh fluktuasi harga harian yang tidak dapat diprediksi? Kami telah menyiapkan daftar saran khusus untuk Anda!

Tetap disiplin

Disiplin adalah aspek penting dalam kehidupan kita, termasuk dalam trading. Membuat jadwal kerja yang terstruktur dengan baik dapat membantu Anda mencapai kontrol diri dan manajemen diri. Disiplin seperti ini memungkinkan Anda mengelola emosi dan menghindari trading yang impulsif. Para trader yang disiplin lebih fokus dan tetap berpegang teguh pada strategi. Mereka menyadari pentingnya melakukan analisis, olahraga, dan memiliki waktu makan dan istirahat yang teratur. Para trader ini memiliki tujuan karier trading jangka panjang dan profit yang konsisten.

Tetapkan tujuan trading

Menetapkan tujuan adalah bagian penting dari karier Anda. Anda harus selalu mengetahui tujuan secara keseluruhan dan juga merencanakan tujuan trading harian Anda. Sebagai contoh, menetapkan tujuan manajemen risiko, profit, dan rasio risiko-hasil adalah hal yang penting. Tujuan membantu membuka jalan dari kenyataan menuju kesempurnaan. Mencapai tujuan menciptakan perasaan euforia dan kesuksesan, yang sangat penting untuk mempertahankan keinginan untuk sukses dan meningkatkan profit.

Ikuti strategi dan rencana trading Anda

Memiliki strategi dan rencana trading adalah kunci profitabilitas yang konsisten. Rencana trading menguraikan pasar tempat trading Anda, kerangka waktu rutinitas trading, deskripsi strategi, rencana manajemen risiko, dan aturan penting lainnya. Pada akhirnya, strategi trading menentukan kondisi masuk dan keluar pasar untuk meningkatkan profit dan mengurangi risiko.

Pantau kinerja trading Anda

Untuk menjadi trader yang lebih percaya diri dan berpengalaman, kami sangat menyarankan Anda memiliki jurnal trading yang memudahkan Anda untuk memantau kinerja trading. Dengan jurnal trading, Anda dapat meninjau trading sebelumnya dan membuat kesimpulan tentang trading Anda pada masa depan.

Buat analisis pasar yang lengkap

Sebelum memasuki pasar, lakukan analisis atas situasi pasar saat ini dan pergerakannya yang prospektif. Lakukan pemeriksaan pasar secara menyeluruh dengan menggunakan alat analisis teknis dan fundamental. Dengan memanfaatkan analisis pasar, trader dapat menemukan peluang terbaik dan membuat keputusan yang tepat sehingga mengurangi kemungkinan trading yang impulsif.

Tetap fleksibel

Semua pasar keuangan tidak pernah diam dan bergerak sesuai dengan skenario yang sama. Trader harus memantau transformasi pasar dan terus menyesuaikan strategi. Jika pasar terlalu bergejolak, Anda sebaiknya menunda trading dan mencoba memahami situasinya. Bersikap fleksibel berarti memiliki kemampuan untuk mengendalikan emosi dan mengevaluasi situasi secara objektif. Penting untuk tetap pragmatis dan berpikir kritis dalam segala situasi.

Kembangkan toleransi terhadap risiko

Seorang trader sukses selalu merasa nyaman dalam mengambil risiko. Trader dengan toleransi risiko rendah tidak dapat menerima bahwa trading dapat merugi. Namun, trading semacam itu adalah bagian yang tidak dapat dihindari. Untuk menjadi seorang profesional yang sukses, Anda harus menerima ketidakpastian pasar yang terus berubah dan memperbaiki sikap Anda terhadap penurunan nilai aset.

Jaga kondisi pikiran Anda

Kesehatan mental Anda adalah faktor yang paling penting. Jangan abaikan masalah mental yang Anda hadapi. Buatlah janji temu dengan terapis, cobalah meditasi dan terapi seni, atau berolahragalah untuk meningkatkan kondisi mental Anda. Penting untuk menerima bahwa setiap orang melakukan kesalahan, dan beristirahatlah tepat waktu.

Tingkatkan pengetahuan trading Anda

Pengetahuan adalah kekuatan utama Anda. Jangan pernah berhenti memperluas wawasan trading Anda. Pelajari tentang para pelaku pasar, hadiri kelas trading, baca berita, lakukan analisis grafik, dan dapatkan saran dari para profesional yang berpengalaman. Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, Anda akan semakin percaya diri dan berkepala dingin.

CREATIVE-2342_1200x675_cover2 (1).png

Pentingnya menjaga psikologi trading yang positif

Trading melibatkan prediksi pergerakan harga potensial untuk menghasilkan profit dari perhitungan prediktif ini. Selalu ada ketidakpastian dalam trading karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada masa depan, yang berarti trading bisa saja gagal.

Mempelajari fakta sederhana bahwa tidak ada manusia yang dapat memprediksi masa depan adalah hal yang penting. Pemikiran filosofis ini akan membuat trading lebih mudah bagi Anda. Mengapa kita harus menyalahkan diri sendiri atas kegagalan kita? Semua gangguan emosional karena kegagalan menciptakan penghalang besar untuk kesuksesan Anda sehingga menyebabkan kelelahan dan ketakutan sebelum trading. Jangan biarkan kegagalan masa lalu membayangi masa depan trading Anda. Jika tidak, trading Anda akan berujung pada keputusasaan dan hasil yang buruk.

Trading adalah permainan angka yang hasilnya ditentukan oleh probabilitas. Semua bagian lain dalam kehidupan kita juga tidak dapat diprediksi. Seperti kata pepatah, jika ingin membuat Tuhan tertawa, ceritakan rencana Anda. Terimalah fakta ini dan jika terjadi kegagalan, terimalah dengan lapang dada, buatlah kesimpulan, dan masuklah kembali ke dalam trading! Berpikir positif dan menerima fakta sederhana adalah kunci menuju kehidupan yang bahagia dan sukses, termasuk memiliki karier trading yang menguntungkan dan bertahan lama.

Kesimpulan

Psikologi trading adalah hal yang rapuh. Banyak faktor yang dapat membuat trader terpuruk sehingga tidak bisa mendapatkan profit secara teratur. Untuk menjadi trader dengan pola pikir sukses, Anda harus selalu memperhatikan kesehatan mental dan mengendalikan emosi. Disiplin dalam trading, terus belajar, mengikuti rencana dan strategi trading, serta melatih teknik psikologis akan membantu Anda tetap bersikap positif dan meningkatkan dana. Panduan dan rekomendasi kami akan membantu Anda meningkatkan aspek psikologis trading. Bergabunglah dengan kami dan ciptakan kisah trading Anda yang sukses bersama FBS.

  • 1098

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera