Konflik Perang Dagang Menyempit

Baca artikel di situs FBS

Konflik perang dagang antara Amerika dan China mulai menyempit dimana kedua negara mulai menyadari bahwa tidak ada kemenangan absolut dari setiap peperangan. Pembicaraan yang sedianya akan berakhir di hari selasa, ternyata diperpanjang hingga hari rabu, dan ini menandakan bahwa delegasi Amerika dan tuan rumah China, memulai babak baru dalam penyelesaian konflik dagang dengan saling mengalah.

Indikasi dari menyempitnya perselisihan dagang antar kedua negara tersebut dapat dilihat dari naik nya harga saham di pasar Asia dan Amerika dimana Hangseng kembali naik diatas 26.000 dan Dow Jones kembali naik diatas 23.000. Pasar selalu bergerak lebih cepat dibandingkan dengan data ekonomi yang akan dirilis, ini semua dikarenakan pelaku pasar selalu melihat underlying sentiment yang mendasari semua kejadian geopolitik dan ekonomi yang akan mempengaruhi keuangan suatu negara.

Dari Amerika Serikat sendiri, peristiwa penutupan sebagian pemerintahan federal merupakan suatu kemunduran administrasi Trump dalam bernegoisasi dengan Parlemen yang baru dibawah pimpinan Nancy Pelosi. Presiden Trump berkeras meminta anggaran untuk tembok perbatasan Mexico sedangkan Parlemen akan meloloskan RUU tanpa adanya uang tembok Mexico. Disisi lain Trump mengancam akan membiayai tembok tersebut lewat anggaran keamanan dan mengerahkan tentara dalam membangun tembok tersebut dibawah undang undang negara dalam keadaan darurat.

AUDUSD Timeframe Daily

Dari fenomena yang berkembang diatas maka mata uang Australia dapat mengambil keuntungan penguatan yang cukup signifikan, dimana pair AUDUSD dapat naik ke level 0,7175 bahkan ke 0,7224 dengan koreksi ke 0,7105.

aud 9 jan.png

USDCAD Timeframe DAily

Selain itu mata uang yang akan menjadi focus para pelaku pasar adalah Dollar Canada, dimana malam ini Bank of Canada akan merilis kebijakan moneternya. Kenaikan suku bunga oleh BOC akan mebuat USDCAD meneruskan penurunan ke level 1,3143 , dan penundaan kenaikan suku bunga hanya akan membuat USDCAD kembali ke level 1.3395.

usdcad 9 jan.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.