Pair EURUSD Masih Akan Terlihat Sideways

Baca artikel di situs FBS

Mata uang tunggal Eropa Euro masih akan terlihat sideways terhadap pelemahan mata uang utama US Dollar.

Keadaan ini dikarenakan prospek pertumbuhan ekonomi negara di kawasan Eropa cenderung melemah untuk kedepannya. Pandemic covid-19 serta distribusi vaksin di negara Uni Eropa yang tergolong lambat dibandingkan Amerika Serikat dan Inggris, merupakan faktor yang utama pelemahan ekonomi negara Uni Eropa. Walaupun kasus terinfeksi di benua Eropa sudah terlihat menurun, tetapi ancaman pandemic virus covid-19 yang bermutasi, masih menjadi focus pelaku pasar.

Keadaan ini membuat kanselir Jerman Angela Markel, kemarin mengumumkan bahwa penguncian masih akan diperpanjang sampai tanggal 14 Maret 2021, dan ini tentunya akan menambah resiko terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara Uni Eropa. Fenomena ini membuat ketua ECB Christine Lagarde merilis pernyataan bernada lebih dovish dibandingkan saat ECB merilis kebijakan moneternya.

Lagarde mulai khawatir dengan durasi pandemic yang terlalu panjang di Uni Eropa, sehingga kenaikan data laju tingkat inflasi tidak akan menjadi perhatian utama ECB. Kenaikan data inflasi dapat saja dikarenakan oleh naiknya harga minyak dunia yang merupakan salah satu contributor dalam peningkatan inflasi yang ada.

Bukan saja mata uang Euro yang mempunyai prospek pelemahan kedepannya, tetapi mata uang US Dollar pun, mempunyai kondisi yang sama, dimana ketua The Fed Jerome Powell dalam pernyataannya kemarin, masih akan tetap menahan suku bunga rendah dan tetap akan melakukan program stimulus, sampai ekonomi Amerika Serikat terlihat stabil.

Efek Terhadap Pasar

Pernyataan ketua ECB dan The Fed yang sama sama ingin melemahkan mata uang mereka dengan cara menahan suku bunga acuan dan meluncurkan program stimulus akan membuat pair EURUSD akan terkoreksi turun dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar Diprediksi pair EURUSD bergerak dalam range 1.2099 – 1.2170

Trading Plan :

Sell Limit 1.2170 – 1.2203  dengan target 1.2072 – 1.2099

Stoploss 1.2234

Grafik EURUSD timeframe D1

eurusd 11 feb.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.