USDJPY Menguat Didukung Oleh Membaiknya Data Inflasi AS

Baca artikel di situs FBS

Membaiknya data ekonomi Amerika Serikat dan perubahan makro ekonomi dunia tentunya membuat mata uang US Dollar kembali menguat. Data CPI dan PPI yang merupakan salah satu faktor tingkat inflasi, terlihat kembali naik, sehingga inflasi di bulan maret 2019 dapat terlihat mendekati 2%.

Keadaan ini tentunya membuat banyak spekulasi bahwa The Fed mempunyai peluang untuk menaikan suku bunganya di tahun ini jika ekonomi Amerika, terus membaik. Menurut Wakil Ketua The Fed Richard Clarida, Pemulihan ekonomi Amerika Serikat setelah krisis yang terjadi ditahun 2008, merupakan kebangkitan ekonomi Amerika yang panjang dan disaat ini banyak dipengaruhi oleh munculnya factor geopolitik yang memperlambat pertumbuhan ekonomi yang ada.

Kuatnya sektor tenaga kerja dan dibawah laju tingkat inflasi yang rendah , tentunya ini membuat The Fed harus kembali membuat kebijakan moneter yang akomodatif.

Membaiknya ekonomi Amerika tentunya akan membuat mata uang US Dollar kembali diminati oleh para pelaku pasar. Meredanya konflik dagang Amerika – China serta terkoreksinya harga saham di lantai bursa Amerika, tentunya membuat permintaan US Dollar meningkat atas semua mata uang dunia termasuk USDJPY yang meneruskan kenaikannnya ke level  112.34 dengan alternative koreksi ke level 111.50

USD/JPY Timeframe Daily

 usdjpy 12 april.png

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.