Trump Kembali Mengancam

Baca artikel di situs FBS

Presiden Trump kembali mengancam China dengan kenaikan tariff senilai $200 milliar. Ancaman administrasi Trump yang di rilis oleh kantor berita Bloomberg ini, tentunya akan mencederai pertemuan delegasi Amerika – China dalam waktu dekat. China sepertinya tidak akan tunduk dengan semua keinginan Amerika, mengingat setiap kesepakatan yang dibuat oleh delegasi Amerika – China , selalu diabaikan oleh Presiden Trump dan selalu berakhir dengan kenaikan tariff. Jika kenaikan tariff oleh amdinistrasi Trump di rilis pada minggu ini maka pasar uang akan bereaksi, sehingga tentunya akan banyak negara terkena dampaknya.

Pasar saham akan mengalami penurunan dan para investor akan mengejar obligasi yang dinilai lebih aman dan memberikan keuntungan yang relatif tinggi. Perang dagang akan memberikan dampak yang lebih besar kepada negara berkembang dibandingkan dengan negara maju, mengingat negara berkembang mempunyai hutang luar negeri yang cukup tinggi serta belum mempunyai akuntabilitas perbankan yang sebaik negara maju. Larinya permodalan dari negara berkembang kenegara maju akan terus berlangsung jika perang dagang terus berlangsung, terlebih lagi The Fed akan mengadakan rapat pada tanggal 26 september 2018 guna menaikan suku bunga nya, setalah melihat inflasi Amerika telah diatas 2%.

 

AUSTRALIA

Jika yang kita mendengar perang dagang, maka pair akan menerima dampak yang cukup signifikan adalah Aussie. Sebagai negara yang mempunyai patner dagang negeri tirai bamboo ini, tentunya sangat bergantung kepada ekspor baik hasil tambang dan pabrikan ke China. Jika dilihat dari data ekonomi yang ada, China tidak terlalu terpukul dengan adanya perang dagang yang sedang berlangsung, dimana ekspor China naik 9,8 % menjadi $217,43 milliar, sehingga ketakutan akan terjadi penurunanan secara kontinyu di AUDUSD dapat dihindari.

Harga AUDUSD akan sideways dengan kecenderungan turun mencapai level 0.7010 an jika administrasi Trump menetapkan tariff $200 milliar kepada China dengan koreksi ada pada level 0,7200 – 0,7230 an. Jika tariff diatas tidak dijatuhkan, maka pair AUDUSD akan kembali masuk kelevel 0, 7230 – 0,7300 an

audusd 17 sept.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.