1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Rutinitas Trading 30 Menit Untuk Anda Yang Sibuk
Diperbarui • 2024-03-14

Rutinitas Trading 30 Menit Untuk Anda Yang Sibuk

cover.png

Di dunia yang serba cepat saat ini, ketika waktu adalah hal yang sangat penting, memaksimalkan setiap menit dalam sehari sangatlah penting. Prinsip ini juga berlaku untuk trading pasar keuangan. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa kesuksesan trading membutuhkan banyak dedikasi waktu, menerapkan pendekatan yang tepat dapat membuat "trading 30 menit sehari" tetap menguntungkan. Artikel ini akan menjelaskan cara menyusun rutinitas trading 30 menit supaya dapat disesuaikan dengan jadwal yang padat, tanpa mengorbankan performa.

Panduan Trading 30 Menit

1. Persiapan (10 menit)

Sepuluh menit pertama sangat penting untuk memulai hari trading Anda. Inilah yang bisa Anda lakukan.

Lakukan Analisis Pasar: Tinjau berita dan laporan yang dapat memengaruhi pasar tempat Anda trading. Gunakan kumpulan berita dan kalender ekonomi untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa penting hari ini.

Pilih Aset untuk Trading: Identifikasi aset yang paling menjanjikan berdasarkan analisis Anda. Prioritaskan aset yang menunjukkan volatilitas dan likuiditas tinggi.

01.png

Kalender Ekonomi

2. Merencanakan Trading Anda (10 menit)

Luangkan waktu sepuluh menit untuk menyusun rencana trading yang solid.

Titik Masuk dan Keluar: Gunakan analisis teknis untuk menemukan level support dan resistance penting untuk aset pilihan Anda. Luangkan separuh waktu Anda untuk melihat tren jangka panjang pada timeframe yang lebih tinggi, lalu pelajari pergerakan jangka pendek pada timeframe yang lebih rendah. Ini akan membantu Anda menentukan apakah ini saat yang tepat untuk trading berdasarkan apa yang terjadi di pasar.

Volume Posisi: Tentukan volume posisi Anda terlebih dulu, dengan mempertimbangkan strategi manajemen modal dan tingkat risiko yang tepat untuk setiap trading. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengambil keputusan gegabah saat trading dan terhindar dari kerugian yang berlebihan. Dengan merencanakan volume trading terlebih dulu, Anda dapat tetap fokus pada pasar dan tidak terjebak melakukan kalkulasi pada saat-saat genting.

02.png

Menentukan level support dan resistance

3. Eksekusi dan manajemen trading (10 menit)

Sepuluh menit terakhir sangat penting untuk terlibat aktif dan mengelola posisi Anda.

Eksekusi Trading: Bertindak sesuai dengan rencana trading Anda, dengan mengambil posisi beli atau jual. Gunakan market order atau pending order berdasarkan strategi Anda.

Pemantauan dan Penyesuaian: Terus ikuti perkembangan situasi pasar sepanjang hari. Jika keadaan tidak sesuai dengan rencana Anda, bersiaplah untuk mengubah rencana, bahkan jika itu berarti menutup transaksi lebih awal dari yang direncanakan.

03.png

Jenis-jenis pending order

Catatan: Ingat, terkadang lebih baik tidak membuka trading sama sekali. Selain melakukan trading, gunakan 30 menit setiap hari untuk memeriksa pasar dan merencanakan sesi mendatang. Jika tidak ada titik masuk yang bagus, lebih baik tunda dulu trading Anda dan fokus untuk melakukan hal lainnya. Tujuan utama seorang trader adalah membuat trading berkualitas tinggi dan menguntungkan, bukan sekadar melakukan banyak trading.

Strategi Trading 30 Menit

Memilih strategi trading mirip dengan memilih jalur yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa strategi yang mungkin berguna bagi Anda yang sibuk.

Swing Trading: Sangat cocok bagi Anda yang ingin memanfaatkan tren. Ini melibatkan analisis mingguan dan mengeksekusi perdagangan dengan manajemen risiko yang matang, meminimalkan waktu yang dihabiskan di pasar.

Day Trading: Pilih aset dengan volatilitas harian yang tinggi untuk trading jangka pendek. Manajemen risiko yang efektif sangat penting untuk mengurangi waktu yang dihabiskan dalam trading.

Algorithmic Trading: Pilihan yang tepat untuk otomatisasi. Trading dengan algoritma meminimalkan keterlibatan langsung Anda, hanya memerlukan pemeriksaan dan penyesuaian pengaturan secara berkala.

Strategi ini membuat trading lebih mudah bagi Anda yang sibuk sehingga dapat menghemat waktu. Selain itu, Anda disarankan untuk menghindari metode scalping karena membutuhkan banyak waktu dan perhatian, yang mungkin tidak cocok dengan tujuan trading ‘cepat dan efisien’.

Manfaat Trading Selama 30 Menit Sehari

04.png

Pendekatan trading ini memberikan beberapa manfaat besar, memungkinkan trader menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, meningkatkan disiplin, dan mengurangi stres. Berikut adalah manfaat utama dari pendekatan tersebut.

Efisiensi Waktu: Penghematan waktu memungkinkan trader mendedikasikan lebih banyak waktu untuk urusan dan tanggung jawab pribadi sehingga meningkatkan kualitas hidup.

Disiplin: Waktu yang terbatas membantu trader lebih fokus dan terorganisir sehingga meningkatkan efisiensi trading.

Mengurangi Stres: Pendekatan ini membantu mengurangi stres dengan membatasi informasi yang berlebihan dan meminimalkan dorongan emosi dalam proses pengambilan keputusan.

Gaya Hidup Seimbang: Trader dapat dengan mudah menyeimbangkan trading dengan kehidupan pribadi, menjaga hubungan yang sehat dan memiliki hobi.

Pengurangan Risiko: Pendekatan trading yang terfokus mendorong sikap yang lebih kritis terhadap risiko dan strategi.

Contoh Rutinitas Day Trading

Menetapkan rutinitas trading harian yang tertata sangat penting bagi trader dengan berbagai gaya, baik yang melakukan day trading, swing trading, maupun yang mengandalkan strategi algoritma. Contoh berikut menguraikan rutinitas trading 30 menit yang disesuaikan dengan setiap pendekatan, menawarkan gambaran sekilas tentang cara trader menyesuaikan rutinitas ini untuk meningkatkan efisiensi trading harian.

Mulai dari analisis makroekonomi yang cepat dan evaluasi aset yang mendetail hingga penyesuaian algoritma untuk kondisi pasar saat ini, rutinitas ini menjadi kerangka kerja yang berharga bagi para trader yang mencari konsistensi dan efektivitas dalam trading.

Untuk Day Trader

5 menit: Analisis makroekonomi cepat menggunakan sumber yang telah dipilih dan kalender ekonomi.

15 menit: Analisis terperinci mengenai aset yang dipilih, menentukan titik masuk dan keluar trading.

5 menit: Eksekusi trading atau menempatkan pending order di pasar keuangan.

5 menit: Merencanakan hari esok, termasuk menyesuaikan strategi dan mempersiapkan diri untuk sesi trading berikutnya.

Untuk Swing Trader

10 menit: Pemilihan aset mingguan berdasarkan analisis pasar, dengan perhatian khusus pada perubahan tren, berita, dan laporan.

10 menit: Menentukan ukuran posisi dan titik masuk/keluar trading.

5 menit: Memantau posisi terbuka dan menyesuaikan strategi dengan kondisi pasar saat ini.

5 menit: Menganalisis hasil dan menyesuaikan strategi berdasarkan data yang ada.

Untuk Algorithmic Trader

10 menit: Memeriksa efisiensi algoritme dan menganalisis trading sesi sebelumnya.

10 menit: Menyesuaikan algoritme dengan kondisi pasar saat ini, termasuk penyesuaian aset untuk trading.

10 menit: Menguji strategi dan algoritme baru, mencari solusi otomatis alternatif untuk meningkatkan trading.

Contoh-contoh ini menggambarkan bahwa trader dengan pendekatan berbeda dapat mengadopsi rutinitas trading 30 menit ke dalam jadwal harian trader. Kami harap informasi ini bermanfaat untuk mengoptimalkan rutinitas trading harian Anda.

Tanya Jawab (FAQ)

Apakah grafik 30 menit cocok untuk day trading?

Trading selama 30 menit sehari dapat menjadi strategi yang efektif jika trader dapat dengan cepat menganalisis pasar dan membuat keputusan yang tepat. Pendekatan ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang tren pasar dan pemilihan waktu yang tepat, mengingat kerangka waktu yang pendek membatasi jumlah trading dan meningkatkan pentingnya setiap pilihan. Namun, dengan pendekatan dan strategi yang tepat, 30 menit sehari bisa cukup untuk trading yang sukses.

Apa strategi untuk 30 menit pertama dalam day trading?

Strategi trading dimulai dengan persiapan yang matang, termasuk menganalisis berita dan memilih aset dengan potensi pergerakan tinggi. Trader kemudian mengidentifikasi instrumen target dan dengan cermat mengamati pembentukan tren dan pola yang mengindikasikan titik masuk dan keluar yang optimal untuk trading. Pendekatan ini membutuhkan reaksi yang cepat dan kesiapan untuk mengambil keputusan saat itu juga berdasarkan dinamika pasar, dengan menutup posisi pada hari itu juga dengan target profit dan batasan risiko yang telah ditentukan.

Apa saja manfaat trading selama 30 menit sehari?

Trading hanya 30 menit sehari memiliki keuntungan tersendiri. Ini sangat cocok untuk orang-orang yang sibuk karena memberikan ruang untuk bersantai dan menghilangkan stres. Selain itu, ini membantu Anda menjadi lebih disiplin dalam melakukan trading. Waktu harian yang terbatas membuat Anda tetap fokus, menghasilkan strategi yang lebih baik dan potensi hasil yang lebih tinggi. Ini juga mengurangi trading yang tidak perlu dan menghemat uang Anda. Sederhananya, meluangkan waktu 30 menit sehari untuk trading dapat disesuaikan dengan rutinitas Anda. Ini membangun fondasi yang solid dan fleksibel untuk pola pikir trading yang sehat dan meningkatkan efisiensi trader secara keseluruhan.

Kesimpulan

Artikel ini menunjukkan bahwa kesuksesan di pasar dapat dicapai meskipun dengan waktu yang terbatas. Artikel ini menunjukkan pentingnya disiplin, perencanaan strategis, dan manajemen waktu yang efektif. Pendekatan ini memungkinkan trader untuk mencapai hasil dengan tetap mempertahankan gaya hidup yang seimbang dan meminimalkan stres, menjadikan trading mudah dilakukan dan produktif bagi individu yang sibuk dan ingin meraih kesuksesan finansial.

  • 829

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera