Penarikan likuiditas Bank of Canada Membuat EURCAD Melemah

Baca artikel di situs FBS

Bank of Canada pada bulan April melakukan penarikan likuiditas dipasar uang, sehingga BOC merupakan bank sentral pertama di dunia yang melakukan tapering.

Turunnya angka kasus terinfeksi covid-19 di negara tersebut membuat banyak kota di Canada, mulai melakukan pembukaan penguncian sehingga aktivitas bisnis dan jasa kembali pulih. Keadaan ini membuat angka laju tingkat inflasi naik dari 2,2% menjadi 3,4%, dimana ini adalah level tertinggi sejak tahun 2011.

Saat ini Bank of Canada melakukan pembelian obligasi senilai 3 milliar Dollar Canada per minggu dan berencana akan melakukan pengurangan sampai 2 milliar Dollar Canada per minggu  pada pertemua bulan Juli, yang selanjutnya akan turun kembali di bulan oktober. Bank of Canada mengambil banyak keuntungan dalam penguatan mata uangnya, dimana semakin banyak program stimulus yang di luncurkan oleh The Fed maka semakin sedikit Bank of Canada melakukan program pembelian obligasi.

Dari Uni Eropa dilaporkan adanya ketidakpastian geopolitik dan kesehatan dikawasan tersebut. Uni Eropa yang berselisih dengan Pemerintah Belarusia karena pembajakan pesawat sipli Ryanair, dapat mengundang konflik antara Uni Eropa dengan Rusia sehingga akan memicu konflik proyek pipa gas Nord Stream 2.

Selain itu masalah produksi dan distribusi vaksin di negara Uni Eropa masih mengalami hambatan, sehingga suntikan vaksin di kawasan tersebut, tergolong masih rendah jika dibandingkan dengan Inggris , Amerika Serikat dan Canada.

 

Efek Terhadap Pasar

Pemulihan ekonomi di Canada serta masih adanya ketidakpastian geopolitik dan kesehatan di Uni Eropa akan membuat pair EURCAD cenderung melemah.

 

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair EURCAD  bergerak dalam range  1.4602 – 1.4764

Trading Plan :

 Sell Limit 1.4764 – 1.4805 dengan target 1.4558 – 1.4602

Stoploss 1.4854

Grafik EURCAD  timeframe D1

eurcad 28 mei.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.