1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Apa itu bursa saham?
Diperbarui • 2024-01-23

Apa itu bursa saham?

cover_id.png

Mengungkap rahasia bursa saham adalah kunci kesuksesan trading Anda! Pusat kekuatan finansial ini bukan hanya tentang angka dan trading; pusat-pusat ini adalah mesin yang menggerakkan pasar global. Berikut ini adalah poin-poin penting yang menyoroti topik-topik utama yang akan kita bahas:

  • Definisi dan tujuan: Mempelajari bursa saham akan mengungkap cara trading aset keuangan dan fungsi dasar pasar.
  • Siklus hidup perusahaan dan IPO: Kami akan menunjukkan pentingnya penawaran umum dalam meningkatkan modal dan cara perilaku investor memengaruhi harga saham.
  • Peraturan dan persyaratan: Memahami persyaratan bursa saham sangat penting bagi perusahaan yang ingin tercatat dan investor yang ingin trading sekuritas.
  • Para pemain utama: Setiap peserta di bursa saham memiliki peran unik yang memengaruhi trading global.
  • Jenis-jenis bursa saham: Anda akan mempelajari berbagai jenis bursa saham dan cara bursa secara langsung membentuk sifat transaksi.

Apa itu bursa saham?

Karena saham adalah salah satu instrumen trading paling populer di kalangan investor ritel dan institusi, memahami pengertian bursa saham dapat membawa pengalaman trading Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Bursa saham adalah pasar tempat trader bisa membeli dan menjual saham, obligasi, komoditas, dan aset lainnya. Berbeda dengan pasar bebas, bursa saham bertindak sebagai perantara antara investor dan perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di bursa.

Di masa lalu, semua bursa saham adalah ruang fisik, tetapi hari ini, sebagian besar bursa modern beroperasi secara online sebagai platform trading elektronik. Yang paling terkenal di antaranya adalah NASDAQ, New York Stock Exchange (NYSE), London Stock Exchange (LSE), Tokyo Stock Exchange (JPX), dan beberapa bursa lainnya. Meskipun masih ada bursa dengan lantai trading fisik, tren global sangat mendukung trading elektronik dan platform digital.

Cara kerja bursa saham

Bursa saham memungkinkan trader dan investor membeli atau menjual sekuritas perusahaan terkenal.

Namun, sebelum mereka dapat melakukan ini, saham yang ingin mereka beli harus terlebih dahulu diperkenalkan kepada masyarakat umum. Agar hal ini dapat terjadi, perusahaan melakukan penawaran umum perdana (IPO). Itulah kali pertama perusahaan menerbitkan saham untuk dibeli oleh publik. IPO pada dasarnya mengubah perusahaan dari perusahaan milik pribadi menjadi perusahaan publik. IPO memungkinkan perusahaan mengumpulkan modal untuk melunasi utang, mendanai pengembangan baru, meningkatkan pengenalan merek, dan sebagainya.

Setelah IPO, pemegang saham baru dapat menjual saham kepada anggota masyarakat umum lainnya melalui pasar sekunder, termasuk bursa saham. Di situlah trading yang sebenarnya terjadi. Harga saham berubah tergantung pada tingkat penawaran dan permintaan, sehingga nilai saham akan naik jika masyarakat tertarik untuk memiliki saham suatu perusahaan.

Bursa saham juga bekerja sama dengan pihak berwenang yang mengatur trading sekuritas. Oleh karena itu, bursa saham memberlakukan batasan siapa saja yang boleh bertransaksi di sana dan perusahaan mana saja yang boleh terdaftar di platform mereka, sehingga menciptakan lingkungan yang adil, aman, dan transparan bagi para calon investor.

Persyaratan bursa saham

Tidaklah mengherankan bila bursa saham diatur secara ketat dan menetapkan standar tinggi untuk semua peserta.

Untuk terdaftar di bursa saham, perusahaan harus memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan ini memungkinkan bursa saham untuk mengeliminasi kandidat yang tidak layak secara finansial dan menegaskan kembali transparansi, keamanan, dan reputasinya.

Sebagai imbalannya, perusahaan yang terdaftar di bursa saham mendapatkan:

  • peningkatan pengenalan merek;
  • likuiditas yang lebih tinggi;
  • peningkatan kapitalisasi;
  • reputasi yang lebih baik;
  • pengakuan internasional.

Jika saham perusahaan diperdagangkan di bursa saham, maka secara otomatis perusahaan tersebut akan diakui sebagai bisnis yang sukses dan menarik perhatian investor yang berpengaruh. Inilah sebabnya begitu banyak perusahaan bertujuan untuk mencatatkan sekuritas mereka di bursa.

Pada saat yang sama, bursa saham juga memiliki sejumlah persyaratan untuk calon pembeli dan penjual. Para trader retail tidak dapat mengakses bursa saham secara langsung. Mereka hanya dapat melakukannya melalui pihak ketiga, seperti pialang atau dealer. Untuk mengakses bursa saham, pialang harus memiliki lisensi yang valid, modal yang cukup, dan alat untuk memastikan keamanan dana klien.

Persyaratan bursa saham yang ketat menawarkan banyak keuntungan. Ketika investor memiliki kepercayaan terhadap suatu perusahaan, harga sahamnya cenderung meningkat, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan dana yang lebih besar untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Contoh kasus yang menggambarkan fenomena ini adalah lintasan pertumbuhan Tesla yang luar biasa, yang digambarkan dalam grafik di bawah ini.

IMG1_id.png

Para pemain utama di bursa saham

Bursa saham umumnya terdiri dari para partisipan berikut ini:

  • Broker. Broker bursa saham adalah perantara yang membantu trader dan investor untuk membeli atau menjual sekuritas melalui bursa. Broker menerima pesanan beli dan jual dari klien mereka dan mengeksekusinya tanpa mencampuri cara kerja pasar. Untuk layanan mereka, broker dibayar dengan komisi dari transaksi keuangan yang mereka lakukan.
  • Dealer. Berbeda dari broker, dealer melakukan trading saham untuk mendapatkan uang untuk diri mereka sendiri, bukan untuk klien tertentu. Dealer bertujuan untuk melakukan trading dengan penjual dan pembeli secara bersamaan, secara terbuka memosting penawaran dan harga yang diminta. Perbedaan di antara keduanya — spread — adalah cara dealer menghasilkan uang di bursa saham.
  • Pembuat pasar. Meskipun para pembuat pasar tidak selalu merupakan anggota bursa saham yang terpisah, mereka memainkan peran penting dalam meningkatkan likuiditas pasar saham. Pembuat pasar adalah dealer yang membeli dan menjual saham dalam jumlah besar untuk menciptakan lebih banyak peluang bagi terjadinya transaksi, memfasilitasi trading yang lancar.

Jenis-jenis bursa saham

Ada banyak cara untuk mengatur bursa saham. Mari kita cari tahu mana yang paling umum di pasar saham.

IMG2_id.png

Bursa lelang

Bursa lelang adalah pasar tempat transaksi didasarkan pada harga tertinggi yang bersedia dibayarkan oleh pembeli untuk sebuah saham dan harga terendah yang bersedia diterima oleh penjual untuk saham yang sama. Jika harga bid pembeli dan harga ask penjual cocok, order mereka akan dipasangkan dan dieksekusi. Dengan menghindari negosiasi antara kedua belah pihak, bursa lelang menyederhanakan proses trading, menjadikannya secepat dan seefisien mungkin.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bursa lelang terkadang diselenggarakan di lokasi fisik. Contohnya, New York Stock Exchange adalah pasar lelang di Wall Street yang masih menggunakan sistem teriakan terbuka untuk membuka dan menutup lelang. Di bawah sistem ini, trader dan investor menggunakan teriakan, gerakan tangan, dan sinyal nonverbal lainnya untuk menyampaikan niat mereka untuk membeli atau menjual sekuritas. Namun, metode ini dengan cepat digantikan oleh trading elektronik dan mungkin akan hilang seluruhnya dari semua bursa.

Bursa elektronik

Bursa elektronik tidak memerlukan kontak fisik antara pembeli dan penjual. Sebaliknya, sistem secara otomatis menghubungkan pembeli dan penjual melalui pasar online, yang sering kali menghasilkan transaksi yang hampir seketika. Bursa elektronik juga membantu investor menghemat uang karena biaya transaksi yang rendah, yang merupakan alasan lain mengapa jenis bursa ini hampir menggantikan trading tradisional.

Jaringan komunikasi elektronik (ECN)

ECN adalah jenis bursa saham yang berbeda. Berbeda dari jenis lainnya, ECN membuat koneksi langsung antara pembeli dan penjual dan tidak memerlukan kehadiran pembuat pasar. ECN termasuk dalam sistem trading alternatif dan bersaing dengan bursa saham tradisional, sehingga membantu menekan biaya transaksi.

Meskipun beberapa ECN mengizinkan trader dan investor ritel untuk melakukan trading, jenis bursa ini terutama digunakan oleh investor institusional yang mampu memindahkan uang dalam jumlah besar.

Bursa saham: ringkasan

Bursa saham memainkan peran penting dalam perekonomian dan mendorong proses investasi. Bursa saham memastikan transparansi dan keamanan trading, memfasilitasi perkembangan ekonomi, menarik investor, dan menjaga stabilitas pasar saham. Saat ini, trader dan investor dapat mengakses bursa saham melalui broker berlisensi dari kenyamanan rumah mereka, yang menjadikan pasar saham sebagai salah satu pasar keuangan paling likuid di dunia.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Dan ingat, bersama FBS, Anda dapat mengakses bursa besar dunia dan melakukan trading saham tanpa komisi!

  • 652

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera