Kebijakan Moneter Bank of England

Baca artikel di situs FBS

Bank of England akan merilis kebijakan moneternya pada malam hari ini jam 19,00 wib dan dilanjutkan dengan pidato dari pimpinan BoE Mark Carney. Dengan melihat data ekonomi inggris yang secara umum dapat dikatakan kurang baik, dimana turunnya laju tingkat inflasi dan melebarnya deficit neraca perdagangan inggris, maka banyak kalangan memprediksi bahwa suku bunga akan tidak berubah, nanti malam. Bank of England, sama seperti bank sentral Amerika Serikat The Fed, dimana semua program kebijakannya harus berubah karena adanya factor geopolitik. Kebijakan moneter The Fed banyak mendapat rintangan dari kebijakan Trump masalah pemotongan pajak dan deficit anggaran, sehingga sempat mantan pimpinan The Fed Janet Yellen mengatakan bahwa “ jika saya mempunyai tongkat sihir, saya akan menaikan pajak”.

Ini merupakan sindiran kepada administrasi Trump yang tidak dapat berhitung sederhana masalah anggaran , dimana Trump memotong pemasukan, dan menaikan anggaran belanjanya, tetapi tidak mau deficit. Bank of England pun mendapat perlakuan yang sama dimana dengan sulitnya pencapaian kata sepakat masalah Brexit antara Inggris dan Uni Eropa, telah banyak membuat keluarnya investasi di inggris, dan tentunya ini membuat pertumbuhan ekonomi inggris menjadi terlihat buruk rupa. Dengan keadaan ini tentunya Mark Carney yang banyak disindir akan diganti karena dinilai gagal dalam membuat kestabilan moneter inggris , tentunya mempunyai jawaban bahwa jika dia masih dipercaya untuk menjabat dimasa berikutnya, maka semua masalah moneter inggris akan dapat diselesaian jika masalah Brexit selesai. Tetapi untungnya sudah ada jalan keluar masalah keuangan antara inggris dan uni eropa setelah BREXIT dan diharapkan pada 21 november 2018 ini akan terjadi kesepakatan.

Kebijakan moneter dari Bank of England nanti tentunya diharapkan bersifat hawkish dan dapat membawa GBPUSD naik ke level 1.2980 an, sedangkan nada yang dovish akan membawa pai ini jatuh kebali ke level 1.2800 an. Keadaan hawkish akan sepertinya akan diserukan oleh Mark Carney

gbpusd 1 nov.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.