Kebijakan Moneter The Fed Membuat XAUUSD Kembali Bullish

Baca artikel di situs FBS

The Fed dini hari tadi menetapkan kebijakan moneternya dengan tidak mengubah suku bunga 0 – 0,25% dan program QE senilai $120 milliar/ bulan sehingga para pelaku pasar melihat ini sebagai nada dovish.

Keadaan ini membuat mata uang US Dollar tertekan dan XAUUSD kembali menguat. Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan bahwa ekonomi Amerika Serikat masuk dalam jalur penguatan ekonomi terkuat selama 40 tahun terakhir dan diharapkan GDP akan naik 6,5% pada tahun ini.

Selain itu Powell mengatakan bahwa kebijakan fiscal akan mulai efektif, kasus covid-19 menurun dan suntikan vaksin sudah tersebar, sehingga pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat akan berada diatas trend kenaikan selama 2 tahun ke depan.

Walaupun demikian masih ada 10 juta orang menganggur dan belum dapat kembali bekerja merupakan perhatian The Fed, sehingga kebijakan suku bunga rendah dan program stimulus QE senilai $120 milliar / bulan tetap akan dilaksanakan.

Saat ditanya tentang angka inflasi, maka Powell mengatakan bahwa kenaikan inflasi saat ini masih bersifat sementara sehingga tidak akan ada perubahan kebijakan The Fed, walaupun inflasi sudah berada diatas 2%, dan diprediksi bahwa tahun 2022 laju tingkat inflasi akan stabil di angka 2%. Ini membuat imbal hasil obligasi kembali turun ke level 1,4%.

Disisi lain konflik antara Amerika – Rusia masalah pemilihan Presiden Amerika Serikat ke 46 dan konflik Amerika – China masalah hak azasi manusia dapat memicu ketidakpastian kedepannya sehingga akan mendorong naik safe haven Emas.

Efek Terhadap Pasar

Pandangan Dovish Ketua The Fed Powell serta konflik Amerika – Rusia dan China dapat membuat pair XAUUSD cenderung menguat kedepannya.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair XAUUSD bergerak dalam range 1739 - 1759

Trading Plan :

Buy Limit 1728 – 1739  dengan target 1759 - 1775

Stoploss 1716

Grafik XAUUSD timeframe D1

emas 18 maret.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.