Data Ekonomi Amerika dan Kebijakan The Fed

Baca artikel di situs FBS

Data ekonomi Amerika Serikat dan kebijakan The Fed, saat ini terasa sejalan. Data ekonomi Amerika yang minggu lalu dirilis terlihat melemah, mulai dari factor inflasi CPI dan PPI yang terlihat “ Mix “ dengan kecenderungan penurunan, serta data Retail Sales yang paling lemah dalam dalam 10 tahun terakhir. Ini tentunya mengindikasikan bahwa perekonomian Amerika Serikat mulai terganggu oleh ketidakpastian terhadap konflik dagang Amerika – China yang di kobarkan oleh administrasi Trump.

Pelemahan data ekonomi Amerika karena adanya konflik dagang yang terjadi, tentunya sudah di prediksi oleh The Fed sehingga dalam bulan januari 2019, Ketua The Fed Jerome Powell mulai menurunkan tekanan terhadap kenaikan suku bunga yang agresif dengan mengatakan “ Patient “ dan “ Akan Melihat Data Ekonomi yang Berkembang”.

Dari sini terlihat bahwa dengan perkembangan data ekonomi Amerika yang terlihat melemah maka dapat di prediksi bahwa The Fed akan kembali menunda kenaikan suku bunga pada kuartal pertamanya. Penundaan ini tentunya akan membawa pelemahan mata uang US Dollar yang telah selama 2 minggu terakhir terlihat menguat disemua mata uang di dunia.

Pelemahan mata uang US Dollar tentunya akan dimanfaatkan oleh pasar saham Amerika Serikat untuk kembali pulih setelah di bulan desember 2018 terlihat jatuh sangat dalam sehingga menimbulkan kepanikan di pasar uang yang memprediksi akan terjadi resesi ekonomi di masa yang akan datang.

Pelemahan US Dollar , Kenaikan pasar saham Amerika serta ketidakpastian terhadap stabilitas ekonomi dunia tentunya akan membuat para pelaku pasar akan kembali memburu safe haven sebagai nilai lindung investasi mereka dalam jangka waktu menengah sampai keadaan kembali kondusif untuk investasi mereka dipasar uang. Target harga emas adalah $1345/ troy ounce dengan koreksi ke $1317/ troy ounce.

Gold Timeframe Daily

 gold 19 feb.png

Safe haven lain yang dapat memanfaatkan pelemahan mata uang US Dollar dan ketidakpastian ekonomi global saat ini tentunya adalah pair USDCHF yang mempunyai target penurunan ke level 0.9927 dengan koreksi ke level 1.0075.

USDCHF Timeframe Daily

usdchf 19 feb.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.