1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Apa yang dimaksud dengan Pasar Bullish?
Diperbarui • 2024-04-16

Apa yang dimaksud dengan Pasar Bullish?

Cover.png

Jika Anda membutuhkan pemahaman lebih lanjut tentang arti pasar bullish, artikel ini akan memberi Anda gambaran terperinci tentang fenomena pasar ini. Bagian berikut ini akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan pasar bullish dalam saham dan aset trading lainnya, memberikan semua yang perlu Anda ketahui untuk menjadi trader yang lebih percaya diri.

Apa yang dimaksud dengan pasar bullish?

Bagian berikut ini akan membuat Anda memahami arti pasar bullish, memberi Anda contoh-contoh apa terkait pasar bullish dalam saham, pasangan Forex, dan instrumen lainnya, dan menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para trader pemula: "berapa lama pasar bullish berlangsung?", dan "apakah pasar bullish itu baik atau buruk?".

Jadi, apa yang dimaksud dengan pasar bullish?

Definisi pasar bullish berasal dari gambar seekor banteng yang menyerang mangsanya dengan mengarahkan tanduknya ke atas. Pasar bullish mengacu pada periode kenaikan harga dan kepercayaan investor secara umum. Para pelaku pasar menggunakan istilah ini untuk menggambarkan kondisi pasar yang positif dan optimis, ketika saham-saham diperkirakan akan bertumbuh nilainya.

Contoh pasar bullish9.png

Grafik APPL 2017-2018

Perhatikan grafik APPL periode dua tahun: kenaikan stabil yang Anda lihat adalah tren bullish.

10.png

Contoh lainnya adalah Bitcoin, yang dapat dikatakan sebagai mata uang kripto teratas di dunia yang dikenal karena perubahan perubahan harganya yang drastis. Di sini, kita melihat bahwa BTCUSD menunjukkan tren bullish yang signifikan, tetapi secara tiba-tiba berubah turun menjadi tren bearish, kebalikan dari pasar bullish.

Hal yang terakhir ini selalu terjadi dalam trading, tetapi kita akan membahasnya di beberapa bagian.

Karakteristik utama dari pasar bullish

Seperti yang Anda ketahui dari definisi pasar bullish, sebagian besar investor melihatnya sebagai tren positif. Kami dapat menunjukkan karakteristik berikut ini untuk menggambarkannya:

  • Naiknya harga aset.
  • Adanya kepercayaan investor.
  • Pertumbuhan ekonomi.
  • Tingkat pengangguran yang rendah.
  • Volume trading yang tinggi.
  • Sentimen positif.
  • Meningkatnya merger dan akuisisi.
  • Suku bunga rendah.

Pasar bullish terjadi seiring dengan kondisi politik dan ekonomi yang positif. Ini adalah periode pertumbuhan dan kepercayaan yang dipicu oleh berita baik. Namun, tren bullish tidak dapat bertahan selamanya karena pasar terbiasa dengan perubahan yang drastis. Namun, sejarah menunjukkan bahwa pasar cenderung memulihkan dirinya sendiri, menciptakan pertumbuhan dan penurunan pada grafik, dengan titik tertinggi baru yang lebih tinggi dari yang sebelumnya dan titik terendah baru yang tidak pernah pulih ke level sebelumnya.

Berapa lama pasar bullish berlangsung?11.png

Durasi pasar bullish dan bearish selama 100 tahun terakhir

Pasar bullish dapat berlangsung hingga beberapa bulan. Akan tetapi, tidak peduli berapa lama tren bullish berlangsung, tren ini selalu berakhir dengan tren bearish. Namun, jangan khawatir; ada cara untuk menghadapi siklus ini secara positif.

Jika kita melihat pasar dalam skala yang lebih kecil, kita akan mendapatkan cakupan yang lebih luas dan melihat bahwa seluruh penerusan tren bullish/bearish adalah bagian dari tren bullish yang lebih besar.

Salah satu cara terbaik untuk melihat pasar adalah dengan menganggapnya sebagai pecahan, dengan peristiwa berskala lebih kecil merupakan cerminan dari peristiwa berskala lebih besar. Dan tren yang lebih besar, yaitu tren yang sedang berlangsung, adalah pasar bullish. Jadi, dalam pasar bullish yang terus berkembang ini, Anda dapat menemukan periode tren bullish yang lebih kecil diikuti oleh tren bearish, dan kemudian siklus tersebut berulang dengan sendirinya.

Apa yang dimaksud dengan pasar bullish bila ditinjau dari sisi baik dan buruknya?

Jika Anda harus melihat dari sudut pandang baik atau buruk, dapat dikatakan bahwa pasar bullish secara umum dianggap menguntungkan bagi investor dan ekonomi. Selama pasar bullish berlangsung, harga aset naik, sehingga menghasilkan imbal hasil investasi yang lebih tinggi dan meningkatkan kemakmuran investor.

Meskipun pasar bullish sering kali mencerminkan ekonomi yang kuat dan bertumbuh serta tingkat kepercayaan investor yang tinggi, perlu dicatat bahwa pasar bullish dapat menimbulkan risiko, dan investor harus tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi penurunan pasar.

Cara berinvestasi di pasar bullish

Sekarang, pertanyaan "Apa itu pasar bullish?" seharusnya tidak lagi ada di benak Anda. Yang mungkin Anda tanyakan adalah apa yang harus Anda lakukan selama tren bullish berlangsung.

Berinvestasi di pasar bullish membutuhkan strategi yang tepat untuk memanfaatkan momentum kenaikan sekaligus mengelola potensi risiko. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan utama untuk berinvestasi di pasar bullish:

  • Mempertahankan sudut pandang jangka panjang. Meskipun kondisi pasar sedang menguntungkan, tahanlah godaan untuk mengejar keuntungan jangka pendek. Sebaliknya, fokuslah untuk membangun portofolio yang terdiversifikasi dengan campuran saham, obligasi, dan aset lain, yang sesuai dengan tujuan investasi dan toleransi risiko Anda.
  • Melakukan riset menyeluruh Carilah perusahaan dengan fundamental yang kuat, pertumbuhan pendapatan yang solid, dan keunggulan kompetitif dalam industrinya. Hindari sensasi sesaat dan spekulasi pasar serta fokuslah pada investasi di perusahaan-perusahaan yang memiliki prospek pertumbuhan berkelanjutan.
  • Menerapkan manajemen risiko mendiversifikasi portofolio Anda dapat mengurangi dampak penurunan pasar dan mengurangi volatilitas secara keseluruhan. Selain itu, pertimbangkan menggunakan order stop-loss untuk melindungi dari penurunan harga yang tiba-tiba dan hindari penggunaan leverage atau margin trading yang berlebihan.
  • Mempertahankan sikap disiplin dalam berinvestasi. Hindari membuat keputusan emosional berdasarkan fluktuasi pasar jangka pendek dan tetap berpegang teguh pada strategi investasi jangka panjang Anda.
  • Mengikuti tren pasar, indikator ekonomi, dan peristiwa geopolitik. Menyadari potensi risiko dan terus mengikuti perkembangan pasar dapat membantu Anda mengambil keputusan investasi yang tepat di pasar yang sedang bullish.

Risiko yang perlu diperhatikan dalam pasar bullish

Ketika berbicara tentang risiko pasar bullish, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah potensi terjadinya valuasi aset yang terlalu tinggi (overvaluation). Selama pasar bullish, optimisme investor dapat menyebabkan kenaikan harga yang mungkin tidak didukung oleh fundamental perusahaan. Hal ini dapat menyebabkan koreksi pasar atau bahkan kejatuhan ketika aset yang dinilai terlalu tinggi pada akhirnya kembali ke nilai sebenarnya.

Risiko lain dari pasar bullish adalah rasa puas diri. Ketika harga naik, investor bisa jadi terlena dan mengabaikan tanda-tanda peringatan atau risiko di pasar. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya diversifikasi dalam portofolio investasi dan kegagalan untuk menilai dan mengelola risiko dengan tepat.

Leverage berlebihan dan trading margin adalah hal yang umum terjadi di pasar yang sedang naik karena investor menjadi lebih percaya diri dengan tren kenaikan harga saham. Meskipun leverage dapat memperbesar imbal hasil di pasar yang sedang naik, leverage juga dapat memperbesar kerugian di pasar yang sedang turun, sehingga berpotensi menyebabkan masalah keuangan yang serius bagi investor yang menggunakan leverage berlebihan.

Peristiwa geopolitik, kemerosotan ekonomi, dan guncangan pasar yang tidak terduga dapat terjadi bahkan selama pasar bullish, sehingga menyebabkan penurunan pasar yang tiba-tiba dan sangat parah. Investor harus tetap waspada dan siap menghadapi kejadian-kejadian seperti itu, bahkan dalam kondisi pasar yang kuat sekali pun.

Pasar bullish dapat menjadi waktu yang menguntungkan bagi investor; tetapi, sangat penting untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi risiko. Diversifikasi, manajemen risiko, dan terus mengikuti perkembangan informasi adalah strategi penting untuk mengelola risiko di pasar bullish.

Kesimpulan

Pasar bullish dapat menjadi peluang yang luar biasa bagi trader untuk mendapatkan keuntungan dari tren positif ini. Agar berhasil, trader harus fokus pada investasi berkualitas tinggi dan memiliki fundamental yang kuat dengan potensi pertumbuhan yang solid. Mengalokasikan sebagian besar portofolio ke saham dan sektor yang biasanya berkinerja bagus di pasar bullish, seperti teknologi, kebijakan konsumen, dan sektor keuangan juga merupakan ide yang bagus.

Trader juga harus meninjau portofolio secara teratur untuk memanfaatkan peluang baru. Mendiversifikasi portofolio dan menghindari pengambilan risiko yang berlebihan dapat membantu mencegah kerugian yang signifikan.

Terakhir, Anda harus terus mengikuti tren pasar dan indikator ekonomi agar dapat membuat keputusan investasi yang tepat selama pasar bullish.

Tanya Jawab (FAQ)

Bagaimana cara berinvestasi di pasar bullish?

Berinvestasi di pasar bullish dapat disederhanakan menjadi beberapa kiat praktis, di antaranya:

  • Tetap berpegang pada portofolio yang berkualitas.
  • Ikuti rencana keuangan Anda.
  • Tingkatkan terus keuntungan Anda.
  • Lakukan pendekatan bertahap dalam berinvestasi dan melakukan penjualan.
  • Tetap berada dalam momentum pasar.
  • Gunakan kontrak opsi untuk melindungi risiko Anda.

Tepatkah membeli di pasar bullish?

Secara umum, pasar bullish dianggap sebagai waktu yang tepat untuk berinvestasi. Namun, kita harus memperhatikan risiko yang mungkin terjadi, karena pasar bullish cenderung berubah arah menjadi tren bearish, yang mengakibatkan kerugian finansial.

Haruskah saya berinvestasi di pasar bullish atau bearish?

Berinvestasi di pasar bullish dapat menguntungkan karena biasanya ditandai dengan kenaikan harga saham dan sentimen investor yang positif menjadi ciri khasnya. Namun, berinvestasi di pasar bearish juga dapat memberikan peluang karena harga saham umumnya lebih rendah dan dapat menawarkan titik masuk yang menarik bagi investor jangka panjang.

Pertimbangkan toleransi risiko, tujuan investasi, dan jangka waktu Anda saat memutuskan apakah akan berinvestasi di pasar bullish atau bearish. Mendversifikasi portofolio Anda, meminta saran profesional, dan mengikuti informasi terkini tentang tren pasar ini dapat membantu Anda mengambil keputusan yang tepat, apa pun kondisi pasarnya. Pada akhirnya, keputusan untuk berinvestasi di pasar bullish atau bearish harus didasarkan pada pertimbangan yang cermat atas situasi keuangan dan tujuan investasi Anda.

Apa saja investasi terbaik di pasar bullish?

Biasanya, investor pasar bullish, berfokus pada aset yang berorientasi pada pertumbuhan seperti saham, terutama saham perusahaan dengan fundamental yang solid dan potensi pertumbuhan pendapatan pada masa depan. Beberapa sektor lain yang berkinerja baik di pasar bullish adalah teknologi, barang konsumsi, dan layanan kesehatan. Beberapa investor bullish mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam reksa dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang melacak indeks pasar yang luas atau sektor tertentu.

  • 497

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera