Pedoman Alternasi

Baca artikel di situs FBS

Ada sejumlah aturan dan pedoman dalam Teori Elliott Wave. Anda harus mengikuti semua aturan yang telah kami jelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya, tetapi pedoman itu tidak bersifat baku. Dengan kata lain, pedoman tidak selalu muncul, tetapi terdapat dalam cukup banyak kasus sehingga kita tidak boleh mengabaikannya.

Apa Itu Alternasi?

Sederhananya, alternasi adalah tentang memperkirakan beberapa perbedaan tampilan gelombang yang serupa dalam sebuah pola berdasarkan kedalaman, kompleksitas, dan durasi. Alternasi terjadi di dalam impuls dan koreksi. Mari kita lihat beberapa contoh.

Alternasi pada Impuls

Biasanya, terdapat hubungan antara gelombang dua dan empat dalam impuls. Terdapat impuls naik pada grafik berikutnya. Gelombang (ii) pada impuls ini tajam, tetapi gelombang (iv) bergerak mendatar. Jadi, begitulah cara kerja alternasi dalam impuls, yang memiliki dua koreksi di dalam gelombang dua dan empat. Ketika terjadi alternasi, jika satu koreksi memiliki arah, koreksi lainnya tidak memiliki arah.

Selain itu, gelombang (ii) cukup mudah ditemukan di sini, tetapi gelombang (iv) memiliki lebih banyak gelombang di dalamnya sehingga terdapat alternasi lain berdasarkan kerumitannya.

Grafik di bawah ini memperlihatkan dua alternasi. Di dalam gelombang (iii) kita memiliki gelombang ii yang tajam, seperti dugaan Anda, gelombang (iv) bergerak mendatar. Contoh lainnya adalah dalam gelombang iii, gelombang dua bergerak mendatar dan gelombang empat tajam sehingga susunannya telah berubah. Alternasi semacam itu juga dapat Anda temui ketika terdapat perubahan beruntun pada bentuk gelombang dua dan empat.

Alternasi pada Triangle

Gelombang di dalam koreksi dibagi lagi menjadi Sederhana (Simple), Kompleks (Complex), dan Paling Kompleks (Most Complex). Di dalam Triangle atau segitiga, salah satu gelombang cenderung paling kompleks. Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di bawah, gelombang B memiliki struktur paling kompleks sementara gelombang lainnya berstruktur Sederhana atau Kompleks.

Alternasi pada Zigzag

Terkadang, salah satu gelombang zig-zag memiliki struktur yang lebih kompeks dibanding dengan yang lain. Grafik berikut menunjukkan sebuah kasus dengan gelombang kompleks ((c)) dalam hubungannya dengan gelombang ((a)) dan ((b)). Namun, jika Anda menjumpai gelombang A yang sederhana dan gelombang B yang kompleks, kemungkinan gelombang C akan sederhana seperti gelombang A.

Alternasi pada Double Zigzag

Gelombang Double Zigzag, atau zig-zag ganda, juga dapat menampakkan perbedaan satu sama lain. Mari kita lihat grafik di bawah ini. Gelombang (w) sederhana, gelombang (x) kompleks, dan gelombang (y) paling kompleks. Dengan demikian, jika kita dapat menemukan gelombang W dan X dengan mudah di Double Zigzag, kita tidak boleh mengesampingkan kemungkinan kerumitan gelombang Y.

Alternasi pada Flat

Konsistensi ‘Sederhana-Kompleks-Paling Kompleks’ juga dapat berlaku pada Flat. Grafik berikut menunjukkan sebuah kasus dengan gelombang C yang paling kompleks. Pada saat yang sama, gelombang B dapat menjadi paling kompleks, sedangkan reli masif pada gelombang C menunjukkan dirinya sebagai gelombang sederhana.

Kesimpulan

Alternasi adalah salah satu pedoman yang paling bermanfaat, yang membantu kita memahami gaya gelombang apa yang mungkin akan kita hadapi pada tahap pasar berikutnya. Ini bukanlah aturan langsung, tetapi merupakan alat tambahan yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah gelombang.

Mulai trading

Diperbarui • 2023-07-26

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.