Prediksi Data NFP Amerika Serikat

Baca artikel di situs FBS

Hari ini para pelaku pasar akan focus pada data Non-Farm Payroll dari negara Amerika Serikat  yang akan dirilis pada pukul 19.30 WIB.

Data sector tenaga kerja ini akan sangat diperhatikan oleh para pelaku pasar karena akan mempengaruhi kebijakan moneter The Fed kedepannya. Presiden Fed Dallas Robert Kaplan pada hari rabu lalu, menyatakan bahwa jika 2 bulan berturut turut data sector tenaga kerja Amerika membaik, maka ada peluang bagi The Fed akan menarik likuiditas dipasar uang pada akhir tahun ini.

Fenomena ini yang membuat indeks US Dollar sulit untuk melemah dalam beberapa waktu lalu. Jika dilihat secara umum maka data sector tenaga kerja Amerika Serikat terus terdapat perbaikan walaupun belum maksimal, dimana angka tingkat pengangguran masih diatas 5% dan lowongan pekerjaan belum mencapai 1000K saat ini.

Data tingkat pemutusan hubungan kerja di Amerika Serikat terlihat mulai turun dan terendah sejak pandemic mulai melanda negara tersebut, dimana terdapat 18.942 atau turun 93% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Tawaran pekerjaan di negara Paman Sam juga terlihat terus meningkat sejak penguncian tidak diberlakukan kembali oleh Pemerintah sehingga aktivitas bisnis terus meningkat dengan adanya kenaikan data manufacturing PMI dari 62,1 menjadi 63,4.

Data data lainnya dari sector barang dan jasa negara Amerika Serikat akan terus terlihat membaik jika RUU infrastruktur yang diajukan oleh Presiden Joe Biden, disahkan oleh Parlemen AS.

 Efek Terhadap Pasar

Adanya perbaikan dalam data sector tenaga kerja yang dikarenakan pemulihan ekonomi Amerika Serikat akan membuat angka tingkat pengangguran menurun dan lowongan pekerjaan meningkat sehingga dapat membuat pair USDJPY menguat kedepannya.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair USDJPY bergerak dalam range  109.44 – 110.50

Trading Plan :

Buy Limit 108.94 – 109.44 dengan target 110.50 – 110.98

Stoploss 107.91

Grafik USDJPY timeframe D1

usdjpy 6 agt.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.