1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Pentingnya Disiplin Trader dalam Mata Uang Kripto
Diperbarui • 2024-05-21

Pentingnya Disiplin Trader dalam Mata Uang Kripto

cover.pngTrading mata uang kripto semakin populer di seluruh dunia. Kenaikan tajam mata uang kripto yang menghasilkan profit tinggi telah mendorong orang untuk berinvestasi dalam aset ini. Namun, akibat distorsi kognitif, otak manusia dapat mengabaikan informasi negatif karena terdapat latar belakang positif, yang berarti bahwa trader sering kali melupakan banyak komplikasi, penurunan yang cepat, dan kerugian signifikan yang timbul dari trading mata uang kripto. Bagaimana cara untuk terus sukses dan bertahan ketika mengalami kesulitan? Ya, akan lebih baik jika Anda menanamkan disiplin dalam diri Anda. Mari kita bahas hal ini!

Apa itu disiplin trading?

Manajemen diri dan kontrol diri adalah faktor penentu dalam disiplin trading. Proses disiplin dalam trading mata uang kripto mengacu pada kemampuan trader untuk secara ketat mengikuti rencana trading-nya, menghindari tindakan tak perlu dan ceroboh dengan membeli atau menjual mata uang digital ketika berhadapan dengan volatilitas pasar kripto. Disiplin adalah hal yang membentuk trader menjadi profesional. Hanya dengan menjadi trader mata uang kripto yang disiplin, Anda dapat mendapatkan profit dari pasar kripto.

Mengapa disiplin trading diperlukan?

Disiplin adalah fondasi kesuksesan dalam trading mata uang kripto. Para trader mungkin saja adalah orang-orang cerdas yang memiliki keterampilan teknis yang brilian dan mengetahui semua aspek yang diperlukan dalam trading kripto. Namun, tanpa sisi psikologis yang stabil, mereka tidak akan pernah berhasil mencapai hasil maksimal dalam jangka panjang.

Disiplin memungkinkan para trader untuk mendapatkan profit yang sistematis dengan menjaga kestabilan emosi dan tidak bias dalam rutinitas trading harian mereka. Disiplin membantu menghindari kerugian yang signifikan, mengurangi risiko, dan membuat keputusan dengan kepala dingin ketika membeli atau menjual mata uang kripto tanpa dibayangi rasa takut, serakah, atau transaksi yang sia-sia.

3 (1).png

Aturan pokok disiplin dalam trading mata uang kripto

Aturan 1. Gunakan analisis pendahuluan sebelum melakukan aktivitas trading

Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap tindakan membutuhkan persiapan yang matang. Tidak terkecuali trading mata uang kripto. Selain itu, trading hanya mungkin dilakukan setelah melakukan analisis fundamental yang menyeluruh.

Sebagai trader harian, Anda harus selalu meneliti situasi pasar saat ini sebelum membuka posisi dan mempelajari berita terbaru yang dapat memengaruhi aktivitas trading harian Anda. Penting untuk terus mengikuti semua perubahan peraturan dan mempertimbangkan kemungkinan hard fork yang pasti akan memengaruhi harga mata uang kripto.

Analisis awal secara teratur terhadap pasar mata uang kripto dapat membantu menjaga disiplin trading dan memastikan efisiensi aktivitas trading Anda.

Aturan 2. Pelajari pola grafik kripto

Dalam trading mata uang kripto, salah satu unsur utama dari disiplin trading adalah kemampuan trader untuk membaca pola grafik kripto. Keterampilan ini memungkinkan para trader untuk membuat sendiri keputusan yang tidak bias dan masuk akal. Selain itu, analisis teknis ini memungkinkan para trader mata uang kripto untuk membuat strategi khusus dan mengotomatiskan trading mereka.

Aturan 3. Tetap berkepala dingin

Kontrol emosi sangat diperlukan dalam trading mata uang kripto. Sering kali, para trader menganggap mata uang kripto bukan sebagai dana, tetapi sebagai pembelian masa depan mereka, seperti real estat, mobil, atau perangkat baru, sebuah anggapan yang salah karena membuat mereka menderita kerugian yang lebih banyak.

Para trader kripto harus menyadari potensi kerugian dan memperhitungkan dana yang mereka investasikan dalam mata uang kripto sebagai kerugian. Dana yang diinvestasikan harus di luar upaya asal-asalan Anda untuk menghasilkan uang.

Jangan menjadikan kerugian trading Anda sebagai masalah pribadi. Kalah dan menang terjadi silih berganti pada setiap trader harian di pasar mata uang kripto yang volatil. Para trader harus membiasakan diri untuk belajar dari kekalahan dan kemenangan tanpa terlalu melibatkan emosi mereka.

Anda dapat bermeditasi atau menjumpai terapis jika perlu.

Jadi, disiplin trading Anda harus menyertakan upaya terus-menerus untuk meningkatkan stabilitas mental dan ketenangan pikiran.

Aturan 4. Jangan biarkan FOMO menguasai diri Anda

Trading panik – sudah biasa dialami para trader mata uang kripto. Ketakutan akan ketinggalan (FOMO) membuat trader secara impulsif membeli mata uang kripto karena berpikir bahwa ini adalah satu-satunya kesempatan untuk menghasilkan profit besar. FOMO berdampak negatif pada portofolio kripto dan kondisi finansial trader itu sendiri. Untuk sukses, trader harus mempelajari apa itu FOMO, sumber asalnya, dan cara mengatasinya setiap hari.

Bagaimana cara mempertahankan disiplin dalam trading?

Trading harian (intraday) semakin populer di kalangan trader kripto. Untuk itu, perlu diingat bahwa trading harian berbeda dari membuka posisi jangka panjang dari perspektif psikologis dan teknis. Trading harian berlangsung cepat dan berorientasi pada perubahan pasar yang cepat.

Untuk mempertahankan disiplin dalam trading mata uang kripto, para trader harus:

  • menetapkan tujuan trading;
  • memiliki rencana trading yang andal dan komprehensif serta berpegang teguh pada strategi mereka;
  • merencanakan setiap hari kerja secara terperinci dan tetap fokus;
  • membuat jurnal trading mereka;
  • memperhatikan kondisi mental.

Apa tantangan yang mungkin dihadapi para trader kripto dalam mempertahankan disiplin, dan bagaimana mereka cara mengatasinya?

Kami ingin mengingatkan Anda tentang tantangan paling umum dalam mempertahankan disiplin saat trading mata uang kripto:

  • Pasar mata uang kripto masih belum memiliki aturan yang jelas, yang menyebabkan terjadinya kekacauan dan masalah dalam membuat keputusan yang tepat;
  • Aspek emosional terkadang seperti tidak terkendali dan mengaburkan pikiran trader;
  • Pasar mata uang kripto sangat spekulatif, dan fluktuasi harga tidak dapat diprediksi sehingga terkadang sulit untuk mengikuti rencana trading.

Untuk mengatasi masalah dalam mempertahankan disiplin, para trader harus selalu memperhatikan sisi psikologis, meningkatkan pengetahuan mereka tentang mata uang kripto, mengembangkan strategi pribadi yang paling sesuai, dan terus mengikuti perkembangan berita pasar.

Kesimpulan

Bukan rahasia lagi bahwa trading mata uang kripto yang menguntungkan dan berorientasi pada masa depan membutuhkan upaya teknis dan psikologis yang sistematis. Trader mata uang kripto harus mengetahui prinsip dasar dan latar belakang mata uang kripto, terus mengikuti tren terkini, dan mahir menggunakan platform serta aplikasi terkait. Namun, faktor penting untuk dapat sukses dalam trading mata uang kripto adalah disiplin. Panduan dan rekomendasi kami akan membantu Anda untuk tetap disiplin. Bergabunglah dengan kami dan ciptakan kisah trading Anda yang sukses bersama FBS.

  • 809

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera