1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Peran Komunitas dan Mentor Trading dalam Pembelajaran dan Peningkatan Keterampilan Trading
Diperbarui • 2023-06-08

Peran Komunitas dan Mentor Trading dalam Pembelajaran dan Peningkatan Keterampilan Trading

cover.png

Bukan rahasia lagi bahwa trading cukup menantang. Dibutuhkan pemahaman yang baik tentang cara kerja pasar keuangan, kesadaran akan peristiwa yang dapat memengaruhi pergerakan pasar, dan pengetahuan tentang berbagai alat dan indikator yang berguna untuk mengidentifikasi arah tren.

Karena itu, para pemula mungkin merasa bingung dan bahkan terintimidasi oleh trading dan ragu untuk melangkah maju. Namun, hanya sedikit trader pemula yang tahu bahwa mereka dapat bergabung dengan komunitas trading atau menemukan mentor trading untuk meningkatkan keterampilan dan mendapatkan nasihat yang bermanfaat.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari apa itu komunitas trading, apa itu mentor trading, dan bagaimana mereka dapat membantu Anda menjadi trader yang lebih sukses.

Frame 1321318197.png

Mengapa mentor dan komunitas trading penting?

Memang benar bahwa ada banyak sekali kursus, pelajaran, video, dan panduan edukasi tentang pasar keuangan dan cara trading di masing-masing pasar. Namun demikian, trading umumnya dianggap sebagai keterampilan yang membutuhkan banyak pengalaman praktis untuk menguasainya. Pengetahuan teoretis sangat penting untuk mendapatkan dasar-dasar trading, tetapi memulai trading dalam kehidupan nyata tidak seperti yang biasa Anda baca di buku.

Itulah mengapa banyak trader tidak tahu harus memulai dari mana. Namun, para pemula dalam bidang dan profesi apa pun memiliki kecemasan saat pertama kali memulainya, jadi ini bukanlah hal yang baru. Hal yang selalu terbukti bermanfaat adalah meminta saran dari orang lain.

Bergabung dengan komunitas trader yang berpengalaman dan bersedia berbagi pengalaman dengan orang lain adalah cara terbaik untuk mendapatkan saran bermanfaat dan belajar lebih banyak tentang sisi praktis trading. Dan jika ingin mendapatkan saran yang lebih terperinci dan personal, Anda dapat mencari mentor trading yang akan memandu Anda melakukan trading pertama dan menunjukkan apa yang benar atau salah di setiap trade.

Komunitas trading: cara kerja dan manfaatnya

Ketika Anda mendengar kata ‘komunitas’, biasanya Anda membayangkan sebuah desa kecil tempat semua orang hidup rukun dan bekerja sama untuk saling membantu. Komunitas trading mungkin berbeda jauh dari desa yang sesungguhnya, tetapi sentimen di baliknya sama: di sinilah para trader berkumpul untuk saling membantu.

Komunitas trading biasanya berupa forum online tempat para trader dapat bergabung untuk berbagi pengalaman, mengajukan pertanyaan, mendiskusikan berita trading terbaru, serta menemukan tip dan trik yang bermanfaat untuk kesuksesan trading.

Komunitas trading juga merupakan tempat yang tepat bagi pemula untuk belajar lebih banyak tentang trading dan mendapatkan saran berharga dari trader berpengalaman. Sebagian trader bahkan dapat memberikan detail tentang trading mereka, yang memungkinkan pemula untuk meniru dan berlatih trading.

Manfaat bergabung dengan komunitas trading

Komunitas trading menarik banyak trader, dan tidak semuanya pemula. Alasannya adalah ada banyak manfaat untuk menjadi bagian dari komunitas trading. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Mendapatkan motivasi

Sangat mudah untuk menjadi kecil hati ketika Anda menghadapi serangkaian kegagalan dan kehilangan motivasi untuk melanjutkan trading. Bahkan lebih mudah untuk menjadi ceroboh setelah serangkaian trading yang menguntungkan dan kehilangan motivasi untuk meningkatkan keterampilan.

Namun, berada di komunitas trading adalah obat yang baik untuk kedua hal ekstrem tersebut. Melihat kesuksesan trader lain adalah cara terbaik dalam menemukan motivasi untuk terus trading dan meningkatkan keterampilan.

Mendapatkan opini yang objektif

Trading itu menegangkan, dan banyak trader yang menjadi korban emosi mereka. Emosi dapat mengaburkan pikiran dan menghalangi mereka untuk berpikir secara objektif.

Untungnya, Anda dapat menggunakan komunitas trading untuk mengatasinya. Para trader datang ke komunitas untuk berbagi wawasan dan temuan mereka, mendiskusikan potensi hasil, dan memberikan penjelasan di balik keputusan trading. Hal ini dapat membantu Anda mempelajari lebih lanjut kondisi pasar saat ini dan tetap objektif dalam mengambil keputusan.

Mengumpulkan informasi pasar

Dalam beberapa tahun terakhir, komunitas trading telah berpengaruh besar pada pasar, meningkatkan dampak trading sosial terhadap harga. Bergabung dengan komunitas trading dapat membantu Anda mempelajari aset mana yang sedang populer di kalangan trader lain dan layak diperhatikan.

Sumber pembelajaran gratis

Mengikuti komunitas trading dan membaca analisis trader lain adalah cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan Anda tanpa harus membayar kursus trading tambahan. Meskipun Anda tidak mendapatkan informasi terperinci tentang situasi pasar saat ini, membaca bagaimana trader menggunakan berbagai alat untuk menentukan langkah selanjutnya dapat membantu Anda mempelajari cara menggunakannya dalam trading.

Seperti yang Anda lihat, komunitas trading dapat menguntungkan Anda dalam berbagai cara.

image-2023-05-23-14-58-36-518.png

Memilih komunitas trading yang tepat

Menemukan komunitas trading yang tepat merupakan tantangan tersendiri karena banyaknya komunitas yang ada. Untuk memilih komunitas trading yang tepat, pelajari hal-hal berikut ini:

  • Jenis sekuritas. Setiap komunitas trading umumnya berfokus pada sejumlah kecil pasar keuangan. Jika melakukan trading Forex, Anda mungkin tidak akan mendapat banyak manfaat dari komunitas trading yang berfokus pada saham.
  • Penjelasan terperinci. Anda tidak akan belajar banyak jika para trader di komunitas potensial tidak memiliki pengalaman trading yang jelas. Menemukan komunitas trading tempat para trader dapat berbagi pengetahuan dengan jujur adalah hal yang penting untuk menjadi lebih baik dalam trading.
  • Lingkungan yang ramah. Bukan rahasia lagi bahwa anonimitas Internet memudahkan orang untuk menyerang orang lain secara tidak bertanggung jawab. Sayangnya, beberapa trader juga bertindak seperti ini. Demi kesehatan emosional Anda, penting untuk memeriksa bagaimana suatu komunitas trading memperlakukan anggota baru.
  • Semangat tim yang kuat. Banyak trader yang bergabung di komunitas trading untuk menyatukan upaya mereka membangun strategi trading yang sukses. Komunitas yang berfokus pada membantu orang lain menemukan peluang trading adalah yang harus Anda cari.

Mentor: apa itu mentor dan bagaimana ia dapat membantu?

Cara lain untuk mempelajari lebih lanjut tentang pasar keuangan dan meningkatkan keterampilan trading Anda adalah dengan mencari mentor trading. Mentor trading adalah trader berpengalaman yang membantu trader baru memahami cara kerja pasar dan menerapkan pengetahuan teoretisnya dalam praktik.

Mentor berbeda dengan guru trading: ia tidak memantau setiap langkah yang diambil oleh seorang pemula. Namun, ia menawarkan saran yang dipersonalisasi dan dengan sabar membimbing murid melakukan trading pertama, membantunya belajar dan mengatasi kesalahan yang tak terhindarkan.

Keuntungan memiliki mentor trading

Banyak trader profesional mengaitkan kesuksesan mereka dengan mentor trading, dan ini memang benar. Ada banyak keuntungan dari bekerja dengan seorang mentor, dan kita akan melihat beberapa di antaranya.

Meningkatkan peluang sukses Anda

Manajemen trading mungkin sulit dilakukan bagi pemula. Misalnya, sekitar 90% day trader kehilangan uang dan berhenti trading sepenuhnya. Namun, meskipun mentor trading tidak menghilangkan peluang kerugian sepenuhnya, memiliki mentor trading telah membantu banyak trader belajar lebih cepat dan membuat lebih sedikit kesalahan.

Membantu dengan rencana trading

Sebagian besar trader pemula membuat kesalahan dengan trading tanpa rencana atau strategi, yang cepat atau lambat akan berakhir dengan bencana. Namun, mentor trading dapat menjelaskan pentingnya rencana trading dan membantu trader baru mempelajari cara membangun strategi trading, mencegahnya melakukan salah satu kesalahan paling umum dan menghemat uang.

Mengatasi kesalahan

Membuat kesalahan tidak dapat dihindari dalam trading. Meskipun demikian, membuat kesalahan tetaplah sesuatu yang tidak menyenangkan. Beberapa trader bahkan berhenti trading ketika mereka tidak dapat mengatasi kesalahan mereka.

Memiliki mentor dapat membantu para pemula memproses emosi dan mengatasi kesalahan mereka. Seorang mentor dapat menunjukkan kepada para trader cara mengidentifikasi kesalahan dan memastikan mereka tidak mengulanginya.

Berkembang lebih cepat

Ketika trader baru mulai terbiasa dengan trading sekuritas tertentu, ia merasa sulit untuk beralih ke sekuritas lain, meskipun sekuritas tersebut dapat memberikan profit lebih besar. Mentor trading dapat mendorong muridnya untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba berbagai teknik, strategi, dan sekuritas, yang pada gilirannya membantu ia berkembang sebagai trader.

Menemukan mentor yang tepat untuk Anda

Ada banyak faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih mentor trading.

  • Spesialisasi. Meskipun kedengarannya jelas, penting untuk memilih mentor yang berpengalaman di pasar yang ingin Anda kuasai untuk mendapatkan hasil maksimal dari mentoring trading.
  • Kredibilitas. Jika mencari mentor secara online, Anda harus waspada karena mungkin bertemu dengan penipu, terutama jika mentor yang bersangkutan meminta uang untuk mentoring trading-nya. Jika menemukan seseorang yang ingin Anda ajak bekerja sama, teliti latar belakangnya dan cari ulasan dari trader lain untuk menghindari penipu.
  • Koneksi. Anda dapat menemukan mentor terbaik dalam sejarah trading, tetapi jika Anda tidak merasa nyaman mengajukan pertanyaan yang mengganggu atau jika ia tidak memperlakukan Anda dengan hormat, hal itu akan berdampak negatif pada trading Anda. Menemukan mentor yang dapat Anda ajak berkomunikasi dengan mudah juga sangat penting untuk kesuksesan Anda pada masa depan.

Menggabungkan komunitas dan mentor trading untuk manfaat maksimal

Seperti yang Anda lihat, komunitas dan mentor trading sedikit berbeda. Jika komunitas trading berfokus pada berbagi informasi umum tentang trading, mentor trading menawarkan saran yang dipersonalisasi, meskipun terkadang kurang beragam. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan keduanya untuk meningkatkan trading. Belajar dengan mentor dan kemudian membaca analisis dari komunitas untuk menemukan peluang trading dapat membantu Anda belajar lebih cepat dan meningkatkan berbagai keterampilan trading.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu seberapa besar komunitas dan mentor trading dapat membantu Anda belajar lebih cepat dan menghasilkan trading yang lebih menguntungkan. Jika Anda merasa bingung, jangan ragu untuk meminta saran dari trader lain. Berbagi pengetahuan selalu menjadi hal penting dalam budaya manusia, tidak terkecuali para trader. Seperti kata pepatah, bersatu kita teguh!

  • 876

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera