Naiknya Angka Inflasi Amerika Serikat Membuat USDJPY Cenderung Bullish

Baca artikel di situs FBS

Angka inflasi tahunan di negara Amerika Serikat kembali naik dari 5% menjadi 5,4%, tentunya ini akan membuat mata uang US Dollar akan kembali Reli terhadap mata uang Yen Jepang.

Naiknya data CPI Amerika tadi malam dari 0,6% menjadi 0,9% serta data Core CPI dari 0,7% menjadi 0,9% berdampak pada kenaikan angka inflasi tahunan tertinggi selama 13 tahun. Pemulihan ekonomi di negara tersebut yang didorong oleh program bantuan stimulus baik moneter maupun fiskal membuat lonjakan konsumsi dan berujung pada kenaikan harga oleh produsen karena tersendatnya pasokan bahan baku serta kurangnya tenaga kerja.

Fenomena ini tentunya membuat para pelaku pasar akan fokus pada dengar pendapat Gubernur The Fed Jerome Powell dengan Komisi Keuangan di Parlemen AS. Pasar menginginkan Powell dapat mengubah pandangan bahwa tingginya angka inflasi yang terjadi bukan bersifat sementara, sehingga akan dibutuhkan penarikan likuiditas di pasar uang agar terjadi stabilitas harga di pasar. Jerome Powell akan mengadakan dengar pendapat dengan Parlemen Amerika Serikat, pada malam ini pukul 23.00 WIB.

Sedangkan negara Jepang yang sedang mengalami situasi keadaan darurat karena naiknya angka terinfeksi, memberlakukan pembatasan dari tanggal 12 sampai tanggal 22 Juli 2021. Keadaan ini tentunya akan membuat pemulihan ekonomi di negara tersebut akan relative lebih melambat dibandingkan negara maju lainnya termasuk terhadap Amerika Serikat.

Efek Terhadap Pasar

Naiknya angka inflasi negara Amerika Serikat serta resiko perlambatan ekonomi negara Jepang, akan membuat pair USDJPY cenderung bullish kedepannya.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair USDJPY bergerak dalam range  110.25 – 111.07

Trading Plan :

 Buy Limit 109.82 – 110.25 dengan target 111.07 – 111.51

Stoploss 108.88

Grafik USDJPY  timeframe D1

usdjpy 14 juli.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.