Virus Jenis Baru Membuat EURUSD Cenderung Bearish

Baca artikel di situs FBS

Benua Eropa saat ini menjadi focus pelaku pasar dimana virus jenis baru yang ditemukan di Inggris membuat Investor kembali meragukan pemulihan pertumbuhan ekonomi di benua tersebut.

Keadaan ini tentunya dapat mendorong pair EURUSD dapat turun lebih dalam kedepannya. Walaupun sebagian para ahli mengatakan bahwa virus jenis baru yang menyerang Inggris tidak akan menimbulkan angka kematian naik, tetapi penyebaran virus ini disinyalir lebih cepat dibandingkan virus corona aslinya.

Keadaan inilah yang membuat lebih dari 40 negara di dunia melakukan peringatan perjalanan ke Inggris  dan mengisolasi negara tersebut dengan melakukan penutupan perbatasan, sehingga lebih dari 1500 truck tidak dapat keluar dari Inggris.

Isolasi yang dilakukan oleh banyak negara direspon oleh para pelaku pasar dengan melakukan risk off dan membuat pasar saham ekuitas di Amerika Serikat dan Eropa kembali memerah. Turunnya pasar ekuitas berdampak langsung pada penguatan indeks US Dollar dan membuat mata uang Euro kembali dalam tekanan.

Lebih dari 50% indeks US Dollar dipengaruhi oleh mata uang Euro sehingga koreksi naik indeks US Dollar akan sangat mempengaruhi mata uang tunggal Eropa, terlebih lagi dalam keadaan seperti sekarang, dimana tingginya pandemic dan faktor geopolitik, memberikan resiko perlambatan pertumbuhan ekonomi baik domestic maupun global. Kesepakatan perjanjian Brexit merupakan faktor geopolitik yang mengancam pertumbuhan ekonomi dunia dari benua Eropa.

Efek Terhadap Pasar

Virus jenis baru dan faktor geopolitik di benua Eropa membuat para pelaku pasar melakukan risk off dan dapat membuat pair EURUSD dapat terkoreksi turun dalam beberapa waktu kedepan.

Ekspektasi Pasar

Diprediksi pair EURUSD bergerak dalam range 1.2097 – 1.2194

Trading Plan :

Sell Limit 1.2194 – 1.2233 dengan target 1.2047 – 1.2097

Stoploss 1.2265

Grafik EURUSD timeframe D1

eurusd 23 des.png

Disclaimer

Fundamental bukanlah teknikal yang dapat berubah dalam hitungan jam bahkan menit, tetapi fundamental merupakan suatu gambaran besar atas pandangan kedepan yang dapat terjadi dalam rentang waktu yang lebih panjang.

TRADE NOW

Reza Aswin

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.