Perang Dingin Amerika – Rusia

Baca artikel di situs FBS

Perang dingin antara 2 negara super power Amerika Serikat dan Rusia kembali muncul setelah mereka Amerika Serikat berencana menarik diri dari perjanjian Intermediate Range Nuclear Force atau INF. Perjanjian untuk melucuti senjata nuklir kedua negara yang ditanda tangani oleh Presiden Amerika Ronald Reagan dan Presiden Rusia Mikhail Gorbachev pada tahun 1987, terancam dibatalkan karena administrasi Trump akan mengancam menarik diri karena pemerintah Rusia dinilai banyak melanggar perjanjian dan Presiden Trump mengatakan bahwa Amerika akan keluar dari perjanjian INF pada bulan oktober 2018. Keinginan Trump tersebut akan mulai diproses besok tanggal 2 febuari 2019 jika Kremlin masih memproduksi dan menempatkan senjata nuklirnya yang mengancam negara NATO di Eropa. Presiden Putin mengecam keras keinginan dan tuduhan yang dilakukan oleh administrasi Trump dan mengatakan bahwa jika Amerika mundur dari kesepakatan tersebut maka Rusia akan kembali memproduksi dan menempatkan rudal balistiknya guna mempertahankan kedaulatan negara nya.

Perang dingin dan ketidakpastian ini tentunya membuat bank sentral diseluruh dunia kembali meningkatan cadangan emas nya dan pada tahun 2018 terlihat bahwa Bank Sentral di dunia telah membeli 651,5 metric ton ditahun 2018 dan ini tentunya merupakan kenaikan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pembelian emas di tahun 2017 yang hanya mencapai 375 metrik ton. Rusia telah banyak membeli emas sebanyak 274,3 metrik ton dan menjual semua obligasi Amerika di tahun lalu , dan tentunya ini di ikuti oleh negara Khazaktan, India, Irak , Hongaria dan Polandia.

Keadaan ini tentunya akan kembali menaikan harga emas dunia karena adanya ketidakpastian global, penundaan kenaikan suku bunga The Fed serta akan munculnya data ekonomi Amerika yang tertunda akibat pemerintahan Amerika Shutdown. Data ekonomi yang akan dirilis oleh pemerintah Amerika disinyalir memburuk karena adanya konflik pernag dagang dan penghentian sementara pemerintahan Trump karena masalah pengesahan RUU anggaran selama 35 hari dan diprediksi akan kembali terjadi penutupan jika kesepakatan Presiden Trump dan Ketua DPR masih berseteru masalah anggaran tembok perbatasan Mexico.

Harga emas dapat naik ke harga $1347/ toz dengan koreksi ke $1298/ toz

Gold Timeframe Weekly

gold 1 feb.png

 

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.