Ketidakpastian 90 Hari Perang Dagang Amerika – China

Baca artikel di situs FBS

Setelah Presiden Trump dan Presiden Xi berjabat tangan di KTT G20 Buenos Aires, maka perang dagang Amerika – China mereda. Administrasi Trump sepakat menunda kenaikan tariff terhadap barang impor China, yang sedianya akan dinaikan 25% pada tangal 1 Januari 2019. Tetapi dibalik semua itu, terdapat ketidakpastian selama 90 hari kedepan sejak awal tahun dimana akan banyak sekali ketakutan dipasar yang dapat membuat pasar uang kembali bergolak. Ketidakpastian tersebut antara lain :

  • Pasar melihat, belum adanya pimpinan delegasi perundingan konflik perdagangan dari Amerka, dimana ada beberapa nama yang akan muncul guna mengepalai perundingan tersebut, antara lain David Lighthizer (Perwakilan Perdagangan), Petter Navarro (Penasihat Perdagangan), Wilbur Ross (Menteri Perdagangan), Steven Mnuchin (Menteri Keuangan) atau bahkan Presiden Trump sendiri. Kesepakatan perjanjian dapat sulit terjadi jika Davis Lighthizer atau Petter Navarro yang akan dijadikan pimpinan delegasi, karena kedua nya mempunyai sifat yang sama kerasnya dengan Presiden Trump dalam bernegoisasi.
  • Tidak adanya kepastian bahwa 90 hari terhitung dari tanggal 1 Januari 2019 atau bahkan tanggal 1 Desember 2018, karena Larry Kudlow meralatnya kemarin. Keadaan ini tentunya membuat tempo kesepakatan menjadi sangat sempit.
  • Perjanjian perdagangan baru antara Amerika – Mexico dan Canada dalam waktu dekat akan di komunikasikan ke parlemen dimana kursi parlemen saat ini telah dikuasai oleh Partai Demokrat, sehingga ini membawa beban kepada tenggat waktu perundingan Amerika – China dapat mencapai kesepakatan dalam waktu dekat.
  • Statement China pada tanggal 18 Desember 2018 akan menjadi acuan, apakah pemerintah China akan benar benar ingin berunding atau tidak. Tanggal tersebut merupakan hari reformasi ekonomi di China sehingga statement pemerintah China akan menjadi sehingga suatu pedoman atas komitmen perubahan perekonomian negara tersebut kedepannya.

Fenomena ketidakpastian diatas tentunya akan terus membawa harga emas ke  $ 1250 an atau bahkan ke harga $1278/ troyounce dengan koreksi ke harga $1220 an / troyounce.

gold 4 desember.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.