1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Apa itu Tren Pasar?
Diperbarui • 2023-07-20

Apa itu Tren Pasar?

cover.png

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu tren pasar dan bagaimana cara mengetahuinya? Jika ya, artikel ini adalah yang Anda butuhkan.

Apa itu tren pasar? Definisi dan maknanya

Tren pasar mengacu pada arah umum pergerakan pasar atau aset tertentu seiring berjalannya waktu. Ini memberikan informasi berharga tentang sentimen yang dominan di antara pembeli dan penjual, yang memengaruhi pergerakan harga dan volume trading. Memahami tren pasar sangat penting untuk trading yang sukses karena membantu mengidentifikasi peluang dan mengelola risiko.

CREATIVE 2182_1200x675 (1).png

Berbagai jenis tren pasar

Memahami jenis-jenis tren pasar dapat membekali para trader dengan informasi berharga tentang dinamika pasar secara keseluruhan dan membantu mereka membuat keputusan yang lebih tepat.

Tren berbasis arah

Pakar pasar mengelompokkan tren berdasarkan arah pergerakan harga, menyoroti tiga jenis tren utama – tren naik (uptrend), tren turun (downtrend), dan tren menyamping (sideway).

Tren naik

Tren naik, juga dikenal sebagai tren bullish, mengacu pada pergerakan harga yang konsisten naik. Setiap puncak harga berikutnya lebih tinggi dari yang sebelumnya, dan setiap titik terendah berikutnya juga lebih tinggi dari yang sebelumnya. Trader berpotensi mendapatkan keuntungan dengan menempatkan order beli selama tren naik.

Tren turun

Sebaliknya, tren turun, juga dikenal sebagai tren bearish, terjadi ketika harga membentuk titik-titik tertinggi yang lebih rendah (lower highs) dan titik-titik terendah yang lebih rendah (lower lows). Setiap titik terendah harga berikutnya lebih rendah dari yang sebelumnya, dan setiap titik tertinggi berikutnya juga lebih rendah dari yang sebelumnya. Trader tren memanfaatkan tren turun dengan membuka order jual.

Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat bahwa tren turun membentuk kurva yang terlihat, secara bertahap mencapai tingkat harga yang lebih rendah.

CREATIVE 2182_1200x675_1.png

Tren menyamping

Tren menyamping, juga dikenal sebagai tren datar atau netral, terjadi ketika harga aset bergerak dalam kisaran harga tertentu, berfluktuasi naik dan turun tanpa menunjukkan arah naik atau turun yang jelas. Selama tren menyamping, trader hanya memiliki sedikit peluang untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan karena harga cenderung tetap berada dalam kisaran tertentu.

Grafik di bawah ini menunjukkan bahwa dalam tren menyamping, titik tertinggi dan terendah secara berurutan terletak pada level yang kurang lebih sama. Hal ini menciptakan pola horizontal yang mengindikasikan kurangnya pergerakan harga yang signifikan di kedua arah.

CREATIVE 2182_1200x675_2.png

Tren berbasis durasi

Tren naik, tren turun, dan tren menyamping dapat bervariasi dalam jangka waktunya. Tren ini dapat bertahan selama beberapa hari hingga beberapa tahun. Para trader harus menyadari kerangka waktu trading tren dan menyelaraskan strategi mereka.

Tren jangka panjang

Tren jangka panjang berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Tren ini dipengaruhi oleh perubahan siklus bisnis dan peristiwa politik dan ekonomi yang signifikan.

Tren menengah

Tren menengah biasanya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Tren ini didorong oleh perubahan sentimen trader dan faktor teknis.

Tren jangka pendek

Tren jangka pendek mengacu pada fluktuasi yang terjadi dalam beberapa hari hingga satu bulan. Pendorong utamanya adalah berita terkini dan perubahan volume trading.

Cara mengidentifikasi dan memanfaatkan tren pasar

Ada beberapa metode dan pendekatan yang dapat dimanfaatkan oleh trader untuk menentukan tren pasar secara efektif sehingga meningkatkan probabilitas trading yang sukses.

Untuk petunjuk yang lebih terperinci tentang cara membuat strategi trading berbasis tren, baca artikel kami – Panduan Strategi Trading Berbasis Tren: Apa Itu dan Bagaimana Membuat Strategi Berbasis Tren?

Di sini, kami akan memperkenalkan secara singkat beberapa langkah praktis untuk membantu Anda mengenali tren dan memanfaatkannya.

Lakukan analisis teknis

Analisis teknis dan alatnya menyediakan sinyal yang dapat memandu proses pengambilan keputusan Anda. Jadi, manfaatkan pola grafik dan garis tren untuk menganalisis pergerakan harga dan mengidentifikasi tren. Carilah pola titik tertinggi dan terendah yang lebih tinggi dalam tren naik atau titik tertinggi dan terendah yang lebih rendah dalam tren turun. Gunakan moving average atau osilator untuk mengonfirmasi momentum dan kekuatan tren.

Lakukan analisis fundamental

Pantau terus data ekonomi, laporan pendapatan, acara berita, dan tren industri. Faktor-faktor ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih luas tentang tren pasar dan memberikan wawasan tentang potensi dampak pada pergerakan harga.

Pantau sentimen pasar

Indikator seperti Fear and Greed Index atau Put-Call Ratio dapat menjelaskan sentimen para pelaku pasar secara keseluruhan dan potensi perubahan tren. Jadi, pertimbangkan sentimen pasar untuk mendapatkan perspektif tambahan untuk pendekatan Anda.

Gunakan beberapa kerangka waktu

Menganalisis tren di berbagai kerangka waktu untuk mendapatkan pandangan komprehensif tentang pasar. Pertimbangkan untuk menggunakan kerangka waktu yang lebih panjang untuk mengidentifikasi tren. Dalam hal ini, formula yang ideal adalah 1:4. Jika trading dalam kerangka waktu 1 jam, identifikasi tren pada kerangka waktu 4 jam.

Terapkan strategi manajemen risiko

Selalu gunakan teknik manajemen risiko, seperti menetapkan order stop-loss dan mengelola ukuran posisi. Strategi ini membantu melindungi modal Anda selama kondisi pasar yang volatil dan mengurangi potensi kerugian.

Contoh tren

Untuk lebih memahami tren pasar, mari kita lihat sebuah contoh. Misalkan harga saham Perusahaan XYZ secara konsisten meningkat selama beberapa bulan terakhir, membentuk titik-titik tertinggi yang lebih tinggi (higher highs) dan titik-titik terendah yang lebih tinggi (higher lows). Hal ini mengindikasikan tren naik. Dengan menggambar garis tren support yang menghubungkan titik terendah yang lebih tinggi secara berurutan, kita dapat mengonfirmasi lintasan naik pasar secara visual.

CREATIVE 2182_1200x675_3.png

Saham NVIDIA telah berada dalam tren naik sejak Desember 2022 dan telah naik lebih dari 190%.

Garis tren secara visual merepresentasikan tren pasar dan membantu trader mengidentifikasi level support potensial dalam tren naik atau level resistance dalam tren turun. Garis-garis ini bertindak sebagai level dinamis yang mengindikasikan area potensial bagi pembeli atau penjual untuk memasuki pasar.

Faktor apa saja yang memengaruhi tren pasar?

Tren pasar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berikut adalah tiga elemen utama yang membentuk tren pasar.

  • Peristiwa geopolitik dan keputusan pemerintah mengenai kebijakan moneter dan fiskal
  • Indikator ekonomi, seperti pertumbuhan PDB, tingkat inflasi, dan suku bunga
  • Sentimen investor, psikologi pasar, dan perilaku investor institusional

Kesimpulan

Memahami tren pasar sangat penting bagi trader dan investor untuk menghadapi dunia trading yang dinamis. Dengan menganalisis tren pasar melalui analisis teknis dan fundamental, trader dapat mengidentifikasi peluang, mengelola risiko, dan membuat keputusan trading yang lebih tepat.

Ingatlah bahwa tren pasar tidak statis, dan penting untuk terus memantau dan menyesuaikan strategi Anda dengan kondisi pasar yang terus berubah. Dengan pendekatan sistematis dan manajemen risiko yang tepat, Anda dapat memanfaatkan tren pasar untuk meningkatkan kesuksesan trading.

Tanya Jawab (FAQ)

Apa itu tren pasar?

Tren pasar mengacu pada pergerakan harga aset seiring berjalannya waktu. Dalam analisis teknis, jika harga secara konsisten mencapai titik tertinggi dan terendah yang lebih tinggi, ini mengindikasikan tren naik. Sebaliknya, jika harga secara konsisten menunjukkan titik tertinggi dan terendah yang lebih rendah, ini menandakan tren turun. Para trader mengandalkan tren pasar untuk mengenali kemungkinan perubahan di pasar yang dapat mereka gunakan untuk tujuan spekulatif.

Bisakah tren pasar diprediksi dengan akurasi 100%?

Meski tidak mungkin untuk memprediksi tren pasar dengan pasti, menganalisis data harga historis, indikator pasar, dan faktor fundamental dapat memberikan wawasan yang berharga untuk membuat keputusan trading yang tepat.

  • 2315

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera