Kebijakan Moneter RBA Mendorong AUDUSD Bearish

Baca artikel di situs FBS

Kebijakan moneter Bank Sentral Australia RBA kemarin dinilai banyak pihak sebagai kebijakan yang bernadakan hawkish.

Melakukan pengurangan program stimulus dari 5 milliar Dollar Australia menjadi 4 milliar Dollar Australia per minggu dan tidak mengubah suku bunga acuan di level 0,1% merupakan tanda bahwa lapangan pekerjaan dan angka tingkat inflasi mulai membaik di negara tersebut. Tetapi sebagian analis menilai pernyataan Gubernur RBA Philip Lowe bernada dovish pada saat menjabarkan bahwa ketakutan akan serangan virus delta masih tetap ada dengan adanya penguncian dibanyak kota, sehingga dapat kembali memperlambat pemulihan ekonomi Australia jika suntikan vaksin tidak terdistribusi dengan baik.

Suntikan vaksin saat ini baru mencapai 9% dari total populasi di Australia, sehingga menimbulkan nada dovish dalam kenaikan suku bunga yang rencananya diawal tahun 2024, akan mempunyai proyeksi yang lebih lama. Sentimen pasar yang dovish kembali menerpa mata uang Australian Dollar terhadap US Dollar karena para pelaku pasar akan mencari informasi, waktu penarikan likuiditas oleh The Fed. Dini hari nanti The Fed akan merilis notulen rapat bulan lalu dengan keinginan dari para pelaku pasar yang lebih hawkish ditengah data ekonomi negara tersebut terihat terkoreksi memburuk, setelah data ISM Service PMI jatuh dari level 64 ke 60,1 karena kekurangan tenaga kerja dan kurangnya pasokan bahan baku.

Efek Terhadap Pasar

Kebijakan moneter RBA yang dinilai lebih dovish saat ini dibandingkan dengan kebijakan moneter The Fed membuat pair AUDUSD akan cenderung bearish kedepannya.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair AUDUSD bergerak dalam range  0.7404 - 0.7494

Trading Plan :

 Sell Limit 0.7494 – 0.7528 dengan target 0.7404 – 0.7437

Stoploss 0.7619

Grafik AUDUSD  timeframe D1

audusd 7 juli.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.