1. FBS Broker >
  2. Blog FBS >
  3. Apa Itu Sandbox? Panduan Lengkap untuk Memahami Platform Permainan Game Revolusioner Metaverse
Diperbarui • 2024-06-10

Apa Itu Sandbox? Panduan Lengkap untuk Memahami Platform Permainan Game Revolusioner Metaverse

cover.png

Apakah Anda suka bermain game? Baik Anda suka maupun tidak, hal itu tidak akan mengubah fakta bahwa, sebagai seorang trader, Anda mungkin tidak mempunyai waktu untuk menikmati hobi Anda. Namun, bagaimana seandainya ada cara untuk bermain game dan menjalankan trading secara bersamaan? Kedengarannya menarik? Jika demikian, Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang Sandbox Metaverse. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui apa itu Sandbox Metaverse, cara kerjanya, dan peluang yang ditawarkannya kepada pengguna.

Pengantar Sandbox: platform permainan game virtual

Sandbox adalah dunia game virtual yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 oleh pengembangnya, Pixowl. Setelah cukup sukses dengan Sandbox versi seluler pada tahun-tahun sebelumnya, perusahaan memutuskan untuk memperluas jangkauan produknya ke audiens yang lebih besar.

Namun, beralih platform tidaklah mudah bagi pengembang game mana pun, khususnya jika terdapat game populer dari jenis yang sama yang menguasai segmen pasar. Itu sebabnya mengapa para pengembang masa kini harus menemukan cara-cara baru untuk menarik audiens. Beberapa pengembang menawarkan mode kerja sama tingkat lanjut; yang lain fokus pada memberikan wadah kreatif bagi para pemainnya.

Namun, Sandbox menggabungkan kedua hal ini dan memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan uang. Anda mungkin bertanya, “Bagaimana cara kerjanya?”. Mari kita cari tahu.

Konsep dan fitur Sandbox

Sandbox adalah dunia game virtual yang dibangun di atas platform blockchain Ethereum yang terdiri dari petak-petak tanah virtual yang tak terhitung jumlahnya. Peta-petak tanah itu adalah NFT yang dapat dikustomisasi para pemain sesuai keinginannya. Pengguna dapat membeli, menjual, atau menyewa petak-petak tersebut dan bahkan menggunakannya untuk membuat berbagai bangunan serta menciptakan game baru yang dikustomisasi, serta konten buatan pengguna lainnya.

Pada intinya, Sandbox terdiri dari tiga alat utama:

  1. VoxEdit. Produk ini adalah editor virtual yang dapat digunakan para pemain untuk menciptakan model voxel 3D. Model dibuat dari voxel—piksel 3D yang sangat kecil—yang memungkinkan para pengguna membuat berbagai macam objek game, dari bangunan hingga animasi manusia. Setelah objek selesai dibuat, para pengguna dapat memasukkannya ke dalam dunia game sebagai Aset NFT unik.
  2. Marketplace. Setelah membuat berbagai model voxel, para pengguna dapat menjualnya di Marketplace Sandbox. Untuk melakukan hal itu, mereka harus mendaftarkan model terlebih dulu di blockchain dengan mengunggahnya ke jaringan IPFS untuk disimpan secara terdesentralisasi. Prosedur ini memungkinkan para pengguna untuk membuktikan kepemilikannya terhadap ciptaan mereka dan menggunakannya sebagai Aset NFT dalam game untuk ditempatkan di dunia mereka atau dijual di Marketplace.
  3. Game Maker. Game Maker adalah alat untuk membuat game 3D dalam Sandbox. Para pengguna tidak harus memiliki latar belakang pengodean untuk melakukan hal ini karena platform menawarkan beragam alat pembuatan skrip visual yang dapat digunakan dengan mudah.

Intinya, Sandbox adalah platform terdesentralisasi yang memungkinkan penggunanya membuat NFT dan menukarkannya dengan token dalam game.

1931-03.png

Membuat dan menyesuaikan dunia virtual Anda sendiri

Nilai jual utama Sandbox adalah dapat menyesuaikan pengalaman pemain sepenuhnya. Meskipun sekilas terlihat seperti dunia virtual yang besar, game ini menyediakan semua alat yang diperlukan para pemain untuk mengisinya dengan apa pun yang mereka inginkan, baik bangunan, hewan, maupun bahkan game 3D lengkap.

Level kustomisasi ini memungkinkan para pemain untuk memaksimalkan game tanpa batasan apa pun. Setelah membeli atau menyewa sepetak tanah, para pemain dapat menyesuaikannya dengan keinginan dan kemampuan mereka. Selain itu, para pemain juga dapat mengunjungi petak tanah orang lain dan berinteraksi dengan kreasi (atau Aset) yang berbeda, serta mendapatkan inspirasi untuk proyek mereka sendiri.

Namun, yang membedakan Sandbox dari metaverse lainnya adalah bahwa di sini kreativitas dihargai. Para pemain dapat memperoleh token kripto dengan menjual Aset mereka di Marketplace, memonetisasi game mereka, atau menyewakan petak tanahnya ke para pemain lain. Selanjutnya, Anda akan belajar cara mendapatkan uang melalui Sandbox.

Non-Fungible Token (NFT) dan integrasi blockchain Sandbox

Metaverse Sandbox didasarkan pada blockchain Ethereum, artinya para pemain dapat mendaftarkan setiap aset yang mereka buat dalam ekosistem game ini di blockchain dan melindunginya dari upaya peniruan.

Integrasi blockchain juga memungkinkan Sandbox menerapkan perekonomian dalam-game yang inovatif, memungkinkan para pemain untuk mendapatkan uang. Untuk mendukung perekonomian yang unik ini, game menggunakan tiga jenis Non-Fungible Token:

  1. SAND. SAND adalah mata uang utama metaverse ini yang mendukung pertumbuhan platform. Semua transaksi antar pemain dilaksanakan dalam SAND. Para pemain dapat menggunakan SAND untuk mengakses game yang dibuat khusus, membuat Avatar, dan membeli peralatan dan Aset dari Marketplace. Karena game didasarkan pada blockchain, SAND dibuat di atas platform Ethereum sebagai sebuah token utilitas ERC-20, yang berarti para pemain dapat membelinya di platform trading mata uang kripto. Para pemain juga dapat men-stake koin SAND mereka untuk menerima pendapatan pasif.
  2. LAND. Jika SAND diperlukan untuk menjalankan transaksi dalam game, LAND adalah NFT Ethereum lainnya yang harus dibeli para pemain untuk merasakan semua manfaat yang ditawarkan game. LAND merujuk ke petak real estat yang dibeli para pemain dalam dunia game. Setiap unit LAND berukuran 96 m2, yang memungkinkan para pemain membuat dan menempatkan sejumlah Aset dan game. Peta metaverse terdiri dari lebih 100.000 LAND, dan para pemain dapat membeli unit individual dengan menunggu dimulainya penjualan LAND di peta.
  3. Aset. Tidak seperti SAND dan LAND, Aset adalah Non-Fungible Token yang dibuat sendiri oleh para pemain dan merupakan bagian dari konten buatan pengguna. Aset dibuat di VoxEdit lalu didaftarkan di blockchain sehingga menjamin kepemilikan penciptanya. Setelah itu, para pemain dapat menjual Aset mereka di Marketplace dan mengalihkan kepemilikannya ke pemain lain dengan imbalan SAND.

Seperti yang Anda lihat, Sandbox menawarkan sistem keuangan kompleks yang mendorong para pemain agar benar-benar menyatu dengan platform dan komunitas untuk menciptakan pengalaman game yang lebih baik.

1931-01.png

Bermain dan mendapatkan uang di metaverse Sandbox

Sandbox bukanlah metaverse pertama yang mengintegrasikan mata uang kripto ke dalam dunia virtualnya. Contoh paling menonjol dari mata uang kripto ini meliputi:

  • Floki. Floki bukan metaverse tradisional, tetapi sebuah ekosistem digital spesifik yang terdiri dari game Valhalla, marketplace FlokiPlaces, platform pembelajaran kripto University of Floki, Floki DeFi, dan Floki NFT Collections. Ekosistem ini menggunakan mata uang kripto aslinya, Floki Inu, yang populer di kalangan komunitas meme.
  • Decentraland (MANA). Ini adalah salah satu mata uang kripto awal dari dunia mata uang kripto Decentraland yang dibuat oleh Meta Platforms. Sesuai dengan namanya, platform ini tidak memiliki regulator; para pengguna berinteraksi satu sama lain dengan membeli dan menjual aset digital. Decentraland menggunakan koin MANA, yang juga dijalankan di platform Ethereum. Pada puncak popularitasnya pada tahun 2021, nilai koin ini tumbuh lebih dari 60%. Namun, seperti yang sering terjadi pada mata uang kripto, semua hal baik dapat berakhir dengan cepat. Pada tahun 2022, harga koin ini anjlok lebih dari 90%.
  • Metahero. Metahero adalah koin mata uang kripto yang dijalankan oleh Metahero, sebuah perusahaan yang bekerja untuk membuat model 3D dari dunia nyata. Jadi, misalkan Anda ingin hadir di metaverse, kini Anda dapat mendigitalkan gambar Anda dengan membuat avatar tiga dimensi.

Namun, cara kerja Sandbox berbeda dari ketiga platform ini. Sandbox dibuat seperti game, dan tujuan utama platform ini adalah untuk menyediakan sarana hiburan dan kreatif untuk para pemainnya. Aspek mata uang kripto membantu mendorong para pemain untuk meneruskan pengembangan dunia virtual dan menghubungkan game dengan realitas, yang meningkatkan pengalaman realitas virtual.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan uang di Sandbox:

  • membangun dan menjual Aset yang dibuat di VoxEdit,
  • menyewakan atau menjual LAND ke para pengguna lain,
  • men-stake SAND untuk mendukung blockchain dan menerima pendapatan pasif,
  • mengembangkan game 3D dengan Game Maker dan memonetisasinya untuk menerima profit ketika pengguna lain memutuskan untuk memainkannya.

Seperti yang dapat Anda lihat, Sandbox menawarkan cara-cara yang lebih rumit untuk mendapatkan uang melalui hiburan dan mendorong para pengguna untuk terus memainkan game.

Pengembangan masa mendatang dan potensi dampak Sandbox

Saat ini, Sandbox berfokus pada perluasan basis penggunanya.

Metaverse Sandbox telah bermitra dengan berbagai merek terkenal, seperti Hell's Kitchen, Snoop Dogg, Adidas, Atari, dan sejumlah mitra potensial (termasuk Forbes) diharapkan akan terus bertambah dalam waktu dekat. Hal ini memungkinkan para kreator untuk mengembangkan kesadaran masyarakat umum terhadap game ini dan menarik para pengguna baru. Semakin banyak pemain yang berpartisipasi dalam game, semakin tinggi harga koin SAND sehingga semakin menguntungkan bagi para pemain untuk terus bermain.

Strategi lain yang diterapkan platform adalah kerja sama dengan negara-negara lain. Saat ini, para pengembang berencana memperluas jangkauan mereka ke Jerman setelah mengakuisisi Sviper GmbH, sebuah perusahaan pengembangan game papan atas. Pada saat yang sama, ada rencana untuk membangun kerja sama dengan Arab Saudi.

Pada akhir tahun 2023, Sandbox berencana untuk meluncurkan DAO dan memulai operasinya dengan kapasitas penuh.

Jika terbukti sukses, metaverse Sandbox dapat mengubah cara kerja platform permainan game dan trading kripto. Kombinasi hiburan dan trading dapat menarik lebih banyak orang ke trading mata uang kripto, khususnya mereka yang tidak pernah berpikir untuk melakukannya sebelumnya, dan mempopulerkannya di kalangan masyarakat umum. Jika jumlah trader kripto/pemain game meningkat drastis, hal itu dapat mengubah pasar kripto secara keseluruhan. Itu sebabnya mengapa mengikuti perkembangan metaverse Sandbox dapat membantu Anda menyesuaikan diri dengan perubahan yang mungkin terjadi.

Kesimpulan: Alasan Sandbox adalah masa depan game

Sandbox adalah platform unik yang menggabungkan trading kripto dengan permainan game. Metaverse ini memungkinkan para trader untuk tidak hanya terlibat dalam trading kripto tradisional, tetapi juga menyesuaikan pengalaman bermain game mereka semaksimal mungkin dan mendapatkan koin tambahan saat menjual kreasi mereka. Jika sukses dalam jangka panjang, proyek ini berpotensi merevolusi industri permainan game.

Pada saat yang sama, harus diingat bahwa metaverse baru ini baru mulai memperluas jangkauannya ke audiens yang lebih besar. Meskipun koin SAND sudah diintegrasikan ke dalam berbagai platform trading kripto, harganya masih belum stabil. Namun, seiring dengan perkembangan game ini, kapitalisasi koin utamanya, Sand, juga dapat tumbuh.

Investasi dalam Sandbox seperti berinvestasi dalam proyek usaha besar. Jadi, Anda harus menyawab pertanyaan: "Apakah Anda yakin metaverse akan terus berkembang?" Jika Anda yakin, Sandbox adalah pilihan yang bagus untuk dibeli. Namun, jika masih ragu, Anda dapat mengandalkan trading tradisional yang menawarkan banyak peluang untuk menghasilkan profit besar.

  • 1274

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera