Resiko Perang Dagang Kembali Meningkat

Baca artikel di situs FBS

Presiden Trump kembali membuat statement yang menyebabkan atmosfir perang dagang kembali berubah. Trump menyerukan bahwa perjanjian parsial tidak dibutuhkan Amerika Serikat dalam kesepakatan dalam perang dagang Amerika – China. Keadaan ini tentunya mengganggu perundingan dagang yang sedang berlangsung di Washington antara delegasi China dan Amerika pada hari jumat minggu lalu. Delegasi China pulang lebih awal dan membatalkan kunjungan mereka ke pertanian di Nebraska, tanpa penjelasan apapun.

Perang dagang Amerika Serikat dan China telah berlangsung sejak tahun 2018, dimana perundingan antara 2 negara besar ini sudah terjadi beberapa kali dan selalu diakhiri dengan kenaikan tariff diantara keduanya karena tuntutan Amerika Serikat terhadap pencurian intelektual, transfer teknologi dengan paksa dan deficit perdagangan Amerika – China. Akhir akhir ini Pemerintah China telah mencoba untuk mendinginkan perang dagang yang terjadi dengan menunda kenaikan tariff terhadap produk pertanian Amerika Serikat yang diekspor dan Pemerintah China mulai kembali membeli hasil pertanian Amerika Serikat dalam jumlah besar. Sebagai balasannya administrasi Trump menunda kenaikan tariff tambahan sampai tanggal 15 oktober 2019.

Statement Presiden Trump hari jumat bahwa dia tidak akan membuat kesepakatan parsial saja terutama dalam deficit perdagangan kedua negara, tanpa adanya kesepakatan dibidang teknologi dan pencurian intelektual, memberikan atmosfir bahwa resiko perang dagang akan berlanjut masih ada dalam jangka waktu yang panjang. Keadaan ini tentunya menyinggung niat baik China, sehingga negoisator China harus meninggalkan Amerika Serikat lebih awal. Keadaan ini membuat para pelaku pasar melihat bahwa kesepakatan dagang tidak akan dapat terwujud diakhir tahun ini. Rubuh nya pasar ekuitas tentunya dapat membuat harga emas kembali naik kelevel $1526/ troyounce dengan alternative koreksi ke level $1508/troyounce

Trading Plan :

Buy Limit 1495 – 1509  dengan target 1526

Gold Timeframe Daily

gold 23 sept.png

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.