USDCHF Tertekan Turun Akibat Dampak Kegagalan KTT Hanoi

Baca artikel di situs FBS

KTT Hanoi berakhir kemarin lebih cepat karena tidak terjadi kesepakatan antara Presiden Trump dan Presiden Kim atas perlucutan senjata nuklir di Korea Utara. Trump menginginkan Korea Utara melakukan denuklirisasi tetapi Korea Utara hanya melakukan sedikit aktivitas pembongkaran terhadap 60 senjata nuklir yang tersebebar dinegara tersebut.

Korea Utara akan melakukan denuklirasi kompleks nuklirnya di Yongbyon dengan imbalan Amerika Serikat mencabut semua sanksi ekonomi terhadap negara tersebut dan menarik pasukannya dari Korea Selatan. Trump beserta delegasinya melihat bahwa permintaan Kim terlalu berlebihan, dan dapat mengancam sekutunya dalam jangkauan senjata nuklir jarak pendek / menengah serta invasi militer ke Korea Selatan.

Tidak adanya kesepakatan antara Trump dan Kim, tentunya memberikan dampak terhadap kesepakatan perang dagang Amerika – China yang rencananya akan dilakukan pada akhir bulan Maret ini di Florida antara Presiden Trump dan Presiden Xi.

Memang banyak pengamat memperkirakan bahwa pertemuan tersebut dapat saja gagal seperti saat KTT di Hanoi, mengingat Trump mempunyai kebiasaan dapat merubah apapun dalam detik detik terakhir jika draft kesepakatan dinilai tidak menguntungkan dan memberikan ancaman kepada Amerika Serikat dikemudian hari.

Dari data ekonomi, Amerika merilis GDP final nya yang menurut pasar lebih baik dari yang diperkirakan. Pasar memprediksi bahwa pertumbuhan ekonomi Amerika turun dari 3,4% menjadi 2,2%, tetapi dalam kenyataanya bahwa data GDP dirilis 2,6%. Mata uang Dollar Amerika sempat menguat karena penguatan mata uang dollar tentunya sangat dipengaruhi oleh data ekonomi yang masuk dan ekspektasi bahwa The Fed akan menaikan suku bunga jika data ekonomi negara tersebut membaik.

Memang terlalu dini untuk mengatakan bahwa The Fed akan kembali menaikan suku bunga dengan hanya melihat data GDP final tadi malam, karena jika dilihat lebih dalam bahwa turunnya pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2018 terlihat cukup signifikan dari 4,2% menjadi 2,6% pada akhir tahun.

Jika perang dagang masih berlanjut dan kesepakatan Amerika – Serikat terancam gagal apabila kedua negara bersikeras seperti kejadian di KTT Hanoi , maka pasar akan kembali dalam ketidakpastian.

Keadaan ini tentunya akan di manfaatkan oleh pair USDCHF untuk kembali turun ke harga 0,9927 dengan alternative koreksi ke 1.0016.

USDCHF Timeframe Daily

usdchf 1 maret.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.