Faktor Geopolitik Mendorong XAUUSD Bullish

Baca artikel di situs FBS

Faktor geopolitik yang terjadi di laut China selatan dan demonstrasi di Rusia dapat membuat pair XAUUSD kembali terlihat bullish.

Amerika Serikat akhirnya menjawab aksi tentara China yang mengerahkan pesawat tempur di wilayah Taiwan. Dalam seminggu terakhir kawasan perairan di kepulauan Pratas Taiwan menajdi perhatian pelaku pasar, karena terdapat 6 pesawat tempur China yang melintas dan 1 pesawat pengintai Amerika Serikat yang masuk dalam wilayah yang sama. Pemerintah China mulai memberikan tekanan terhadap pemerintah Taiwan dengan mengatakan bahwa kemerdekaan berarti perang, sehingga tentara China akan melakukan tindakan atas provokasi yang ada, baik dari dalam dan luar negeri.

Amerika Serikat menjawab dengan mengirim kapal induk ke perairan laut China Selatan, yang merupakan zona perairan International dengan melakukan operasi kebebasan navigasi. Amerika Serikat dan kebanyakan negara lain di dunia, yang tidak mempunyai hubungan diplomatic dengan taiwan, tetapi sebagai pendukung dan pemasok senjata ke negara tersebut. Dari Rusia dirilis berita bahwa terjadi penangkapan terhadap 5.000 demonstran yang menyuarakan oposisi Alexei Navalny dan menuai kritik dari Menteri luar negeri Amerika Serikat Anthony Blinken dan Jake Sullivan yang merupakan penasihat keamanan nasional Presiden Biden.

Sedangkan dari lantai bursa di Wall Street terjadi goncangan, dimana indeks saham jatuh karena adanya kasus saham GameStop yang melonjak 1600% dari Januari dan banyak hedge fund merugi karena adanya deleveraging dalam short selling. 

Efek Terhadap Pasar

Konflik yang memanas antara Amerika dengan China serta Rusia akan membuat ketidakpastian meningkat sehingga pair XAUUSD akan menguat dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair XAUUSD bergerak dalam range 1846 - 1879

Trading Plan :

Buy Limit 1835 - 1846 dengan target 1879 - 1888

Stoploss 1821

Grafik XAUUSD timeframe D1

emas 1 feb.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.