XTIUSD Turun Tipis Di Tengah Penilaian Pasar Atas Permintaan Minyak AS dan China

Baca artikel di situs FBS

XTIUSD bergerak dalam kisaran terbatas di atas level 72,00. Minyak acuan Nymex itu membutuhkan waktu yang cukup untuk mencerna faktor-faktor permintaan yang berasal dari AS dan China. Selain itu, investor juga sedang menantikan kebijakan suku bunga Federal Reserve (Fed) dalam pertemuan FOMC bulan Juni pekan depan.

Berdasarkan data informasi persediaan minyak US Energy Information Administration (EIA) untuk minggu yang berakhir pada 2 Juni, terjadi penurunan sebesar 0,451 juta barel, sementara perkiraan pasar sebelumnya mengindikasikan peningkatan. Namun, persediaan bensin dan distilat naik secara signifikan melampaui perkiraan, yang menunjukkan penurunan tajam dalam permintaan bahan bakar.

Sementara itu, aktivitas pabrik di Amerika Serikat juga masih lemah pada bulan Mei, setelah lembaga ISM AS melaporkan aktivitas sektor manufaktur mengalami kontraksi beruntun untuk ketujuh kalinya, yang menunjukkan bahwa permintaan minyak di Amerika Serikat sangat suram.

Ke depan, fokus akan tertuju pada kebijakan Fed untuk bulan Juni. Menurut alat CME Fedwatch, peluang keputusan suku bunga yang tetap telah turun menjadi 67%, yang sudah cukup untuk memicu tema ketakutan risiko. Investor perlu memperhatikan bahwa China adalah importir minyak terbesar di dunia, dan aktivitas yang lemah di China sangat berdampak pada harga minyak.

Analisa Teknikal XTIUSD

XTIUSD 08062023.jpg

XTIUSD saat ini berhasil rebound dari penurunan signifikan di pembukaan sesi Eropa. Sebelumnya minyak mentah acuan AS itu hanya bergerak sideway dalam rentang sempit sejak pembukaan perdagangan Asia yang saat ini diperdagangkan di level 72,21 dan bergerak dalam kisaran harga 72,46/72,14. Namun minyak acuan Nymex itu masih berada di atas garis Moving Aveage 50 (MA50) yang menunjukkan potensi untuk rebound dan melanjutkan kenaikan.

XTIUSD berpotensi melanjutkan kenaikan dan menuju level resistance terdekat di area 72,70. Jika berhasil mempertahankan momentum XTIUSD berpotensi melanjutkan kenaikan menuju level resistance selanjutnya di level 72,99. Sehingga potensi BUY XTIUSD dapat dipertimbangkan mulai dari level 72,50.

Namun, jika XTIUSD tidak cukup kuat melanjutkan rebound sesi Rabu, SELL XTIUSD dapat dipertimbangkan pada level 72,20 yang berpotensi melanjutkan penurunan menuju level support terdekatnya di area 71,95 hingga ke level support selanjutnya pada level 71,75.

Aries Nugroho

Bagikan informasi ini ke teman Anda

Menyerupai

Berita terbaru

Buka secara instan

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.